8 Cara Untuk Menghindari Bahaya Saat Kamu LDR


:

Menjalin hubungan memang bikin bahagia, tapi nggak berarti kebahagiaan itu datang begitu saja tanpa rintangan. Kadang-kadang ada aja kelakuan pasangan yang bikin kita geleng-geleng kepala, dan kadang-kadang ada juga masanya kita bertanya-tanya, apa yang pasangan lihat dari kita. Ya kan?

Nah, pacaran biasa aja punya banyak tantangan, apalagi pacaran jarak jauh? Long distance relationship (LDR) sering banget memakan korban, baik itu mereka yang baru pacaran, udah agak lama pacaran, atau bahkan pacaran serius. Gimana caranya supaya hubungan LDR kamu nggak jadi salah satu korbannya?

 

1. Buat semacam ritual

Gambar via pinterest.com

Biasakan untuk bikin semacam rutinitas bareng pasangan yang nggak pernah gagal kamu lakukan setiap hari. Hal-hal sederhana kayak selalu bilang selamat pagi ketika baru bangun tidur atau selamat tidur sebelum pergi ke dunia mimpi aja juga cukup kok, untuk membuat kamu merasa signifikan di hari-hari pasangan.

 

2. Gunakan aplikasi khusus pasangan


 

Gambar via therisinghollywood.com

Di App Store, Windows Store, dan Play Store, bertebaran banyak aplikasi yang ditujukan khusus untuk pasangan, terutama pasangan yang dihalangi oleh jarak. Banyak banget fungsi aplikasi pasangan ini selain tempat chatting bareng pacar, tentunya. Ada beberapa aplikasi yang menawarkan fitur lokasi dan jam pasangan, kalender bersama, album foto, bahkan grocery list dan thumb kiss! Pilihlah salah satu aplikasi yang menurut kamu paling cocok untuk kamu dan pasangan. Plus, nada pesan aplikasi untuk pasangan kan berbeda sama nada pesan aplikasi chatting biasa, jadi ketika ponsel kamu berdering, kamu bisa langsung tahu yang menghubungi kamu itu pacar atau bukan.

 

3. Rajin komunikasi

Gambar via illustrationsource.com

Komunikasi adalah salah satu hal yang paling penting dalam menjaga sebuah hubungan, dan jarak yang memisahkan kamu sama sang pacar membuat komunikasi menjadi jauh lebih penting lagi. Ingat ya, “komunikasi” bukan berarti sekedar ngobrol tentang hal-hal yang nggak penting, tapi justru percakapan yang dalam, misalnya tentang apa yang sedang dirasakan dan dipikirkan kamu dan pasangan. Justru ketika kamu dan pacar sudah bisa dan biasa ngobrol tentang hal-hal yang dalam kayak ginilah hubungan kalian bisa berkembang.

 

4. Video call

Gambar via techradar.com

Manfaatkan teknologi yang ada dengan menyempatkan waktu untuk ngobrol langsung dengan pacar lewat Skype, atau aplikasi khusus pasangan yang menawarkan fitur video call. Percaya deh, ngobrol face-to-face, meskipun lewat monitor smart phone atau komputer, rasanya beda banget sama ngobrol via telepon, apalagi chatting. Lewat video call, kamu dan pasangan bisa saling lihat ekspresi satu sama lain, yang bikin komunikasi kalian lebih berarti. Kalau beda waktu kamu dan pacar cuma sejam atau dua jam, kalian bisa melakukan ritual video call ini tiap malam sebelum tidur, misalnya. Kalau beda waktu kalian membuat hal itu susah, seminggu sekali juga cukup. Ingat, menjaga hubungan yang baik itu harus ada usaha dari semua pihak yang terkait!

 

5. Buat kotak surat untuk berbagai situasi

Gambar via pinterest.com

Sebelum kamu atau sang pacar berangkat ke kota/negara tujuan (gara-gara kuliah misalnya), ajak pacar bikin kotak surat. Kotak surat ini bukan yang ada di depan rumah untuk Pak Pos, ya. Kotak surat ini adalah kotak yang isinya surat-surat kamu untuk sang pacar yang bisa dibacanya di waktu-waktu tertentu. Tulis surat-surat untuk ketika pacar lagi kangen sama kamu, ketika kamu lagi marah sama pacar, ketika pacar lagi marah sama kamu, dan lainnya sesuai kebutuhan dan karakteristik kamu dan pasangan. Ingatkan lagi kenapa kamu dan pacar kamu saling jatuh hati.

Kamu juga bisa bikin 100 surat yang bisa dibaca sang pacar satu persatu tiap harinya. Tuliskan hal-hal yang bikin kamu sayang atau kangen sama pacar, atau tentang kencan pertama kalian, atau tentang film favorit kalian. Hal ini bisa banget bikin pacar selalu inget sama kamu.

 

6. Kirim care package

Gambar via pinterest.com

Tunjukkan sama pacar bahwa dia selalu ada di pikiran kamu dengan ngirim care package tanpa bilang-bilang. Isinya terserah kamu, bisa tee shirt yang kamu lihat waktu jalan-jalan dan bikin inget sama pacar, cemilan-cemilan favorit pacar, barang yang bakal melengkapi koleksi pacar kamu, atau sekedar obat-obatan atau persediaan makanan. Bayangin deh gimana terkejut dan gembiranya pacar ketika menerima kiriman ini dari kamu! Pasti makin sayang (dan siapa tahu pacar juga jadi pengen ngirim care package buat kamu).

 

7. Lakukan sesuatu bareng-bareng

Gambar via shinliart

Jarak nggak harus menghalangi kreatifitas kamu dan pacar dalam menciptakan kebersamaan. Kalian bisa cari waktu dan nonton film di laptop bareng-bareng via Skype, misalnya. Seru kan bandingin reaksi kamu dan reaksi pacar waktu nonton adegan serem, atau lucu, atau ngagetin.

Kalian juga bisa banget bikin project barengan. Misalnya, kalau kalian sama-sama suka makanan, kalian bisa bikin blog/akun Instagram soal makanan yang kalian rekomendasikan dari kota masing-masing. Atau kalau kalian sama-sama suka fotografi, bisa banget bikin proyek fotografi bareng kayak yang dilakukan pasangan dari Korea Selatan ini.

 

8. Tetapkan waktu untuk saling berkunjung

Gambar via youqueen.com

Seseru apapun pacaran kalian via dunia maya, tetap bakal berasa ada yang kurang kalau kalian nggak bisa ketemu sama sekali. Bikin jadwal yang konkret soal kunjungan pacar ke kota kamu, atau kunjungan kamu ke negara pacar. Rencana yang solid akan bikin hubungan kalian juga lebih terasa. Bayangkan serunya sama-sama menghitung mundur ke saat kalian bakal ketemu lagi, entah itu minggu depan, bulan depan, atau tahun depan. Rajin-rajin cek harga tiket promosi kereta atau pesawat, ya.

Begitu deh tips LDR yang bisa kamu coba untuk menjaga hubungan biar tetap hangat sama pacar. Ada yang mau nambahin tipsnya?

 

Komentar:

Komentar