7 Hal Berbahaya Ini Bisa Terjadi di Tubuhmu Kalau Terlalu Banyak Makan Makanan Manis

Cegah sebelum terlambat

Cokelat, donat, milkshake, permen… siapa coba yang bisa menolak godaan makanan-makanan manis seperti ini? Mengonsumsi makanan manis memang mampu meningkatkan rasa bahagia dan membuat kita lebih berenergi karena kandungan glukosa di dalamnya. Tetapi, meskipun tubuh kita membutuhkan glukosa, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis bisa berakibat buruk. Dilansir dari informasi yang diberikan Dr. Jennier Haythe, ahli kardiologi dari New York; Rebecca Lee, pendiri RemediesForMe; dan Colette Heimowitz, ahli nutrisi yang pernah bekerja untuk Kim Kardashian, berikut adalah 10 hal berbahaya yang terjadi jika terlalu banyak  mengonsumsi makanan manis:

1. Menambah berat badan

sumber: shentherapies

Pada tahun 2011, American Journal of Clinical Nutrition mencatat ada ‘hubungan positif’ antara konsumsi minuman bersoda dengan kenaikan risiko obesitas. Minuman bersoda yang rasanya manis hanya sedikit mengandung nutrisi baik, selebihnya akan menyebabakan kegemukan. Hal ini disebabkan gula yang berlebih akan diubah menjadi lemak yang akan mengisi perut, tangan, kaki, serta bagian tubuh lainnya.

2. Gigi keropos

sumber: newkidscenter

Ungkapan ‘kebanyakan makan permen bisa menyebabkan kamu ompong’ itu memang benar, loh. Penyebab utamanya adalah gula yang berinteraksi dengan bakteri bisa menimbulkan asam yang mampu membuat gigi keropos dan berlubang. Jadi jaga konsumsi gulamu dan rutin menggosok gigi.

3. Masalah pada kulit

sumber: thisisinsider

Suka mengonsumsi makanan manis tidak hanya bisa menimbulkan jerawat, tetapi juga bisa membuat kulit kusam, dan kemerahan. Penemuan yang diterbitkan pada Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology tahun 2014, menemukan kaitan erat antara konsumsi dairy product dan makanan kaya gula lainnya terhadap masalah kulit yang timbul.

4. Membuat ketagihan konsumsi makanan manis

sumber: thisisinsider

Ternyata efek terlalu banyak mengonsumsi makanan manis hampir sama efeknya dengan mengkonsumsi narkoba. Mengonsumsi makanan manis memang bisa menimbulkan efek ‘bahagia’, tapi hal ini juga bisa menyebabkan ketagihan oleh efek ‘bahagia’ tersebut. Sehingga kamu akan terus menerus ketagihan untuk konsumsi makanan manis.

Masih ada yang lebih bahaya loh karena selain ha-hal di atas terlalu bayak mengonsumi makanan manis merupakan…

5. Pemicu diabetes

sumber: healthaim

Gula tidak menyebabkan diabetes, tapi pola hidup kamu yang menyebabkan naiknya berat badan bisa menjadi faktor pemicu diabetes. Ketika kamu sekali mengkonsumsi makanan kaya gula, makan insulin dalam jumlah besar akan dilepaskan dan resistansi insulin pun terjadi. Keadaan ini menyebabkan glukosa tidak bisa diserap dan mengendap di aliran darah dan hati sehingga terciptalah diabetes.

6. Penyakit jantung

sumber: newtonbaba

Tidak hanya orang yang memiliki kelebihan berat badan saja yang bisa terkena penyakit jantung, orang yang kurus sekalipun jika suka mengonsumsi makanan kaya gula berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Sebuah survei mencatat, orang yang mengonsumsi 17%-21% yang memperoleh kalori mereka dari gula tambahan memiliki risiko 38% lebih tinggi terkena penyakit jantung.

7. Demensia

sumber: thisisinsider

Konsumsi gula berlebih ternyata memiliki efek buruk terhadap otak baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dilansir dari The Telegraph, terdapat hubungan erat antara konsumsi makanan manis berlebih dengan meningkatnya sindrom demensia (kepikunan) dan penyakit ingatan yang lebih berat yaitu Alzheimer.

Yuk, bangun pola hidup yang lebih sehat dan batasi konsumsi gulamu dari sekarang!

sumber: thisisinsider

16 Shares

Komentar:

Komentar