Ternyata 5 Benda Di Rumahmu Ini Wajib Mendapat Perawatan Cuci Dengan Cara Khusus, Lho!

Nggak ada salahnya kan bebersih rumah sendiri di hari libur?

Mengerjakan pekerjaan rumah tangga sendiri seperti perawatan cuci pakaian ataupun barang lainnya? Wih, salut deh yang bisa kayak gini. Entah sibuk sekolah ataupun bekerja, tapi kalau kamu mampu melakukan pekerjaan rumah tangga sendiri pasti bisa jadi orang yang mandiri!

Nah, kamu juga wajib tau loh kalau 5 benda di rumah ini harus mendapat perawatan cuci dengan cara khusus, lho. Apa saja ya kira-kira?

1. Batik

perawatan cuci batik
via fashion-history.lovetoknow.com

Siapa yang nggak punya batik di rumahnya? Baik itu kemeja, celana, ataupun rok yang berbahan batik memang cocok di pakai untuk acara resmi dan kasual. Tapi, tahukah kamu mencuci batik itu tidak boleh sembarangan agar warna tidak cepat pudar. Kalau tidak punya lerak untuk mencucinya, kamu bisa gunakan shampoo sebagai pengganti detergen.

2. Kuas Make Up

via pexels.com

Cewek-cewek pasti punya nih paling tidak 1-2 kuas make up. Kuas make up wajib kamu cuci minimal seminggu 1x untuk menghilangkan bakteri yang menempel. Perawatan cuci kuas make up nggak bisa sembarangan. Kuas make up harus direndam selama 5 menit ke dalam air hangat yang sudah diberi sabun bayi cair. Niscaya, residu cream atau bubuk make up akan hilang dan kuas kembali bersih.

3. Perawatan cuci perhiasan

via pexels.com

Apakah perlu mencuci perhiasan? Jawabannya jelas perlu. Perhiasan yang kita pakai entah itu cincin, gelang, ataupun kalung terutama yang menempel dengan kulit rentan menjadi tempat bersarangnya debu. Agar tidak menyebabkan iritasi kulit, kamu wajib mencucinya dengan cairan sabun cuci piring yang direndam dalam air hangat. Kamu hanya perlu merendam sebentar perhiasan tersebut, lalu gosok dengan sikat gigi yang lembut, bilas, dan keringkan dengan kain lembut.

4. Sepatu sneakers

via pexels.com

Mencuci sepatu dengan merendamnya ke dalam larutan sabun adalah ide yang sangat buruk. Ini bisa merusak lem pada sepatu dan warna sepatu juga jadi pudar. Untuk membersihkannya, kamu cukup menggunakan kain lap basah yang sudah direndam dengan cairan pembersih. Untuk mengilangkan busa yang menempel, kamu bisa melapnya dengan kain yang direndam air bersih. Untuk bagian putih sneakers, kamu bisa gunakan sikat gigi bekas dan odol untuk mencucinya. Kemudian jemur di tempat yang tidak terkena matahari langsung. Cari tahu trik membersihkan sepatu lainnya di sini.

5. Mesin cuci

perawatan cuci mesin cuci
via home.bt.com

Loh, kok mesin cuci butuh perawatan cuci juga? Sebagai mesin mencuci pakaian, mesin cuci pasti sering terkena kotoran-kotoran yang rontok dari pakaian yang kita cuci. Agar hasil cucian kamu lebih bersih, mesin cuci juga butuh dibersihkan loh. Larutkan cuka dan soda kue ke dalam air hangat di bak cuci pakaian. Putar mesin cuci selama 30 detik kemudian diamkan selama 1 jam. Keluarkan air tersebut, lalu bilas dengan air bersih.

Kalau kamu hanya menghabiskan waktu liburanmu di rumah saja, bisa loh tips perawatan cuci di atas dilakukan.

- Advertisement -
Shares 9

Komentar:

Komentar