5 Cara Menjaga Sepatu Agar Berumur Panjang

Yuk, rawat sepatumu dengan tips-tips ini!

:

Meski sama-sama menjadi bagian yang penting dalam kehidupan, Anda harus mengakui bahwa perlakuan pada pakaian dan sepatu sangatlah berbeda. Jika pakaian biasa dicuci hingga disetrika, hal yang berbeda terjadi pada sepatu. Intensitas cuci tidaklah sama dan tak mungkin pula Anda menyetrika sepatu. Oleh karena itu, memilih rak sepatu untuk menjaga keawetan koleksi sepatumu adalah hal terpenting. Jika Anda ingin sepatu tetap awet, anda dapat menemukan rak sepatu dengan bahan yang kuat di Dekoruma.

Namun begitu, sepatu juga butuh perlakuan khusus agar tetap awet dan nyaman digunakan dalam waktu lama. Bagaimana caranya menjaga sepatu agar berumur panjang? Simak tipsnya berikut ini.

1. Siapkan tempat penyimpanan khusus

Agar tetap awet dan kondisinya terjaga dengan baik, Anda perlu menyediakan tempat penyimpanan khusus untuk sepatu. Saat ini, ada banyak sekali rak sepatu dengan berbagai model yang beredar di pasaran, mulai dari yang modelnya terbuka dan susun biasa hingga yang memiliki lapisan penutup seperti kain atau tirai.

JYSK Shoe Rack Vinding Extendable & Stackable 2-Tier Me
JYSK Shoe Rack Vinding Extendable & Stackable 2-Tier Me via dekoruma.com

Sebelum menyimpannya, pastikan sepatu dalam keadaan kering dan bebas debu juga noda. Anda bisa menambahkan silica gel yang terkenal dengan fungsinya untuk menghindarkan sepatu dari jamur. Jika Anda bingung memilih rak sepatu yang tepat kamu bisa melihat koleksiĀ  rak sepatu JYSK di Dekoruma. Produk-produk JYSK sudah terkenal menawarkan kualitas internasional dengan harga terjangkau sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi.

2. Jangan biarkan sepatu dalam keadaan basah

Musim hujan, Anda biasanya akan mengalami kesulitan dalam menjaga sepatu tetap kering. Jika tak bisa menghindarkan sepatu dari basah, Anda masih punya kesempatan untuk mengeringkannya sesegera mungkin.

pexels-photo-542340
via pexels.com

Untuk mempercepat proses pengeringan sepatu, Anda bisa menyumpalnya dengan bola-bola koran. Kertas koran memiliki kemampuan menyerap cairan dengan cepat sehingga sepatu pun tak harus berlama-lama basah. Jangan lupa untuk mengganti bola-bola koran jika dirasa sudah cukup basah dan tak mampu lagi menyerap kandungan air di dalam sepatu.

Meski begitu, Anda tak boleh hanya mengandalkan koran ini. Sepatu masih perlu dijemur di bawah sinar matahari agar kering dengan sempurna. Ingat, membiarkan sepatu dalam keadaan lembab berarti memberi izin jamur dan bakteri jahat yang tak baik untuk kulit kaki dan bisa menyebabkan bau.


3. Langsung bersihkan saat kotor

Selain langsung dikeringkan segera saat sepatu basah, Anda juga harus membersihkan permukaan sepatu dengan segera saat mulai kotor. Jika terdapat noda lumpur atau lainnya, Anda sebaiknya langsung membersihkan dengan cairan sabun dan sikat gigi. Kenapa sikat gigi? Karena teksturnya yang lebih lembut tak membuat permukaan sepatu jadi mudah rusak.

pexels-photo-221207
via pexels.com

Jangan sekali-kali memasukkan sepatu ke dalam mesin cuci dengan harapan bisa menghemat waktu dalam mencucinya. Memasukkan sepatu ke dalam mesin cuci sama artinya dengan membiarkan sepatu rusak dan tak lagi bisa digunakan. Demi sepatu yang tetap terjaga kualitasnya, luangkan waktu untuk mencucinya secara manual meskipun sedikit melelahkan.

4. Gunakan sepatu sesuai fungsinya

Sepatu tak hanya hadir dalam satu jenis, tapi banyak sekali dan dibedakan sesuai dengan fungsi dan materialnya. Cerdas dalam menggunakan sepatu sesuai dengan fungsinya berarti Anda bisa membuat sepatu lebih tahan lama. Bagaimana cara menggunakan sepatu dengan cerdas sesuai fungsinya?

pexels-photo-618612
via pexels.com

Untuk lari, Anda hanya boleh menggunakan sepatu khusus lari. Jangan menggunakan sepatu jenis lain. Jika nekat menggunakan sepatu lain, maka sepatu tersebut akan cepat aus karena tak didesain khusus untu berlari. Selain itu, Anda juga bisa mengalami kesakitan pada kaki karena bentuk dan tekstur sepatu tak mendukung pergerakan kaki dengan sempurna saat mencoba berlari dengan benar.

5. Atur jadwal pemakaian sepatu

pexels-photo-346768
via pexels.com

Jangan hanya mengandalkan satu sepatu. Setidaknya, Anda harus memiliki dua atau tiga pasang sepatu yang bisa digunakan secara bergantian. Dengan begitu, sepatu memiliki waktu untuk beristirahat dan bisa digunakan lagi jika waktunya tiba.

Komentar:

Komentar