5Cara Jitu Supaya Rekening Kamu Nggak Jebol di Akhir Bulan!


Apa masalah utama setelah kamu tiap akhir bulan? Yes, biasanya masalah utama pada akhir bulan adalah kondisi dimana keuangan kita udah makin menipis. Secara tidak sengaja awal bulannya kita asyik belanja tanpa sadar kalau masih memerlukan uang untuk menyambung hidup.

Salah dalam mengatur pola keuangan membuat kamu akan merana karena berarti keras kerasmu terbuang percuma. Untuk berhemat, biar nggak salah jalan dan kehabisan uang lagi ada nih beberapa trik belanja yang membantu agar rekening kamu nggak jebol.

Apa saja triknya, nih lihat!

1. Atur keuangan kamu tiap seminggu sekali jadi biar ada uang walau gajian belum datang

belanja1

Seringkali kita memutuskan untuk berbelanja sekaligus dalam jumlah yang besar pada awal bulan, ini untuk menghemat tenaga dan waktu. Cara ini ternyata tidak dibenarkan karena kebanyakan pada tengah bulan uang kita terasa sudah habis tanpa sadar kemana perginya. Cara agar kamu masih punya uang walaupun pada akhir bulan adalah dengan mengatur belanjaan. Mulai sekarang atur belanjaan kamu seminggu sekali. Buat kebutuhan kamu per-hari saja.

Jadi misal :

Dana belanja bulanan Rp. 1.000.000
Satu kali belanja Rp. 200.000
Maka tiap akhir bulan kamu masih punya dana cadangan Rp. 200.000

 2. Menggunakan kartu debit memang praktis sih tapi mulai sekarang jangan deh, biar uangmu ngga cepet habis

belanja3

Menggunakan kartu debit saat berbelanja, membuat kita merasa punya uang banyak, itu yang terbaca oleh otak kita. Ini membuat kita kehilangan kendali untuk selalu menggunakannya. Saat belanja bawa uang cash yang cukup di dompetmu, jangan berlebihan. Batasi penggunaan kartu debitmu apalagi di akhir bulan meski sedang ada diskon besar-besaran.

3. Untuk lebih amannya, sebisa mungkin hindari minimarket yang selalu menggoda

belanja2

Biasanya minimarket yang merebak di setiap tempat ini menawarkan beberapa promonya, awalnya kamu hanya mau beli minuman, eh ada promo jajanan, eh ada promo sabun juga langsung deh kalap. Nah, biar jauh dari godaan minimarket yang terkutuk coba hindari lewat situ, ini demi uang kamu tetap aman terkendali.

4. Selalu bawa list belanjaan, hindari belanja di luar list yang sudah tercantum

belanja4

Sebelum berangkat belanja di akhir bulan, cek dulu semua item kebutuhan yang harus kamu beli. Jangan berbelanja barang yang tidak ada di list daftar belanjaanmu. Jaga mata agar tidak tertarik pada barang-barang yang nggak begitu dibutuhkan tapi terlihat unyu.

 

5. Jangan buang struk belanjaanmu

belanja5

Biasakan diri kamu untuk selalu menyimpan struk belanjaan kemudian masukkan ke dalam spread sheet anggaran. Apakah serimh menyimpan struk belanjaan? Ini jarang banyak orang lakukan karena merasa tidak penting. Padahal kalau mau tahu dari sinilah cara aman agar keuangan tidak kacau pada akhir bulan.

Dari sekarang, selalu simpan struk belanjaan kamu, input semua pengeluaranmu dalam 1 spread sheet. Kemudian cek dulu spread sheet ini sebelum kamu berbelanja di akhir bulan. Dari cara ini kamu bakalan tahu berapa uang yang masih kamu punya dan bisa juga membantumu membandingkan pengeluaranmu tiap bulannya.

Sumber : hipwee

53 Shares

Komentar:

Komentar