5 Tips Anti Ngantuk Saat Tadarusan Selama Ramadhan


:

Mumpung bulan Ramadhan, kita pasti lagi banyak-banyaknya ngelakuin ibadah supaya terkumpul pahala yang banyak. Secara pahalanya berlipat-lipat selama puasa, tentu kamu nggak pingin menyia-nyiakannya bukan? Salah satu ibadah yang bisa dilakukan adalah tadarus alias mengaji. Kalau bisa sih satu hari bisa dapet satu juz, jadi nanti di akhir puasa udah khatam ngajinya.

Tapi sayangnya tiap kali mau ngaji, pasti sering terhalang oleh rasa kantuk yang luar biasa. Padahal udah niat mau ngaji lama supaya dapet banyak, tapi ngantuknya nggak kuat guys. Nah kalau kamu sering ngerasa kayak gini, cobain deh 5 tips ampuh anti ngantuk saat tadarus berikut ini.

1. Tidur siang

Tidur-di-Masjid-Saat-Puasa

Kalau kamu niat mau tadarus setelah buka puasa atau setelah tarawih, pastikan kamu udah punya waktu istirahat yang cukup sebelumnya. Kamu bisa tidur siang dulu atau paling enggak rebahan supaya badan rileks. Nggak perlu lama-lama, yang penting tubuh udah istirahat.

2. Jangan makan berlebihan saat buka dan sahur

150624113Bukapuasa

Makan kebanyakan saat sahur dan buka bisa membuat tubuh lemas dan mengantuk lho! Wajar kalau niat tadarusmu gagal terus karena mengantuk. Lebih baik makan dan minum secukupnya supaya tubuh bertenaga tapi nggak lemas.

3. Pilih waktu yang tepat

210712_RHN-BISNIS-01-NGABUBURIT-TADARUS


Pastikan kamu udah memilih waktu yang tepat untuk tadarusan. Sesuaikan dengan rutinitas serta kemampuanmu untuk mengaji. Hindari mengaji di waktu-waktu sempit karena bisa sulit konsentrasi dan akhirnya terburu-buru.

4. Ajak temen ngaji bareng

IMG_0994

Percaya deh, ngajak temen buat tadarusan bareng pasti lebih menyenangkan sekaligus menjadi bisa jadi penyemangatmu untuk khatam di akhir Ramadhan. Kentungan lainnya adalah bisa lebih cepet khatam karena ngajinya bergantian. Kamu juga nggak akan ngantuk lantaran kamu nggak sendirian.

5. Yang penting niat

potret-berdoa-dari-belakang

Yang terakhir adalah niat dan doa yang sungguh-sungguh buat khatam selama Ramadhan. Yakin deh, kalau niat dan doa kamu udah bener, rasa kantuk nggak bakalan menghalangi kamu pas lagi tadarus.

 

Yuk semangat mumpung bulan Ramadhan 🙂

 

sumber: boombastis

Komentar:

Komentar