8 Cara Bertahan Biar Kamu Bisa Tetap Melek Saat Rasa Ngantuk Sudah Tak Tertahankan

Mata tinggal 1 watt, tapi tetep wajib melek. Harus gimana?

Pernah nggak sih kamu merasa nggak bisa lagi menahan rasa kantuk, padahal kamu lagi ada di situasi yang nggak membolehkan kamu tidur? Misalnya pas lagi dikejar deadline tugas, berada di kelas atau seminar penting, rapat penting sama klien, atau bahkan saat berkendara.

Tentu saja rasa kantuk yang datang harus kamu lawan. Kalau nggak, bisa kacau semua tuh! Tapi sayangnya, melawan rasa kantuk yang menyerang itu terkadang susah banget. Alih-alih berhasil, kamu malah bakalan sering tidur-tidur ayam yang bikin kamu malu di hadapan temen atau malah berbahaya ketika kamu lagi nyetir mobil.

Nah buat kamu yang sering mengalaminya, cobain yuk 8 tips ampuh bertahan tetep melek saat ngantuk yang cukup bisa dijadikan rujukan berikut ini.

1. Jangan minum kopi atau minuman berenergi

via brightside.me

Meski kopi bisa ampuh melawan kantuk, tapi hindari kopi atau minuman berenergi lain saat kamu lagi berjuang menahan ngantuk. Pasalnya kopi dan minuman energi bisa bikin kamu lemes di esok hari, karena energi penuh sudah kamu gunakan di hari sebelumnya. Besoknya, cuma sisa-sisa energi yang kamu punya. Nah lo, sama aja gali lubang tutup lubang, ‘kan?

2. Mandi air panas dan dingin bergantian

via brightside.me

Kalau situasinya memungkinkan, cobalah mandi dengan menggunakan air yang suhunya bertolak belakang, Gunakan shower air hangat dan dingin sekaligus supaya mata tetep melek.

3. Cari oksigen sebanyak-banyaknya

via pixabay.com

Oksigen terbukti mampu bikin kamu berhasil melawan ngantuk. Carilah oksigen sebanyak-banyaknya dengan mencoba latihan pernapasan.Caranya baringkan tubuh di lantai, lalu letakkan satu tangan di bawah perut dan satu tangan lain di bagian dada. Tarik napas dalam-dalam lewat hidung dan keluarkan lewat mulut seolah-olah sedang bersiul. Lakukan latihan ini 5-10 kali, dan energimu buat melek bakalan balik lagi.

- Advertisement -

4. Makan es krim

via brightside.me

Es krim juga bisa menjadi penolong saat keadaaan genting lho. Bukan rasa manis yang ada di es krim yang bikin bangun, tapi sensasi dingin yang kamu rasakan bisa bikin kamu melek pas lagi ngantuk-ngantuknya.

5. Gerakkan badan beberapa menit

via brightside.me

Pas lagi ngantuk, kamu bisa coba menggerakkan badan seolah-olah kamu lagi olahraga. Cara ini cukup efektif bikin ngantuk hilang!

6. Hirup aromaterapi

via brightside.me

Siapkan minyak aromaterapi lalu hirup perlahan. Aromaterapi mampu membuat badan rileks dan rasa ngantuk hilang dalam beberapa menit.

7. Cari udara segar di luar ruangan

via brightside.me

Pas lagi berada di dalam ruangan dan ngantuk, coba deh cari udara segar sejenak di luar ruangan. Dijamin badan fresh dan seger lagi.

8. Sediakan aroma yang kuat di sekelilingmu

via brightside.me

Mirip saat menghirup aromaterapi, kamu juga bisa menyiapkan aroma-aroma lain yang kuat untuk mengusir ngantuk. Kayak aroma cengkeh, kayu manis dan jahe yang efektif mmebuat badan lebih bersemangat dan energi pulih kembali.

8 langkah diatas bisa kamu terapkan saat rasa ngantuk tiba-tiba menyerang. Cobalah satu per satu sesuai dengan timing yang tepat supaya agenda nggak berantakan gara-gara ngantuk yang nggak bisa ditahan.

Sumber: Brightside

- Advertisement -
Shares 135

Komentar:

Komentar