8 Benda Ini Wajib Ada di Kotak P3K, Lho! Punyamu Udah Ada Belum, Nih?

Sekarang coba cek deh kotak P3K milikmu, kira-kira apa saja yang belum ada?

Kamu pasti udah sering banget denger kalimat “sedia payung sebelum hujan” kan? Nah, jangan cuma tahu doang, dilakuin nggak nih dalam kehidupan sehari-hari? Banyak lho keuntungannya apabila kamu mempersiapkan segala hal sebelum yang buruk terjadi, termasuk salah satunya adalah kotak P3K. Meski terdengar sepele, tapi kotak kecil ini sangat amat membantu saat kondisi darurat.

Kepala layanan klinis di St John Ambulance, Alan Weir, mengatakan bahwa kotak P3K ini sebisa mungkin harus ada di mobil maupun rumah karena kita tidak tahu kapan akan membutuhkannya. Tentunya bukan kotak kosong atau hanya berisi perban dan plester aja ya.

St John Ambulance merekomendasikan 8 benda wajib ini untuk selalu ada di kotak P3K milikmu. Apa saja itu?

1. Plester berbagai jenis dan bentuk

via home.bt.com

Plester ini dapat kamu gunakan apabila mengalami luka goresan atau sayatan. Ukuran plasternya yang berbeda-beda nantinya dapat kamu sesuaikan dengan bentuk luka. Praktis bukan?

2. Kain perban berbagai ukuran

via qualicare-products.co.uk

Ada baiknya kamu nggak hanya membawa kain perban ukuran kecil atau medium, tapi persiapkan sampai ukuran yang besar untuk luka sayatan yang cukup besar atau luka yang cukup serius.

3. Perban segitiga

via medline.com

Kalau kamu nggak tahu bentuknya, kayak gambar di atas tuh. Bedanya sama perban biasa apa? Kalau perban segitiga ini bisa digunakan apabila ada yang tangannya cedera atau terkilir. Nanti kalau udah dipasang, jadi kayak gambar di bawah ini nih.

via formedica.com

4. Tisu medis yang steril

via eureka4schools.co.uk

Kamu bisa menyiapkan tisu medis biasa dan tisu disinfektan untuk membersihkan daerah sekitar luka supaya nggak terinfeksi. Ingat, jangan dibersihkan di bagian lukanya ya.

5. Sepasang sarung tangan yang steril

via youtube.com/watch?v=AL0EE8zhNVM

Untuk menjaga supaya luka korban tidak terinfeksi dan tetap steril, kamu bisa menggunakan sarung tangan ini pada saat memberikan pertolongan pada korban.

6. Obat tetes mata

via amazon.com

Selalu siapkan benda ini di kotak P3K milikmu untuk jaga-jaga kalau sewaktu-waktu matamu mengalami iritasi. Ingat, perhatikan masa kadaluarsanya ya!

7. Instant ice pack

via istockphoto.com

Ice pack ini bisa kamu gunakan untuk mengompres apabila ada yang terkena luka bakar atau ada yang bengkak. Kalau lagi kepanasan bisa juga dipake buat ngadem sih, hehe.

8. Perekat

via frontiersafetyandsupply.com

Kamu bisa menggunakan perekat biasa untuk merekatkan perban atau bisa memilih perekat anti air. Jadi kalau kena air tetep basah sih, tapi jadi nggak gampang lepas.

Nah itu dia 8 benda yang harus ada di kotak P3K. Untuk benda-benda lain seperti minyak kayu putih, betadine, revanol, kamu dapat menambahkannya sendiri. Seenggaknya 8 barang di atas harus dan wajib ada. Sekarang coba cek deh kotak P3K milikmu, kira-kira apa saja yang belum ada?

- Advertisement -
Shares 5

Komentar:

Komentar