Buat Kamu Yang Tertarik Dengan Olahraga Memanah, Simak Tips dan Triknya Di Sini!


Kamu tahu? Ternyata olahraga memanah itu sudah ada selama ribuan tahun, lho. Olahraga yang dulunya digunakan sebagai cara untuk berburu dan bahkan berperang ini telah menjadi olahraga yang digemari berbagai kalangan di era modern ini. Dari mulai anak-anak hingga orang dewasa, semua bisa menikmati olahraga yang satu ini. Selain bisa dilakukan berbagai kalangan masyarakat, memanah juga bisa dilakukan orang yang tidak bisa berjalan juga. Ketika film serial Hunger Games dan serial televisi Game of Thrones serta Arrow menjadi populer, olahraga memanah juga turut menjadi populer di masyarakat, khususnya anak muda. Kalau kamu tertarik dengan memanah dan ingin memulainya, simak beberapa tips dan triknya di bawah ini!

1. Pilih Tipe Panah dan Busur yang Cocok Untuk Kamu

arrow-1557462_960_720

Saat kamu memilih busur, pastikan pegangannya dan panjangnya itu cocok untuk kamu. Kalau kamu kidal, pastinya harus memilih pegangan yang khusus untuk yang kidal. Panjang busur juga harus diukur dan ini akan memengaruhi panjang panah. Kalau kamu ingin tahu panjang busur dan panah yang tepat untuk kamu, rentangkan tangan kamu ke depan dan satukan telapak tangan kamu dengan jari yang lurus ke depan. Minta bantuan seseorang untuk mengukur dari tengah dada kamu ke ujung jari kamu. Setelah mendapatkan ukurannya, tambahkan satu inci (sekitar 2,5 cm) ke ukuran tersebut dan kamu akan menemukan ukuran panahnya. Selain panjang panah dan busur, berat busur kamu juga perlu diketahui karena akan memengaruhi gerakan kamu saat memanah. Kamu bisa dibantu oleh pemandu kamu saat memilih panah dan busur pertama kamu.

2. Memilih Tipe Memanah

mountain-958450_960_720

Ada banyak variasi olahraga memanah dan yang paling populer itu ada tiga: Target Archery, Field Archery, dan Flight.

Target Archery adalah satu-satunya tipe olahraga memanah yang diperbolehkan di Olimpiade dan memiliki ratusan anggota dari seluruh dunia. Pada umumnya, target archery itu terdiri dari pemanah yang harus menembak sejumlah anak panah yang ditentukan di jarak yang ditentukan. Target yang dibidik pemanah tersebut adalah bidaran dengn 10 cincin konsentris, dengan cicin paling tengan memilki nilai 10 dan cincin yang di luar itu memiliki nilai yang tidak setinggi cincin tengah. Pemenangnya ditentukan oleh poin para pemanah, jadi pemanah dengan poin paling tinggi adalah yang menang.

- Advertisement -

Yang membedakan Field Archery dan Flight adalah setting, target, dan aturannya. Field Archery biasanya dilakukan di hutan dengan medan yang tidak datar, targetnya juga bisa diletakan di tempat yang tidak menentu dan bahkan ada juga yang bergerak.

Flight sama sekali tidak memiliki target dan ditentukan oleh seberapa tinggi dan jauh kamu bisa memanah. Bisa dibilang Flight adalah F1-nya olahraga memanah.

Kira-kira dari ketiga jenis olahraga memanah di atas, yang mana yang menarik perhatian kamu?

3. Belajar Cara Memanah Yang Benar

archery-782504_960_720

Mulai dari cara memegang panah dan busur, postur, juga cara membidik dan menembak panah, semua memiliki aturan tersendiri. Kamu bisa mencari tutorial di berbagai website di internet mengenai caranya namun cara yang lebih efektif adalah dengan mendatangi tempat latihan memanah dan dibantu oleh pemandu.

4. Rawat Panah dan Busur

archery-847888_960_720

Sebetulnya perawatan busur dan panah itu tidak terlalu repot namun ada beberapa hal sederhana yang harus dicatat:

  • Satu, simpan busur kamu di wadahnya, dengan cara ini busur kamu tidak akan mudah bengkok dan akan menjadi lebih awet.
  • Dua, lepaskan tali di busur ketika tidak sedang digunakan.
  • Tiga, jangan memainkan busur tanpa menggunakan panah karena akan merusak busur.
  • Empat, simpan busur di tempat sejuk dan kering dan jika busur dan panah kamu basah, keringkan dulu menggunakan lap kering lalu simpan.
  • Lima, jangan mengeringkan panah dan busur menggunakan panas.
  • Enam, selalu gunakan tali yang tepat untuk busur, pastikan tidak ditalikan terlalu kencang, dan gunakan panah yang sesuai dengan busur
  • Tujuh, ganti tali busur paling tidak setahun sekali. Kalau terdapat robekan di tali, kamu harus cepat menggantinya. Jika ingin membuat tali busur lebih tahan lama kamu bisa mengoleskan wax  khusus tali busur.

5. Latihan

archery-1890801_960_720

Skill apa pun perlu dilatih, tidak terkecuali skill memanah. Pada dasarnya, untuk mahir dalam memanah, kamu harus melatih ketepatan bidikanmu. Semakin sering kamu berlatih pastinya akan semakin terbiasa dengan memanah dan akan membaik seiring waktu. Tapi selagi kamu memanah pastinya harus aware dengan apa yang ada di sekitarmu ya. Perhatikan juga safety-nya agar kamu bisa memanah dengan aman.

 

Wah, pastinya kamu penasaran kan sama memanah setelah membaca hal-hal di atas. Iya, kan? Penasaran gimana jadinya jadi Green Arrow atau Katniss Everdeen, kan?

Kalau kamu ingin mencoba memanah, kamu bisa mengikuti workshop Archers Weekend. Lokasinya adalah di CO&CO Workshare di Jalan Cipaganti No. 138, Bandung hari Sabtu ini (Tanggal 1 April, 2017) jam 12 siang sampai jam 3 sore. Enggak ini bukan April Mop, kok!

Kamu bisa baca brosurnya di bawah ini:

Image uploaded from iOS

Tertarik? Yuk, buruan kontak CP-nya soalnya limited! Gratis, lho!

- Advertisement -
Shares 0

Komentar:

Komentar