Awas! Kenali Gejala Panic Attack Sedari Dini Sebelum Semuanya Terlambat!

Wah, apa saja ya tanda-tandanya?

Ada yang belum tahu apa itu panic attack atau serangan panik? Buat yang belum tahu, menurut alodokter, serangan panik adalah timbulnya rasa takut berintensitas tinggi yang datang secara tiba-tiba tanpa penyebab yang nyata. Biasanya para penderita merasa bahwa dia sedang mengalami sesuatu yang mengerikan. Entah itu merasa mengalami serangan jantung, merasa sedang sekarat, takut hilang control, atau merasa nyeri dada.

Meski serangan panik tidak begitu berbahaya, namun apabila tidak diobati dengan segera, dapat berujung kepada berkembangnya gangguan panik dan kondisi seperti berbagai jenis fobia. Kalau kamu bisa mengobati dan mengurangi frekuensi serta intensitasnya, maka hal itu dapat meningkatkan kualitas hidup penderitanya.

Apabila kamu ingin tahu mempunyai serangan panik atau tidak, coba deh lihat daftar gejala di bawah ini yang dirangkum dari Mentalfloss. Meski gejala-gejala di bawah ini tidak selalu mengindikasikan serangan panik, tapi apabila kamu mengalami lebih dari satu gejala, nggak ada salahnya langsung konsultasi ke dokter langgananmu.

Ini dia daftarnya.

1. Merasa pusing

via fustany.com

Serangan panik yang melewati sistem saraf otonom (sistem saraf yang bertanggung jawab dalam mengatur banyak fungsi tubuh yang vital, contohnya memompa darah ke seluruh tubuh) biasanya menyebabkan meningkatnya detak jantung atau mengurangi tekanan darah yang dapat menyebabkan penderita merasa pusing atau bahkan bisa pingsan.

2. Merasa bukan dirimu sendiri

via flickr.com

Biasanya para penderita merasa depersonalisasi atau derealisasi, dimana kamu merasa bukan dirimu sendiri dan merasa terpisah dari dunia yang kamu anggap palsu dan tidak nyata ini. Segala bentuk disosiasi tersebut sangat mengganggu dan bisa menjadi tanda bahwa kamu mulai terjangkit serangan panik.

3. Merasa mual

via flickr.com

Sistem pencernaan kita biasanya adalah bagian tubuh yang pertama kali menyadari ada yang salah dengan diri kita. Panik yang kamu rasakan akan mengirim hormon stres dan tekanan ke usus sehingga dapat menyebabkan gangguan pencernaan, mual, sakit perut, atau maag.

4. Mati rasa

via hellosehat.com

Serangan panik dapat berwujud dalam bentuk yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya, salah satunya adalah mati rasa. Apabila saat jarum ditusukkan ke tangan atau wajahmu dan kamu tidak merasakan apapun, itu bisa menjadi pertanda bahwa kamu mengalami serangan panik.

Cek gejala lain di halaman selanjutnya.

5. Kamu berkeringat dan gemetaran

via buzzfeed.com

Gejala seragan panik bisa dikatakan mirip-mirip dengan sakit flu. Akan tetapi, kalau kamu tidak mengalami demam namun kamu berkeringat dan gigimu bergelatuk gemetaran, mungkin sistem saraf otonommu sedang dalam masalah.

6. Kamu merasa yang terburuk akan datang

via verywell.com

Bukan memprediksi, namun biasanya orang yang menderita serangan panik akan sering merasa malapetaka atau hal terburuk bakal terjadi kepada mereka.

7. Susah bernafas

via healthtap.com

Serangan panik juga dapat membuatmu mengalamu hyperventilasi atau dyspnea, karena kamu merasa udara tidak bisa masuk ke paru-parumu atau merasa tercekik.

8. Kamu takut kalau ternyata mengidap serangan panik

via thehealthsite.com

Meski terdengar cukup aneh, merasa gelisah akan suatu kegelisahan merupakan gejala dari serangan panik. Kamu biasanya merasa takut tidak dapat mengontrol dirimu sendiri, sehingga lebih memilih tidak melakukan hal yang dapat membuatmu merasa ketakutan.

Nah, dari 8 tanda di atas, apa kira-kira kamu mengalami serangan panik?

89 Shares

Komentar:

Komentar