5 Elemen dari Alam Ini Ternyata Berpengaruh Pada Produktivitas Kerja Lho!


:

Ada beberapa elemen dari alam ini yang secara gak langsung mempengaruhi kinerja kita saat beraktivitas. Tentu saja kamu sekarang juga lagi ngalamin atau bersinggungan dengan hal-hal tersebut. Nah, beberapa elemen ini bakal bikin otak bekerja jadi lebih agresif, lemot, atau bahkan biasa-biasa aja. Memang tiap orang punya kepekaan tersendiri dalam merespon elemen-elemen ini. Kalo kamu lagi butuh fkcus ngerjain sesuatu, coba deh beberapa hal ini kamu cermati. Mungkin bisa bikin kreativitas dan kinerja kamu jadi lebih oke lagi.

1. Warna

via gemintang.com
via gemintang.com

Setiap orang punya warna kesukaan dong ya. Nah, masalah warna ini juga akan berbeda-beda tiap orang. Kalo kamu emang lagi pengen ngerjain sesuatu yang merangsang kreativitas, coba deh berada di ruangan yang berwarna terang. Atau warna kesukaan kamu untuk setiap benda yang bersinggungan dengan aktivitas, misalnya pulpen, sampul buku, atau bahkan wallpaper laptop. Warna-warna yang berada di sekitar kamu akan memberi rangsangan positif terhadap kinerja otak.

2. Cahaya

via pixabay.com
via pixabay.com

Tidak semua orang suka berada di ruangan yang terang benderang. Atau orang paling phobia dengan ruangan yang gelap temaram. Ini menimbulkan efek psikologis yang akan mempengaruhi kinerja otak juga lho. Coba deh pindah ke ruangan yang lebih terang, atau cahaya yang menimbulkan efek hangat misalnya. Pastinya suasana hati akan berbeda. Contohnya nih makan malam bareng pasangan dengan cahaya lilin yang redup dan warna kekuningan. Jadi melow banget kan rasanya.

3. Suara

via kompas.com
via kompas.com

Belajar atau mengerjakan sesuatu yang serius gak mesti di ruangan yang sepi lho. Kesepian yang benar-benar tanpa suara malah bikin serem, kayak di kuburan. Sekalinya ada suara bisikan kamu langsung heboh. Tempat yang bersuara bising juga gak banget buat otak. Kuping bakal cepet capek kalo terlalu keras mendengar suara dan terlalu banyak suara. Tapi tergantung kamunya juga sih, kalo lagi segar bugar pasti pengen denger musik yang kenceng dan suasana yang riuh bikin otak kamu jadi lebih bekerja. Tapi dengerin musik relaksasi kayaknya nyaman juga ya buat ngerjain hal serius.

4. Suasana

via fotoblur.com
via fotoblur.com

Siapa sih yang gak suka berada di desa yang sejuk, asri, dan suasana alam yang menenangkan. Tapi banyak juga yang lebih suka berada di suasana yang ramai tapi gak terlalu berisik, kafe kecil misalnya. Suasana dari tempat kita berada juga memberikan kontribusi pada kinerja otak lho. Setidaknya kita lebih nyaman dengan suasana yang memang kita butuhkan pada saat itu. Jadi cari suasana yang benar-benar bikin kamu enjoy buat dukung produktivitas kamu.

5. Waktu

via pojoksatu.com
via pojoksatu.com

Banyak orang gak bisa membagi waktu. Padahal waktu itu penting banget. Kita bisa lebih detail mengerjakan sesuatu saat ada cukup waktu. Tapi ada juga orang yang sangat bersemangat saat waktu yang ada tinggal beberapa menit saja. Lebih greget katanya. Waktu dan aktivitas setiap orang sepertinya sangat personal. Ada orang yang lebih kreatif di waktu-waktu malam atau subuh. Atau malah di pagi hari saat matahari terbit adalah waktu terbaik untuk berpikir dan bekerja. Waktu terbaik adalah waktu dimana kita merasa benar-benar siap untuk mengerjakan sesuatu.

 


 

Komentar:

Komentar