8 Tips yang Bakal Berguna Banget buat Kamu Pakai Ketika Lagi Berada di Situasi Darurat

Tips nomor 3 semoga nggak pernah kamu praktikkin seumur hidup

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kita pernah dan akan dihadapkan dengan keadaan yang tak terduga. Misalnya, ketika kamu lagi asyik berenang di laut, kamu tiba-tiba terseret arus. Atau ketika kamu lagi lari di suatu malam, saking asyiknya tanpa sadar kamu lari sampai ke hutan. Alhasil, kamu jadi tersesat di tengah hutan.

Nah, kalau kamu berada dalam situasi seperti itu, apa yang bakal kamu lakukan? Langkah pertama: buang jauh-jauh rasa panik. Selanjutnya, kamu ikuti tips-tips yang ada di bawah ini.

Dan bukannya saya berharap kamu terjebak di situasi yang sulit, tapi mengetahui sesuatu itu jauh lebih bagus daripada nggak, bukan? Hitung-hitung antisipasi, deh.

1. Ketika terjebak arus pecah

BIG-1-swim-parallel-in-riptides
via culturehook.com

Kalau kamu terjebak di arus pecah (rip current/riptide), kamu harus tetap tenang dan berenang secara pararel ke arah pantai. Kebanyakan orang berenang menjauhi arus, tapi tindakan seperti itu akhirnya malah akan membuat kamu capek sendiri.

Tindakan yang terbaik adalah berenang secara pararel, lalu arahkan diri kamu ke arah pantai.

2. Menghubungi 112

BIG-4-911
via culturehook.com

Kamu pasti tahu nomor darurat 911. Kalau kamu suka nonton film-film Hollywood, ketika karakter yang ada di film menemui situasi darurat, dia pasti teriak, “Call 911!” Tapi bukan cuma Amerika Serikat yang punya nomor darurat; Indonesia juga punya, lho. Nomornya, 112.

112 atau nomor darurat bisa kamu hubungi tanpa harus memiliki sim card, guys. Jadi, kalau kamu baru beli hp yang belum diisi kartu sim dan harus menghubungi nomor darurat, kamu tetap bisa melakukannya.

3. Terjebak dalam kebakaran

independent ie
via independent.ie

Hmm, semoga saja kita semua tidak mengalami hal ini ya, guys. Namun, apabila kamu terjebak dalam bangunan yang terbakar, usahakan tetap merunduk, lalu bernafaslah dekat dengan lantai. Karena dalam keadaan kebakaran, udara yang aman kamu hirup ada di dekat lantai.

4. Mengecek Kanker Testis pada pria

BIG-7-positive-peeing
via culturehook.com

Ada cara mudah mengecek kesehatan khusus untuk cowok lho, guys. Cara ini berguna untuk mengecek kanker testis.

Caranya, gunakan testpack atau alat tes kehamilan untuk mengecek air seni kamu. Jika hasilnya strip 1 atau negatif, maka kondisi kamu dalam keadaan sehat. Tapi jika garisnya menunjukan 2 strip atau positif, bisa jadi itu adalah salah satu gejala awal kanker testis.

Apabila kamu mendapatkan hasil tersebut, segera periksakan diri ke dokter sebelum terlambat.

5. Meramal cuaca dengan memanfaatkan kopi

allaboutcoffe
via allaboutcoffe.com

Nah, kalau cara yang satu ini keren banget, guys. Kamu bisa ngeramal cuaca via kopi! Caranya, lihat buih yang ada dalam kopi yang kamu buat. Apabila buih dalam kopi yang kamu buat banyak berkumpul di tengah, maka kemungkinan besar hari itu akan hujan.

Hal ini terjadi karena buih pada kopi sangat terpengaruh oleh keadaan dan tekanan udara. Sehingga bentuk dan tempat berkumpulnya pun terpengaruh oleh tekanan udara.

Jadi, kalau misalnya kamu mau pergi keluar tapi takut kehujanan di jalan, seduh kopi dulu sebelum pergi.

6. Bermain HP sambil berjalan

BIG-13-text-and-walk
via culturehook.com

Tahukah kamu, faktanya otak manusia nggak bisa melakukan dua kegiatan seperti bermain hp dan berjalan, secara bersamaan. Kedua hal tersebut membutuhkan fokus yang banyak.

Jadi, sebaiknya kamu memilih melakukan salah satu kegiatan saja dalam satu waktu. Karena jika kamu memaksakan bermain HP sambil berjalan, apalagi sambil berkendara, maka risiko kamu terluka atau celaka sangatlah besar.

7. Ikuti arah sungai

BIG-15-find-a-stream
via culturehook.com

Apabila kamu tersesat saat sedang hiking, carilah sungai lalu berjalanlah mengikuti arusnya. Sungai pasti mengarah ke dataran yang lebih rendah. Oh iya, dengan mengikuti aliran sungai kemungkinan besar kamu juga bakal menemukan kehidupan, karena tak sedikit pula orang yang bergantung pada sungai untuk mata pencahariannya.

8. “Rumus tiga” untuk bertahan hidup

BIG-3-the-rule-of-3s
via culturehook.com

Ketika kamu benar-benar dihadapkan pada situasi hidup dan mati, selalu ingat batas maksimal tubuhmu. Lebih rincinya: tubuhmu tak akan bisa bertahan tanpa menghirup udara lebih dari 3 menit, tak bisa bertahan tanpa minum lebih dari 3 hari, dan tak bisa bertahan tanpa makan lebih dari 3 minggu.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat buat kamu, ya. Kalau kamu punya tips lainnya, boleh dong bagi-bagi?

Sumber: CultureHook

251 Shares

Komentar:

Komentar