Ayo Belajar Bisnis dengan Katniss Everdeen!


Jika kamu menonton trilogi film The Hunger Games yang diadaptasi dari serial novel Suzanne Collins yang berjudul sama, maka kamu akan setuju ketika saya bilang bahwa Katniss Everdeen adalah salah satu karakter wanita yang paling menginspirasi, terlepas dari apakah kamu suka atau kurang suka dengan filmnya. Saya mengerti kok, tiap orang punya selera dan minat masing-masing soal film.

maxresdefault

Dari awal film The Hunger Games, kita sudah bisa melihat bahwa Katniss Everdeen adalah sosok yang sangat peduli, terutama terhadap adiknya. Hal itu terbukti dari fakta bahwa Katniss, bersama Gale, akan pergi melewati pagar distrik (yang dilarang oleh hukum dan jika ketahuan akan berujung ke hukuman berat) untuk memburu makanan untuk ibu dan adiknya. Bukti yang lebih kuat adalah ketika nama Primrose dipanggil sebagai tribut perempuan dari Distrik 12, dan dengan segera Katniss mengambil alih tanggung jawab yang memiliki kemungkinan hidup 1:24 itu demi memastikan adiknya tidak menjadi korban permainan Capitol.

Tentu saja, Katniss tidak sempurna. Dia juga memiliki kekurangan yang membuatnya manusia. Terlepas dari itu, saya rasa keberanian dan kepedulian Katniss semakin bersinar dan terlihat jelas di instalasi terakhir trilogi menakjubkan ini. Kelebihan-kelebihan Katniss ini membuatnya menjadi panutan ideal untuk siapa saja yang ingin menjadi pemimpin yang lebih baik, dan dapat diterapkan di berbagai aspek kehidupan. Ini hal-hal yang bisa kita pelajari dari film Mockingjay Part 1:

Gambar via moonfirecharms.com

1. Kepemimpinan yang baik tidak mengesampingkan prinsip

Dalam cerita, Katniss yang diselamatkan dari Quarter Quell (Hunger Games ke-75) diminta untuk menjadi Mockingjay, simbol dan panutan dari para pemberontak yang ingin memerdekakan diri dari kekangan Capitol. Awalnya, Katniss diminta untuk membuat video-video propaganda yang diatur oleh pihak Coin, pemimpin para pemberontak, tapi Katniss tidak merasa bahwa video-video itu mencerminkan dirinya dan apa yang dia percaya dengan sungguh-sungguh. Katniss menyetujui pembuatan video-video propaganda itu dengan aturan yang ia buat: dia berada di medan perang dan ikut bertarung bersama para pemberontak yang lain.

Dalam kehidupan, akan ada banyak kesempatan di mana kita dihadapkan pada pilihan-pilihan yang tidak kita sukai. Kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat dan tetap sesuai dengan siapa diri kita sebenarnya inilah yang harus dimiliki oleh para pemimpin. Seperti Katniss, kita harus belajar membedakan pengorbanan seperti apa yang pantas, tanpa mengesampingkan prinsip kita.

Gambar via bustle.com

2. Selalu siaplah dalam mengasah pikiran dan persepsi

Film ini sarat dengan perang pikiran, terutama antara Katniss dan President Snow, presiden dari Capitol. Ketika Snow menyerang markas para pemberontak dengan bom dan memenuhi tanahnya dengan bunga mawar putih, Katniss langsung mengerti bahwa itu adalah pesan dari Snow yang berencana menyakiti Peeta yang berada dalam genggamannya. Hal itu mengharuskan Katniss untuk memikirkan matang-matang apa yang akan dilakukannya selanjutnya.

Tentu saja, semoga kita tidak pernah harus menghadapi pilihan yang memutuskan hidup-mati seseorang di dunia nyata, tapi contoh ini sangat penting kita mengerti untuk bisa melihat bahwa dalam mengambil keputusan yang tepat, kita harus memikirkan matang-matang keuntungan dan konsekuensi dari keputusan tersebut.

Gambar via dailymail.co.uk

3. Insting dan kecepatan dalam bertindak adalah sahabat

Menuju penghujung film, para pemberontak menyerang Capitol dalam misi merebut kembali Peeta dan tahanan-tahanan lain dari tangan Snow. Ketika terlihat jelas bahwa pihak Capitol dapat segera menangkap para pemberontak, Katniss dengan sigap menghubungkan dirinya sendiri dengan Snow via televisi. Hal ini memberikan para pemberontak waktu untuk menyelamatkan para tahanan.

Dalam bisnis dan kehidupan pribadi, kita juga akan menghadapi pilihan yang sulit dan harus diambil sesegera mungkin. Kemampuan untuk berpikir secara cepat, tepat dan sigap inilah yang harus kita kembangkan untuk bisa menjadi pemimpin yang luar biasa, seperti Katniss Everdeen.

Bagaimana, terbukti kan bahwa Katniss adalah pemimpin yang sangat bisa dijadikan inspirasi? Bagian mana yang paling kamu suka dari Katniss? Jangan lewatkan akhir dari perjuangan Katniss dalam Mockingjay Part 2 yang sedang tayang di bioskop-bioskop di dekatmu!

Komentar:

Komentar