Apa Kamu Punya Kebiasaan Tarik Gas sambil Tahan Rem Saat Naik Motor Matic? Siap-Siap Keluar Duit

Ingat, biaya servis itu mahal

Sebagian besar pengguna motor matic pasti pernah melakukan hal ini: tarik gas sambil tahan rem. Entah itu ketika di tanjakan, ketika macet, atau ketika sedang berkendara di jalanan. Namun tahukah kamu kalau kebiasaan yang terkesan sepele ini sebenarnya efek berbahaya dalam jangka panjang? Efek berbahaya ini tentu nggak berdampak ke kesehatan kamu, tapi berdampak ke motor matic kesayangan.

Motor matic sendiri menggunakan Countinuously Variable Transmission atau CVT sebagai alat penggeraknya, sehingga pengendara tak perlu ganti gigi. Nah, jika kamu punya kebiasaan menarik gas sambil tahan rem, baik itu disengaja maupun nggak, lambat laun itu bisa bikin beberapa komponen yang ada di CVT jadi rusak dan tergerus.

Bagian-bagian yang terkena dampak dari kebiasaan buruk ini adalah kampas kopling, mangkok kopling, sliding sheave, dan karet dumper.

via motorplus-online.com

Dan semakin sering kebiasaan ini dilakukan, maka kampas kopling juga bakal semakin cepat terkikis akibat bergesekan dengan mangkok kopling. Gesekan ini jugalah yang membuat bentuk dari mangkok kopling nantinya tak lagi bulat, melainkan sedikit peyang.

Parahnya, kampas kopling ini juga bisa sampai hancur karena kepanasan. Akhirnya kampas kopling motor kamu jadi tak ada dudukannya lagi.

Kerusakan lain juga bakal terjadi pada sliding sheave, di mana posisi penahannya bakal berhenti di tengah dan dapat membuat alur tengahnya ikut termakan sehingga menjadi miring dan berlekuk. Sedangkan untuk komponen terakhir, yaitu karet dumper, bisa ikut rusak karena nggak kuat nahan panas akibat gesekan yang terjadi. Dan itu menyebabkan kerja kampas kopling terhambat.

via GridOto.com

Ketika itu semua terjadi, apa masalah yang akan dialami oleh motor kamu? Biasanya sih akan melambat saat buka gas, bergetar, dan muncul suara berdecit. Selain itu performa motor pun akan menurun dan jadi nggak senyaman sebelumnya.

Nah, nggak pengin kejadian kayak gitu terjadi ‘kan? Apalagi sampai harus keluar duit buat servis benerin semua komponen tersebut. Mending duitnya dipakai buat hal yang lain, misalnya aja traktir gebetan makan gitu. Biar nggak jomblo terus.

BTW, kalau kamu punya cerita menarik akibat kebiasaan buruk di atas, mungkin bisa dibagikan di kolom komentar supaya pembaca yang lain bisa baca. Yah… karena bagi sebagian orang kebiasaan tarik gas sambil nahan rem itu agak susah dihilangkan, seolah sudah jadi semacam refleks tersendiri saat naik motor. Iya, nggak?

Komentar:

Komentar