7 Cara Ampuh Membuang Pikiran Negatif Dari dalam Dirimu


Bagi sebagian orang berpikir negatif itu lebih mudah daripada selalu berpikir positif. Berpikir negatif juga telah menjadi kebiasaan dan bahkan sudah menjadi bagian dari kehidupan. Padahal tanpa mereka sadari berpikir positif itu lebih sehat.

Orang yang selalu berpikir positif itu dapat mengurangi stres dan juga menguatkan sistem kekebalan tubuh. Sebaliknya, jika orang selalu berpikir negatif justru akan memperburuk perasaan dan akhirnya dapat membawanya pada kegagalan.

Maka dari itu sangat penting bagi kita memiliki kemampuan menghilangkan pikiran-pikiran negatif tersebut. Untuk menghilangkan pikiran negatif, berikut adalah 7 cara menjadi orang yang selalu berpikir positif.

1. Rubahlah bahasa tubuh kamu

negatif 1

Luangkan waktu sejenak untuk mengamati bahasa tubuh kamu. Orang akan lebih mudah untuk berpikir negatif dapat dilihat melalui beberapa ciri-ciri. Seperti membungkuk dengan sikap tertutup dan mengerutkan kening. Bahasa tubuh yang kurang baik dapat menyebabkan berkurangnya rasa percaya diri. Mulai sekarang ubahlah bahasa tubuh kamu, dengan begitu kamu pasti akan merasa jauh lebih baik.

2. Rubahlah kalimat berpikir kamu

negatif 5

Terkadang pikiran negatif adalah hasil dari sudut pandang yang buruk. Berusahalah untuk merubah kalimat berpikir kamu terhadap suatu permasalahan. Dari sinilah biasanya kamu akan menemukan sisi positif dalam berbagai hal. Intinya sedikit mengubah kalimat berpikir kamu dapat memberikan perbedaan yang sangat luar biasa untuk pola pikir kamu.

3. Keluarkan dengan kata-kata

negatif 4

Seringkali pikiran negatif itu timbul karena kamu memiliki masalah yang perlu kamu keluarkan. Hal ini sangatlah tidak baik menyimpannya bagi diri sendiri. Apabila kamu memiliki sesuatu yang perlu di ceritakan, cobalah untuk membicarakannya dengan seseorang. Melepaskan emosi dalam bentuk kata-kata dapat membantu meletakkan sesuatu ke dalam perspektif yang tepat.

4. Luangkan beberapa saat untuk menenangkan pikiran dari semua pikiran

negatif 2

Saat pikiran dipaksa untuk bekerja keras, ini akan menjadi sulit untuk mengontrol pikiran yang muncul terutama pikiran negatif. Cobalah meredakannya dengan mengosongkan pikiran kurang lebih satu menit. Ketenangan itulah yang sebenarnya kamu perlukan.

5. Jadilah kreatif

negatif 6

Ketika pikiran negatif datang, kamu bisa mencoba menghabiskan beberapa waktu untuk kegiatan kreatif. Cobalah untuk mengeluarkan hal-hal kreatif yang ada di pikiran kamu. Kamu bisa mencobannya mulai dari menggambar atau menulis puisi. Apabila kamu memanfaatkan kreativitas kamu untuk mengeluarkan pikiran negatif, maka hal itu benar-benar dapat bekerja. Dengan menjelajahi emosi melalui kegiatan kreatif akan dapat meningkatkan mood kamu.

6. Jalan-jalan

negatif 7

Seringkali pikiran itu muncul dimanapun kita berada dan banyak yang menganggap bahwa tidak ada kaitannya pikiran dengan lingkungan sekitar. Dimanapun kita berada sebenarnya pikiran itu tetap memiliki dunianya sendiri. Misalnya saja, apabila kita dikelilingi oleh orang-orang negatif, maka kita juga akan berpikir negatif. Dengan menjauhi lingkungan negatif, maka akan dapat membantu kamu. Kamu bisa mencoba untuk berjalan-jalan sendiri ke taman atau tempat lainnya. Menghabiskan waktu seperti ini mampu membuat pikiran kamu menjadi lebih tenang.

7. Buatlah daftar hal-hal yang patut kamu syukuri

negatif 8

Apakah kamu lupa akan segala hal yang baik yang telah terjadi sama kamu? Terkadang dalam hidup ini sering terjadi himpitan permasalahan, sehingga kita sering melupakan semua hal baik yang kita alami. Jika itu memang benar, maka kita perlu melatih pikiran kita terhadap semua hal baik yang terjadi, bukannya yang buruk. Mulai sekarang buatlah daftar semua hal yang patut kamu syukuri, nggak peduli seberapa kecil hal itu.

Mulai saat ini jangan pernah biarkan diri kamu tenggelam dalam hal-hal yang negatif. Berhentilah menjadi buta terhadap hal-hal positif yang telah kamu miliki selama ini.

Sumber : kaskus.co.id

Komentar:

Komentar