7 Tips Ampuh Agar Ospek Berjalan Lancar. Maba Wajib Coba!


:

Tak terasa, musim Penerimaan Mahasiswa Baru atau lebih sering disingkat PMB sudah datang, ya? PMB identik dengan satu hal yang sangat menakutkan bagi maba, yaitu OSPEK (Orientasi Sesaat Pengenalan Kampus). Padahal ospek tidak seseram yang dibayangkan, kok! Masih banyak kok hal-hal positif dari program yang sering dilakukan sebelum perkuliahan dimulai tersebut. Berikut tips-tips yang wajib maba coba, agar ospek berjalan lancar. Apa saja ya kira-kira? Yuk, kita simak!

1. Seimbanglah Dalam Bersikap

via tarbiyah.net

Kamu sebagai mahasiswa baru janganlah bersikap terlalu aktif atau terlalu pendiam. Kalau terlalu aktif, kamu bisa dicap sebagai maba yang caper alias cari perhatian. Tapi jangan terlalu pendiam juga ya karena bisa dianggap sombong nantinya. Sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. Jadi, kamu sebagai maba harus bersikap secara seimbang.

2. Tunjukkan Sikap Ramah Kepada Senior

via hipwee.com

Senior yang kita anggap galak, biasanya mengincar salah satu maba yang terlihat songong atau sombong. Buat maba yang bersikap sombong, siap-siap untuk diincar oleh mereka. Maka bersikaplah ramah kepada para senior, agar mereka pun tak berani berlaku macam-macam kepada kamu. Kamu juga bisa semakin akrab, kalau kamu ramah kepada para senior.

3. Sembunyilah Kalau Belum Siap Bertemu

via juragancipir.com

Sebenarnya wajar kok kalau kamu belum siap bertemu dengan senior. Itu tandanya kamu merasa takut dengan kehadiran mereka. Kamu bisa bersembunyi dulu, ketika senior akan berpapasan denganmu. Tips ini akan membuatmu merasa aman untuk sementara.

4. Jadilah Maba yang Update

via sains.me

Kamu sebagai mahasiswa baru pastinya mempunyai energi dan semangat yang baru juga. Manfaatkanlah energimu yang masih segar, untuk update informasi kampus. Baik yang berhubungan dengan akademik, maupun tidak. Carilah info sebanyak-banyaknya, agar kamu tidak buta dengan info-info kampus.

5. Jalinlah Pertemanan dan Bersikaplah Dengan Akrab

via remajasampit.blogspot.com

Kita hidup di dunia tidak bisa sendiri. Khususnya pada ospek, kita tidak akan mampu menghadapinya sendirian. Sebenarnya ospek ini menguji kekompakan kamu dengan teman-temanmu. Maka bekerja samalah dengan teman-temanmu. Selain menguji kekompakan, mempunyai banyak teman juga memberi manfaat lain. Salah satunya agar mempunyai banyak jaringan, yang pastinya sangat berpangaruh baik terhadap masa depanmu.

6. Jangan Sia-siakan Kesehatanmu

via detik.com

Kesehatan sangat penting untuk siapapun, apalagi maba yang sedang menghadapi ospek. Ada pepatah mengatakan “sehat itu mahal.” Pepatah tersebut itu benar sekali, lho. Kita akan menyadari pentingnya sehat, setelah merasakan sakit. Maka jangan sia-siakan kondisi fisik kita ya, guys!


7. Jagalah Rutinitas Berdo’a

via kaskus.co.id

Tujuan manusia hidup di dunia yaitu beramal baik sebanyak-banyaknya. Sesibuk apapun kamu dengan urusan ospek, jangan sampai lupa dengan urusan spritualmu, ya! Rutinlah berdo’a sesuai kepercayaan masing-masing. Berdo’a bisa menjaga kamu dari hal-hal berbahaya yang disebabkan oleh ospek. Hal ini juga akan senantiasa membuat kamu merasa aman dan nyaman, ketika menghadapi kegiatan yang dianggap bumerang tersebut.

Tips-tips tersebut bisa membantu kamu agar lebih siap menghadapi ospek. Tidak usah takut dengan ospek, karena kegiatan tersebut juga mempunyai hal-hal yang positif, kok. Yang penting kamu tetap semangat, ya! Gimana? Kamu punya saran lain untuk para mahasiswa baru?

Sumber: sekitarunnes.com

Komentar:

Komentar