Bentar Lagi Diskon Akhir Tahun! Baca 5 Hal Yang Harus Dan Jangan Kamu Lakukan Ketika Diskon Akhir Tahun. Awas Nyesel.


Menjelang pergantian tahun 2016, ada satu hal yang kamu incar di akhir tahun nanti. Apalagi kalau bukan Diskon Akhir Tahun!! Woohoo!! Hampir semua toko, baik online maupun offline, berlomba-lomba memberikan penawaran diskon dan promo untuk para calon pembeli. Tapi sebelum kamu terjun lebih dalam, ada baiknya baca 5 hal yang harus kamu lakukan dan 5 hal yang harus kamu hindari biar nggak nyesel nantinya ketika belanja akhir tahun. Apa aja?

Do’s:

1. Sediakan dana yang cukup

via bapertarum-pns.co.id

Entah diskonnya di mall atau online, yang jelas hal pertama yang harus kamu siapkan adalah dana dan ketahui total dana yang sekiranya akan kamu keluarkan. Kalau kamu ingin memberi hadiah akhir tahun kepada seseorang, buat daftar tentang siapa saja yang akan menerimanya. Nah kalau sudah, bagi total biaya yang kamu sediakan dengan jumlah orang yang akan menerimanya.

Misal total dana yang kamu siapkan sebesar Rp 500.000, dan kamu ingin memberi hadiah untuk kedua orangtuamu, saudaramu, sahabatmu, dan pasanganmu. Jadi tiap orang kamu anggarkan sebesar Rp 100.000. Atau bisa juga dimodifikasi sedikit, misal orangtuamu yang tadinya total 200.000 kamu lebihi sampai 300.000 dan mengurangi dana untuk saudaramu dan sahabatmu menjadi 50.000. Keputusan ada ditangamu.

2. Rajin cari peluang

via neoevo.com.my

Manfaatkan event-event seperti Festival Belanja Online, Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), Black Friday, Christmas Sale, atau New Year Sale secara maksimal. Caranya gampang sih, rajin-rajin aja buka situs online shop. Biasanya kan bakal ada banner tentang event tersebut. Atau bisa juga langganan newsletter situs-situs online shop. Sediain email khusus kalo nggak mau email utama kamu dipenuhi spam-spam newsletter. Cuman ya harus sering dibuka. Gitu aja sih. Gampang kan?

Bisa juga membuka situs-situs yang emang isinya itu membandingkan harga-harga barang di seluruh online shop. Jadi nggak perlu cari satu-satu barang incaranmu di masing-masing online shop. Kalau untuk mall, kamu bisa follow akun resmi mall tersbut biar dapet info tentang event terbaru mereka.

3. Incar promo kartu kredit

via smartchoice.pk

Biasanya sih ya ada promo diskon sebesar sekian persen untuk belanja di gerai tertentu kalau bikin kartu kredit baru. Manfaatin aja event-event kayak gitu. Event kayak gitu bukan aja bikin belanjamu lebih murah, bahkan kalo dikombinasikan sama diskon yang sedang berlaku di gerai tersebut, bisa dobel-dobel tuh diskonnya. Woah!

Emang sih banyak yang nggak merekomendasikan hal ini karena kartu kredit dianggap hambatan terbesar dalam manajemen keuanganmu. Tapi, selama kamu membayar kartu kreditmu tepat waktu, itu bukan masalah besar. Malah kamu dapat keuntungan yang sangat besar dari promo-promo tersebut. Pastikan bahwa kamu bisa disiplin membayar kartu kreditmu atau ucapkan selamat tinggal pada promo tersebut.

4. Ongkos kirim gratis

via tasya-souvenir.com

Diskonnya lumayan sih emang, 50% + 30%. Tapi gimana kalau ongkos kirimnya setengah dari harga barang itu? Sama aja bohong. Kalau sedang belanja secara online, kunjungi aja situs yang menawarkan ongkos kirim gratis atau yang sedang ada promo ongkos kirim gratis. Kalau misal ada syarat-syarat tertentu, selama kamu bisa memenuhinya, sikat aja syaratnya.

Untuk proses pengiriman, pastikan kamu belanja di awal minggu atau yang tidak terhalang hari libur. Nggak asik banget lho kalau kamu beli hari kamis ternyata sampai hari senin karena sabtu dan minggu tidak ada pengiriman. Harusnya kalau kamu beli hari senin, hari rabu udah bisa kamu nikmati barangmu.

5. Nikmati rewardmu

via reward.myindischool.com

Biasanya pada akhir tahun bakal ada reward dari toko-toko favorit kamu sebagai bentuk apresiasi mereka atas pembelianmu selama setahun, entah itu toko offline maupun toko online. Rewardnya bisa berupa cashback, diskon, free item, atau lain sebagainya. Coba cek email atau sms atau bahkan tanyakan langsung ke toko yang bersangkutan mengenai reward akhir tahun.

 

Buka halaman selanjutnya. Ada beberapa hal yang wajib kamu hindari lho.

8 Shares

Komentar:

Komentar