5 Trik Tersembunyi Menggunakan Soda Kue Ini Harus Kamu Ketahui!


Kalau kamu dengar istilah “soda kue” yang langsung kepikiran pastinya adalah oven dan panggangan berbagai jenis kue. Iya, kan? Tapi kamu tahu tidak, ternyata soda kue punya banyak manfaat lainnya selain untuk membuat adonan kue mengembang. Berikut lima trik tersembunyi soda kue yang dilansir dari brightside.me yang perlu kamu ketahui!

1. Mencuci Baju

person-looking-searching-clean
via pexels.com

Soda kue ternyata bisa digunakan untuk mencuci baju, lho. Caranya mudah sekali: cukup tuangkan soda kue (yang sudah dilarutkan ke dalam air) langsung ke baju atau langsung di mesin cuci. Disini soda kue bisa membantu melembutkan baju, menghilangkan berbagai macam noda, dan memaksimalkan daya kerja deterjen dan pemutih saat baju dibilas.

2. Bersih-bersih

cleaning-268126_960_720
via pixabay.com

Selain mencuci baju, kamu juga bisa menggunakan soda kue sebagai bahan pembersih natural yang efektif. Bagaimana caranya? Gampang. Kamu cukup tuangkan beberapa sendok kecil ke spon atau kain basah untuk membersihkan alat- alat di dapur seperti permukaan microwave, kulkas, panci, kuali, oven, dan kompor serta membasi kuman yang ada di permukaan papan potong. Kamu juga bisa tuangkan soda kue ke air untuk merendam buah dan membersihkan permukaannya dari pestisida.

Kalau kamu ingin membuat pembersih serba guna, larutkan beberapa sendok soda kue ke air saja. Dari campuran ini kamu bisa membuat semprotan pembersih. Dengan cara ini kamu bisa membersihkan gagang pintu, barang-barang yang terbuat dari logam seperti aksesoris, membasmi kuman di toilet dan lantai WC, menghilangkan jamur di tirai kamar mandi, menghilangkan sumbatan di saluran air, membasmi noda di perabotan kayu, menjadi insektisida natural (untuk membasi kecoa dan semut), membersihkan gelas dan lain-lain.

3. Menghilangkan Bau

pexels-photo
via pexels.com

Kalau kamu ingin menghilangkan berbagai jenis bau, cukup tuangkan beberapa sendok ke kain basah untuk mengelap daerang yang bau atau tuangkan ke dalam gelas dan disimpan di area yang bau. Dengan cara ini kamu bisa menghilangkan bau sepatu, kulkas, binatang, tong sampah, koper, dan mobil.

4. Menyembuhkan Beberapa Penyakit Ringan

Hidung Tersumbat via Howtogt.com
Hidung Tersumbat via Howtogt.com

Kalau kamu mengalami gejala-gejala penyakit umum yang ringan kamu bisa gunakan soda kue. Nggak percaya? Coba buktikan dengan melarutkannya di air dan gunakan sebagai kompress atau untuk kumur-kumur. Disini soda kue bisa menjadi solusi untuk gangguan pencernaan, menghilangkan kembung, membantu menyembuhkan iritasi dari poison ivy dan sengatan ubur-ubur, meringankan gatal-gatal dari cacar air, meredakan hidung tersumbat, meringankan rasa sakit di persendian, serta membantu menyembuhkan sariawan dan lidah yang sakit karena meminum ar yang terlalu panas.

5. Perawatan

pexels-photo-87346
via pexels.com

Ternyata soda kue juga punya khasiat untuk kecantikan, lho. Kenapa? Karena dapat dibuat sebagai bahan utnuk perawatan gigi, kulit, dan rambut. Untuk gigi, kamu bisa menaburkannya atau digunakan sebagai obat kumur. Dengan cara ini kamu bisa menghilangkan noda di gigi, mencegah karang gigi dan plak gigi, membasmi bau mulut, mencegah radang gusi, dan mencegah sariawan.

Untuk perawatan kulit dan rambut, kamu bisa gunakan soda kue untuk mencegah iritasi setelah mencukur, membasmi jerawat dan komedo, membuat lulur, mencuci rambut tanta sampo, mencegah ketombe, menjaga agar kutikula tetap lembut, dan juga melembutkan kulit lutut dan siku.

 

Eh, tunggu dulu! Selain lima hal di atas ternyata, saat darurat, soda kue juga bisa mematikan api saat terjadi kebakaran, lho!

 

Wah… ternyata soda kue punya banyak banget manfaat ya. Yuk, selalu sedia soda kue di lemari perlengkapan rumah kamu!

Komentar:

Komentar