6 Tips Bagi Fresh Graduate yang Ingin Mencari Kerja


:

Lulus kuliah adalah moment yang sangat membahagiakan untuk kita dan orang tua. Lulus kuliah merupakan tahap awal untuk menghadapi kehidupan yang sesungguhnya, yaitu dunia kerja. Menjadi lulusan terbaru memang agak sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Karena jaman sekarang rata -rata perusahaan hanya mau merekrut orang yang sudah memiliki pengalaman kerja. Dalam mencari kerja kita masih harus berjuang dan bersaing satu dengan lainnya.

Di Indonesia, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Ketikseimbangan antara lapangan pekerjaan dengan pencari kerja membuat mencari pekerjaan sesuai dengan bidang kita akan terasa sangat sulit. Persaingan yang begitu ketat, membuat kita harus mempersiapkan diri dan memiliki nilai lebih untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat merupakan impian kita semua, akan tetapi kenyataannya banyak orang yang bekerja tidak sesuai dengan bidangnya. Buat kamu yang baru lulus, nggak usah khawatir dengan persaingan yang ketat di luar sana. Berikut ada beberapa cara agar mudah mendapatkan pekerjaan.

 

1. Mengenakan baju berwarna putih

kemeja

Dalam melamar pekerjaan di perlukan mengenakan pakaian (busana) kerja yang sopan, rapi dan bersih. Dari pakaian yang kamu kenakan inilah biasanya pewawancara akan menilai seperti apa kepribadian dan karakter kamu. Apabila dari cara berpakaian saja kamu tidak dapat mempersiapkannya dengan baik, maka bisa saja pewawancara akan menilai kamu tidak bertanggung jawab untuk hal lainnya. Untuk itu alangkah baiknya kenakan pakaian berwarna putih saat melamar pekerjaan. Warna putih mencerminkan permulaan dan kebersihan. Selain itu warna putih juga sangat cocok untuk melamar pekerjaan di industri apapun. Selain mencerminkan kepribadian, penampilan yang rapi dan bersih bisa meningkatkan percaya diri.

2. Harus percaya diri

percaya

Jangan terlihat lemah saat kamu sedang melamar pekerjaan, usahakan harus percaya diri. Apabila dalam suatu perusahaan sedang membutuhkan karyawan, dan posisi yang di inginkan sesuai dengan kriteria kamu, maka kamu harus yakin dan percaya diri untuk bersaing mendapatkan posisi tersebut. Percaya diri sih boleh-boleh aja, tapi harus ada batasannya. Jika kamu nggak lolos di posisi yang di inginkan, kamu harus sabar dan jangan patah semangat, terus berusaha dan mungkin perusahaan lain sedang menunggu kamu.


3. Jangan menyerah untuk mencari informasi lowongan pekerjaan sebanyak-banyaknya.

menyerah

 

Mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan sebanyak-banyaknya akan sangat membantu kamu nantinya dalam memilih posisi yang akan di lamar, khususnya bagi fresh graduate. Kamu harus selalu aktif mengetahui info lowongan kerja terbaru dan masukkan lamaran sebanyak-banyaknya. Semakin banyak lamaran yang kamu masukkan, maka semakin besar kemungkinan kamu akan mendapat panggilan interview. Hal ini juga akan menambah pengalaman dan wawasan kamu untuk ke depannya. Selain itu kamu juga bisa mengerti apa aja kekurangan kamu agar bisa lolos dalam mencari kerja.

4. Memperluas jaringan

karir

Ini merupakan cara yang mudah untuk bisa mendapatkan banyak informasi kerja terbaru. Informasi dari teman ataupun orang lain akan menambah pengetahuan kamu dalam mencari kerja. Jangan pernah malu untuk bertanya kepada teman ataupun mencari informasi.

5. Buat kesan pertama yang baik saat wawancara

wawancara

Jangan asal berbicara saat sedang wawancara kerja, karena gaya berbicara nantinya akan di nilai oleh pewawancara. Jika wawancara telah selesai, usahakan keluar dengan cara baikdan sopan. Apabila kamu sopan dan baik dalam berbicara, maka pewawancara akan mengingat kamu dengan baik. Sopanlah saat wawancara, karena ini akan menjadi nilai plus untuk kamu.

6. Berdoa dan selalu berusaha

berdoa

Setelah mencari dan memasukkan lamaran ke beberapa perusahaan, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah berdoa. Berdoalah kepada Tuhan dan mintalah kepada orang tua agar selalu dimudahkan. Percaya atau tidak, doa orang tua adalah doa yang paling mujarab.

Jadi, siapkan diri dan mental kamu dalam menghadapi dunia kerja. Jangan mudah putus asa hanya karena sebuah kegagalan. Jadilah pemuda yang sukses. Selamat berjuang!

 

 

Sumber : lifehack.org

Komentar:

Komentar