8 Buah-buahan Ini Punya Manfaat Super Buat Kesehatan Kulitmu

Tinggal ke pasar atau supermarket terdekat pasti langsung ketemu!

Kulit yang indah itu dambaan semua orang, bukan hanya perempuan, tapi laki-laki juga. Kulit yang indah itu jadi impian karena, selain terlihat cantik, bisa merefleksikan kesehatan seseorang juga. Kadang, kalau kita memerhatikan orang-orang dengan kulit yang bagus, kita selalu penasaran dengan bagaimana cara dia bisa mendapatkan kulit seperti itu.

Menurut Stylecraze, selain memulai pola hidup yang sehat, mendapatkan kulit yang indah juga bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi dan menggunakan 8 buah-buahan ini untuk perawatan luar dan dalam kulit. Kamu tidak usah khawatir karena buah-buahan ini bisa kamu dapatkan di pasar dan supermarket terdekat. Buah apa saja kira-kira? Yuk, cek satu per satu!

1. Lemon

Lemon via pexels.com

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang merupakan anti-oksidan yang bisa membantu membuat kulit lebih cerah. Kalau kamu punya bintik-bintik hitam atau luka bekas jerawat, kamu bisa menggunakan lemon untuk menguranginya. Kamu bisa gunakan lemon sebagai salah satu bahan untuk membuat masker atau mencampurnya dengan teh atau air dan meminumnya setiap pagi untuk membantu proses detoks tubuh.

2. Pepaya

Papaya via pexels.com

Pepaya terkenal akan manfaatnya untuk sistem pencernaan kita jika dikonsumsi. Pepaya ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh kita seperti vitamin A, C, dan B dan juga mineral seperti potassium dan magnesium. Selain itu, pepaya memiliki enzim papain dan chymopapain yang dapat mencegah kerusakan kulit dan menjadi bahan anti bakteri, anti jamur, dan bahkan anti virus. Jika pencernaan kita baik, hal ini akan berpengaruh pada kondisi kulit kita juga.

3. Avokad

Avocado via pexels.com

Avokad memilki kandunganlemak sehat, serat, dan kaya akan vitamin (E, A, C, K, B6, dan lainnya). Avokad juga memiliki fungi anti-oksidan yang dapat memperlambat proses oksidasi yang mencegah kerusakan DNA. Kalau kamu mengonsumsi avokad, manfaatnya bagi kulit kamu adalah sebagai anti-aging, dikarenakan kandungan lutein dan zeaxathin yang dapat melindungi kulit dari sinar UV. Selain itu, lemak sehat yang ada dalam avokad bisa membantu meremajakan kulit dan mempercepat penyembuhan luka.

 4. Jeruk

Orange via pexels.com

Selain memiliki wangi semerbak yang khas, jeruk juga memiliki banyak manfaat bagi kulit. Mirip seperti lemon, jeruk juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu mencegah kerusakan akibat proses oksidasi.

- Advertisement -

5. Semangka

Watermelon via pexels.com

Semangka cocok sekali untuk kamu yang punya kulit yang berminyak. Semangka memiliki kandungan air yang tinggi (92%) serta vitamin C, A, B1, dan B6, carotenoids, flavonoids, dan lycopene. Semangka tidak memiliki lemak sama sekali dan bebas kolesterol. Kandungan lycopene yang ada di dalam semangka bisa membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit. Selain itu, kandungan airnya bisa membantu proses detoksifikasi tubuh.

6. Mangga

Mango via pexels.com

Kalau kamu memperhatikan banyak brand kosmetik, mangga sering menjadi salah satu bahan untuk perawatan rambut dan kulit. Hal ini tentu memiliki alasan yang kuat karena ternyata kamu bisa meremajakan kulit dengan menggunakan daging mangga yang manis dan wangi ini. Mangga memiliki kandungan vitamin A, E, C, dan K, flavonoids, polyphenolics, beta-carotene, serta xanthophylls yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan. Mangga juga mengandung serat yang bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan.

7. Delima

Pomegranate via pexels.com

Bisa dibilang, delima itu buah yang luar biasa banyak manfaatnya. Kalau kamu rentan terkena polusi dan sengatan matahari, buah ini bisa menjadi solusi. Delima itu kaya akan kandungan vitamin C, K, folat, dan juga mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan potasium. Mulai dari kulitnya, bagian selaput dalam, hingga bijinya yang bisa dimakan, semua memiliki kandungan anti-oksidan yang bisa membantu melindungi kulit dari sinar UV-A dan UV-B yang dapat merusak kulit. Para ilmuwan juga ternyata telah berhasil meregenerasi permukaan luar kulit manusia menggunakan delima. Wah! Hebat!

8. Pisang

Banana via pexels.com

Selain pepaya dan mangga, pisang juga bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan kamu. Ternyata, selain dagingnya yang legit, kulit pisang bisa membantu memudarkan luka bekas jerawat, lho. Hal ini bisa terjadi karena pisang memiliki kandungan serat yang tinggi serta kandungan vitamin A, C, K, E, folat, dan kaya akan mineral seperti potassium, kalsium, fosfor, dan magnesium.

 

Intinya, tubuh kamu itu akan selalu terpampang radikal bebas dan sengatan UV yang bisa merusak jaringan-jaringan di tubuh kamu, khususnya kulit. Sebagai solusi untuk mencegah kerusakan dan bahkan membantu penyembuhan akibat kerusakan tersebut, kamu bisa menggunakan buah-buahan yang kaya akan manfaat seperti yang telah disebutkan di atas. Selain itu, jika kamu ingin mendapatkaan manfaat bagi kulit kamu yang lebih maksimal, rajinlah berolahraga dan istirahatlah yang cukup.

Dari delapan buah-buahan di atas, yang mana yang paling kamu sukai dan ingin uji coba sendiri manfaatnya? Komen di kolom komentar di bawah ya!

- Advertisement -
Shares 9

Komentar:

Komentar