Berapa Lama Sih Waktu Ngegame yang Dianggap Normal?

3 jam? 6 jam? Hmm... Cari tahu di sini, deh

Sebenarnya istilah ngegame itu nggak hanya di ruang lingkup gadget dan konsol aja, bahkan saat ada yang memainkan permainan tradisional seperti congklak, gobak sodor, atau layangan juga bisa disebut ngegame.

Namun, yang dibahas pada kesempatan kali ini lebih ke arah gadget dan konsol karena game pada dua zona tersebut bisa menyebabkan kecanduan yang super duper parah. Bahkan kecanduan bermain game ini bisa disetarakan dengan kecanduan negatif lain seperti narkoba, miras, dan judi. Nggak usah sibuk menyangkal dan pakai mending-mendingan deh karena yang namanya kecanduan sama-sama bisa merusak diri sendiri. Malah sebenarnya kamu sendiri juga sadar kan kalau semua yang berlebihan itu nggak baik.

via rodersana.nl

Oleh karena itu, berapa lama sih waktu yang wajar untuk dihabiskan buat ngegame? Tergantung.

Kok bisa digantung? Kayak hubunganmu sama dia aja. Ups.

Durasi gaming yang wajar memang tergantung pada tiap individu masing-masing dan nggak ada batasan yang fit for all. Nah, makanya kita bagi durasi ngegame berdasarkan tipe-tipe gamer dulu, ya.

1. Gamer lemah syahwat

via gamer

Gamer jenis ini nggak begitu bernafsu menghabiskan waktunya untuk bermain game. Dia sangat jarang banget main game, main pun biasanya cuma karena ikut-ikutan temen. Main aja jarang-jarang, apalagi kalau mengeluarkan uang untuk game, anti banget.

Waktu yang dihabiskan untuk ngegame oleh tipe ini sih paling hanya sekitar 1-2 jam aja. Selebihnya dialihkan ke urusan dan kesibukannya yang lain.

2. Gamer gitu-gitu aja

via Highsnobiety

Kalau tipe yang kedua ini bisa dibilang gamer kasual. Dia memang suka bermain game namun nggak ketergantungan banget sama game. Meski hobi ngegame, tapi mereka nggak pernah menghabiskan banyak waktu untuk bermain game. Entah itu game yang dimainkan memang nggak menyita banyak waktu, hanya memainkan game-game yang lagi hits, atau mudah bosan apabila memainkan game yang sama dalam jangka waktu yang lama.

Kebanyakan dari mereka lebih sering eksplorasi game-game baru dan berpindah-pindah dari satu game ke game lain tanpa menyelesaikan game tersebut. Soal pengeluaran untuk game juga bisa dibilang secukupnya aja. Waktu ngegame mereka pun biasanya berkisar antara 4-6 jam dalam sehari. Dan biasanya tuh durasinya nggak pasti, misal pagi 1 jam, siang 2 jam, dan malamnya 2 jam.

3. Gamer bergairah tinggi

via Rants Against Humanity

Kalau yang ini bakal rela menghabiskan waktu berjam-jam dan duit berjuta-juta hanya demi sebuah game, entah itu untuk item, kosmetik, atau hero baru. Ada tiga jenis gamer di tipe ini, yaitu atlit (atau calon atlit) e-sport, gamepreneur (entah jokiin karakter orang, dagang item dan gold, atau jual karakter), dan sekedar manusia yang mendedikasikan hidupnya dan menggeluti dunia gaming secara serius sampai lupa diri dan lupa waktu tanpa mendapatkan timbal balik selain kepuasan batin. Biasanya tipe ini menghabiskan waktu tuh antara 8-12 jam dalam sehari. Ya emang wajar sih, kayak orang kerja gitu.

Dari tiga tipe di atas apa kamu sudah tahu kalau kamu masuk tipe gamer yang mana? Kalau sudah, maka menentukan batas wajar itu mudah. Pastikan game tidak mengganggu waktu istirahat, waktu bekerja atau belajar, waktu makan, dan waktu ibadah. Terus dari 24 jam dalam sehari, kurangi waktu-waktu di atas, dan hasilnya itu adalah waktu yang wajar untuk kalian habiskan untuk bermain game. Gampang, kan?

Nantinya bakal ada sebagian orang yang merasa 1 jam sehari itu wajar atau merasa 6 jam sehari itu wajar. Nggak masalah, selama itu nggak mengganggu kehidupan kalian di dunia nyata. Ingat, masih ada tagihan yang harus dibayar, kesehatan yang harus dijaga, keluarga, teman, dan pasangan yang harus diperhatikan, dan Tuhan yang harus diingat.

Buat yang sudah selesai menghitung waktu wajar kalian, share dong di kolom komentar tentang berapa lama waktu wajar kalian untuk ngegame.

- Advertisement -
Shares 5

Komentar:

Komentar