7 Pekerjaan Sampingan Ini Bisa Kamu Lakoni Meski Masih Mahasiswa

Berani coba?

Sebagai mahasiswa, orang tua tentu menjadi sumber keuangan untuk memenuhi kebutuhan hidup di tanah rantau. Tapi, nggak selamanya kan kamu akan mengandalkan uang dari orang tua.

Apalagi, kalau saat ini kamu sudah semester akhir dan akan segera melepas status mahasiswa. Di tahap ini, kamu seharusnya sudah bisa mendapatkan penghasilan dari keringatmu sendiri.

Selain untuk membantu orang tua, memiliki pekerjaan sebelum lulus kuliah akan mempermudahmu di kemudian hari. Kalau kamu tertarik untuk bekerja sebelum lulus kuliah, 7 jenis pekerjaan sampingan ini bisa kamu coba.

1. Guru les

via npr.org

Pekerjaan sampingan yang satu ini cocok untuk kamu yang sedang menempuh pendidikan keguruan. Mulai dari les untuk siswa SD, SMP, SMA, bahkan les musik bisa kamu coba. Kalau nggak pede menawarkan diri sendiri sebagai guru les, kamu bisa bergabung di lembaga bimbingan belajar.

Pendapatan: mulai dari Rp 30.000 per 45 menit

2. Admin media sosial

via digitaltrends.com

Perkembangan media sosial yang makin maju juga membuka kesempatan buat kamu yang ingin kuliah sambil kerja. Banyak lho toko online atau akun hiburan yang membutuhkan admin media sosial untuk mengelola akun mereka. Pekerjaannya pun gampang banget karena sudah biasa kamu lakukan tiap hari.

Pendapatan: mulai dari Rp 400.000 per bulan

3. Konten editor

via businessinsider.sg

Masih berstatus mahasiswa sastra? Pekerjaan yang satu ini bisa kamu coba untuk mengasah kemampuanmu, lho. Konten editor biasanya bertugas memeriksa tata bahasa, ejaan, serta volume sebuah tulisan.

Pendapatan: mulai dari Rp 2.000.000 per bulan

4. Penerjemah

via thebusinesswomanmedia.com

Selain sebagai konten editor, mahasiswa sastra juga bisa membuka jasa penerjemah. Nggak cuma bahasa Inggris aja kok, bahasa Mandarin, Jepang, Arab, hingga Jerman juga banyak dibutuhkan. Penghasilan yang didapatkan dari pekerjaan ini juga lumayan, lho.

Pendapatan: mulai dari Rp 7.000 per lembar A4 atau Rp 70 per kata.

5. Sales Promotion Girl (SPG)

via tempo.co

Pekerjaan yang satu ini memang sering dianggap remeh. Padahal, gaji yang ditawarkan nggak sedikit, lho! Apalagi, kalau kamu menjadi SPG untuk event tertentu. Hanya dalam sehari kamu bisa mendapatkan ratusan ribu rupiah.

Pendapatan: UMR Kota/Kabupaten atau mulai Rp 150.000 per event

6. Penulis

via packandbrand.co.uk

Punya hobi nulis? Yuk, coba jadi penulis lepas di media online seperti selipan.com. Nggak cuma untuk menyalurkan hobi, menjadi penulis di media online juga memberikan berbagai pengalaman menarik untukmu.

Pendapatan: mulai Rp 5.000 per tulisan

7. Jualan blog atau website

via negativespace.co

Bersyukurlah jika kamu merupakan mahasiswa jurusan informatika atau komputer. Soalnya, belakangan ini banyak perusahaan yang melirik web dan blog sebagai media promosi mereka. Kamu tentu bisa memanfaatkan keahlianmu, bukan?

Pendapatan: mulai dari Rp 150.00 per blog/website

Jadi, mana nih pekerjaan sampingan yang ingin kamu lakoni untuk mendapat uang jajan tambahan?

- Advertisement -
Shares 84

Komentar:

Komentar