8 Kebiasaan ini Bisa Bikin Rekan Kerjamu Nggak Respek Sama Kamu, Kurang-kurangin, Lah

Jangan membiasakan diri melakukan 8 hal ini, ya

:

Suasana di tempat kerja jelas berbeda dengan suasana ketika kamu berkumpul dengan keluarga, teman, atau pasangan. Di lingkungan yang serba profesional ini, perilaku dan tata krama harus dijaga sebaik-baiknya. Buat yang sudah punya pengalaman kerja, kebanyakan dari kalian pasti setuju dengan hal tersebut. Nah, buat orang yang baru mulai bekerja, ini ada 8 tindakan di kantor yang bisa bikin rekan kerja nggak respek sama kamu. Apa saja itu?

1. Oversharing

via daquidali.com.br

Wajar sih kalau kamu suka bercerita tentang apa yang kamu lakukan saat liburan atau kemeriahan acara yang kamu datangi, apalagi sampai detail banget. Tapi, jangan langsung mengasumsikan bahwa mereka tertarik sama apa yang kamu ceritakan. Bisa-bisa kamu dicap narsis dan attention seeker. Cukup ceritakan seperlunya, dan kalau mereka menaruh minat, baru bisa kamu ceritakan detailnya.

2. Suka ngeluh

via pinterest.com

Meski kita bebas mengekspresikan pendapat kita, namun alangkah baiknya kalau kamu juga tahu diri. Nggak semua hal kamu keluhkan, bahkan sering kamu ceritakan ke rekan kerjamu. Selain bikin mereka risih, hal itu juga bikin mereka males dan nggak respek sama kamu. Selain itu, mereka bisa berpikir kalau kamu juga suka ngeluh tentang mereka ke teman yang lain.

3. Berbohong

via pexels.com

Black lie ataupun white lie nggak ada yang lebih baik. Kebanyakan orang terkadang menganggap white lie itu dapat diterima, akan tetapi, hal itu bisa jadi malah mengarah jadi kesalahpahaman. Lagipula, persepsi orang terhadap yang kamu maksutkan dengan white lie bisa jadi berbeda, kan?

4. Malas-malasan

via sleepnet.ru

Kalau kamu melakukan sesuatu tanpa motivasi, semangat, dan rasa enggan, hal itu dapat membuat rekan kerja, bahkan bosmu nggak respek sama kamu. Meskipun pekerjaan yang kamu lakukan sekarang nggak sesuai dengan yang kamu inginkan atau gajinya nggak sesuai dengan yang kamu harapkan, melakukan hal itu tidak akan membuat semuanya membaik. Ingat, atasanmu bisa saja memberi rekomendasi yang buruk ke kantor-kantor yang lain.

Editor’s Pick

Menjelajahi Waktu ke 7 Era Paling Mengerikan di Berbagai Belahan Dunia


Saat Kamu Pengin Putus tapi si Pacar Maunya Tetap Lanjut, Apa yang Harus Dilakukan?

Antara Monophasic, Biphasic, dan Polyphasic: Mana Pola Tidur yang Paling Cocok buat Kamu?

5. Suka terlambat

via recruitukltd.co.uk

Terlambat pada kasus ini bisa banyak hal, entah itu terlambat masuk kerja, terlambat datang meeting, terlambat memenuhi deadline kerjaan. Nggak ada ceritanya ada orang yang suka nunggu, kamu juga gitu, kan? Kalau nggak suka nunggu, jangan bikin orang lain nunggu. Apalagi kalau terkait pekerjaan yang harusnya selesai pada hari senin, tapi masih belum ada tanda-tanda bakal selesai menjelang senin sore.

6. Suka mengumpat

via euepixeirein.gr

Meski kamu biasa ngomongin isi kebun binatang ketika kumpul sama temen, jangan sampai kebiasaan itu dibawa ketika kerja. Nggak keren kan ketika kamu mengumpat printer yang rusak tapi ternyata kebetulan bosmu lagi lewat terus disangkain bosmu yang kamu umpat. Intinya sih, tahu diri aja lah ya.

7. Hipokrit

via theodysseyonline.com

Kalau cuma ngomong, semua orang juga bisa. Apalagi kalau yang kita omongkan nggak sesuai dengan apa yang kita lakukan. Duh, hipokrit banget, atau bisa disebut juga munafik. Kalau ingin memberi contoh ke rekan kerja atau bawahan kita, lakukan dengan perbuatan, jangan hanya dengan ucapan. Nanti kalau mereka bilang kalau mereka mencontoh tindakanmu kan bisa panjang urusannya. Apalagi yang mereka contoh yang jelek-jeleknya seperti datang telat, kerja malas-malasan, dan pulang cepat.

8. Suka menyalahkan

via pointabove.com

Nggak ada yang suka disalahkan, apalagi di depan banyak orang. Kalau kamu menyalahkan pekerjaan seseorang, meski dia benar-benar yang salah, hal itu malah membuat rekan kerjamu nggak respek dan nggak percaya dengan kepemimpinanmu. Apalagi kalau udah suka nyalahin, suka lempar tanggung jawab pula, parah tuh. Waktunya bertobat, bro.

Nah, itu dia 8 kebiasaan yang bisa bikin orang nggak respek sama kamu. Kalau kamu udah lama kerja tapi ternyata baru sadar kalau 8 kebiasaan ini masih sering kamu lakukan, belum terlambat kok kalau mau berubah.

Komentar:

Komentar