Coba Cek Lagi, Sudahkah 10 Hal Ini Kamu Lakukan Sebelum Menyambut Ramadhan?


Nggak kerasa, bulan puasa udah ada di depan mata. Tinggal menghitung hari lagi kita bakal memasuki bulan suci Ramadhan dimana sebagai muslim kita berkewajiban untuk menjalankan ibadah puasa. Udah setaun nggak puasa (kecuali kamu yang rajin puasa Senin-Kamis) tentu kebayang dong gimana rasanya besok pas puasa hari pertama? Mungkin rasa lemes, laper, kurang bertenaga bakalan menghampiri kamu. Tapi tenang, kalau kamu menjalani ibadah puasa dengan perasaan hepi, kamu nggak bakalan mengeluh kok menghadapi bulan puasa kali ini.

Coba yuk cek persiapan kamu sebelum masuk bulan puasa. Udah ngelakuin ini belum?

1. Maaf-maafan

via babarusyda.blogspot.com
via babarusyda.blogspot.com

Eits, siapa bilang momen minta maaf dan saling memaafkan cuma pas Lebaran doang? Justru momen menjelang puasa ini sebaiknya juga diisi dengan maaf-maafan. Pastikan kamu nggak punya dendam, marah, atau bahkan rasa bersalah sama orang lain yang pernah ‘berurusan’ sama kamu. Kalau bisa udah 0:0 ya menjelang puasa ini. Jadi kamu bisa berpuasa dengan tenang dan lancar serta dalam keadaan suci.

2. Udah ngelunasin utang puasa tahun lalu

via annida-online.com
via annida-online.com

Jangan sampai puasa ini kamu masih bawa-bawa utang puasa tahun lalu. Ada yang bilang utangnya jadi dobel lho kalau belum dibayar sampai melewati puasa tahun berikutnya. Tuh nggak mau kan punya utang dobel-dobel yang bikin berat? Makanya, mumpung masih ada waktu segera bayar utang puasa yuk! Itung-itung latihan biar nggak kaget menghadapi bulan puasa besok.

3. Padusan

via goindonesia.com
via goindonesia.com

Meskipun nggak wajib, tapi budaya padusan udah membudaya di Indonesia. Ada yang bilang ini cuma budaya tambahan aja. Karena memang Rasulullah nggak mencontohkan hal ini. Jadi istilahnya padusan cuma tradisi dan kepercayaan dari masing-masing daerah aja. Banyak yang melakukannya dengan padusan di kolam renang, pantai, danau, sungai atau tempat-tempat air lainnya. Tapi kalau kamu nggak mau ribet, kamu tinggal padusan aja di rumah dengan mandi yang bersih dan diniatkan mau mensucikan diri. Toh yang penting niatnya kan?

4. Nyekar

via voanews.com
via voanews.com

Yang ini juga masih budaya dan tradisi dari daerah dan keluarga aja. Nyekar diniatkan buat mendoakan awrah para keluarga yang udah mendahului kita. Nggak ada niat macem-macem, yang penting doa dari keluarga sampai pada orang yang udah meninggal duluan. Yang penting jangan sampai kebalik minta berkah dari orang yang udah meninggal ya, soalnya kalau ini udah masuk ke ranah syirik.

5. Makan-makan

via muslim.or.id
via muslim.or.id

Sebelum puasa, pastikan kamu udah ngelakuin acara makan-makan bareng orang terdekat ya! Maklum, momen ini mungkin bakal jarang kamu lakukan saat bulan puasa nanti. Mulai dari sibuk acara pengajian kampung, takjilan, terawehan dan lain-lain yang bikin kamu jarang punya momen buat makan-makan bareng. Ajak aja orang yang kamu anggep deket, misal sahabat, tetangga, sodara dan juga keluarga kamu sendiri. Nikmati momen yang santai dan asyik, kali aja bisa disambi maaf-maafan juga. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui kan?

 

Komentar:

Komentar