5 Tips Ini Bikin Kamu Nggak Ngantuk Lagi Ketika Kerja Di Bulan Ramadhan!


Banyak orang yang mencari-cari alasan dan terkesan ‘menyalahkan’ bulan Ramadhan sebagai biang kerok penyebab kantuk pada saat mereka bekerja.

Mengantuk via idiva.com

Entah itu gara-gara waktu tidur yang berkurang karena digunakan untuk sahur, waktu tidur lebih malam karena baru bisa beraktivitas setelah Sholat Tarawih, atau karena kurangnya nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita pada saat sahur.

Supaya ibadah dan kinerjamu di kantor tetap seimbang dan berkualitas, coba kamu lakukan 5 tips ini supaya tidak mudah mengantuk pada saat bekerja. Apa saja itu?

1. Bergeraklah!

Nggak perlu atraksi kayak gini juga sih via www.linz09.at

Salah satu hal yang menyebabkan mengantuk adalah kurangnya aktivitas, ditambah lagi kamu menggunakan alasan klasik ‘lemas’ sehingga membenarkan kediamanmu. Puasa bukan penghalang aktivitasmu, malah semakin padat aktivitas yang kamu lakukan maka puasamu tidak akan berasa.

Kalau kamu merasa mulai mengantuk pada saat bekerja, cobalah bergerak. Entah itu meregangkan tubuh, jalan-jalan mengitari ruangan kantor, sampai naik turun tangga. Karena pada saat bergerak jantung akan memompa darah yang mengalirkan oksigen ke otak sehingga kamu tidak akan terasa ngantuk.

2. Tentukan deadline sendiri

Atur dan selesaikan sendiri via lifehacker.com

Meski tidak mendapat deadline dari kantor, cobalah mengatur deadline apa-apa saja yang harus diselesaikan sampai siang atau sampai saatnya pulang. Dengan memasang deadline kamu akan fokus menyelesaikan pekerjaanmu dan pikiranmu akan teralihkan dari yang namanya kantuk. Tekanan yang dirasakan ketika mendekati deadline membuat otak tetap bekerja dan memaksamu untuk fokus.

3. Play some music!

Bam bam bam via playbuzz.com

Bukan sekedar musik tentunya. Putarlah musik-musik yang mempunyai tempo cepat dan upbeat, bukan yang bertempo pelan dan mendayu-dayu. Bahkan mungkin musik yang bisa memaksamu berjoget dan menari bersama.

Sebagai alternatif nih ya, mumpung di bulan puasa, selain musik kamu juga bisa mencari murottal surat-surat pendek. Dengan sering-sering mendengarkan surat-surat pendek, kamu bisa menambah hafalan surat pendekmu sehingga nantinya ketika menjadi imam nggak hanya membaca ‘qulhu’ (Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas) saja.

4. Tertawa

Tertawa bersama rekan kerja via reddit.com

Kalau kamu bingung mau ngapain lagi, coba ajak rekan kerjamu ngobrol dan bercanda sehingga bisa memancing kalian untuk tertawa. Setelah tertawa pikiranmu akan terasa segar kembali dan siap untuk melanjutkan kerjaan yang tertunda.

Tapi ingat, jangan lama-lama, jangan sampai memaksa rekan kerja yang nggak mau kamu ajak bercanda, dan jangan sampai candaanmu mengganggu rekan kerja seruangan yang lainnya.

Kalau nggak nemu teman yang bisa diajak ngobrol mungkin bisa alihkan sebentar buka instagram atau youtube untuk mencari gambar dan video lucu. Yang pasti jangan kelamaan dan malah asyik sama gambar dan video lucumu.

5. Tidur 10-20 menit

Tidur dulu via engagedhealthsolutions.com

Obatnya ngantuk itu ya tidur.

Kalau sudah mencoba berbagai cara dan tetap mengantuk, berarti yang harus kamu lakukan adalah tidur. Karena satu-satunya obat yang paling ampuh untuk mengatasi kantuk adalah tidur. Nggak perlu lama-lama sih, menurut penelitian tidur selama 10-20 menit udah cukup untuk meningkatkan kewaspadaan, mengembalikan energi, meningkatkan fokus dan daya ingat.

Kamu bisa pasang alarm atau minta rekan kerja untuk membangunkan kalau takut kebablasan. Kan bisa berabe kalau pas enak-enak ngiler tiba-tiba bos datang. JEJEJEJENGG!!!!

Nah itu dia 5 tips yang bisa membuat kerjamu tetap produktif selama bulan Ramadhan. Ingat, jangan jadikan bulan Ramadhan sebagai pembenaran atas kemalasanmu.

Sumber : ILoveMlg

Komentar:

Komentar