4 Fungsi Lain Rak Yang Harus Kamu Tahu


:
via sobadsogood.com

Selama ini, barangkali Anda hanya mengenal rak sebagai tempat penyimpanan barang, mulai dari buku hingga sepatu. Tak salah memang. Secara fungsional, rak memang bertugas “mengamankan” buku dan sepatu Anda di rumah. Tapi, ternyata ada fungsi lain yang dimiliki oleh rak buku dan rak sepatu di rumah Anda.

Anda bisa memanfaatkan rak di luar fungsi sebenarnya jika tahu trik praktisnya. Lantas, apa saja fungsi lain dari rak buku dan rak sepatu di rumah Anda? Berikut ulasannya.

Berfungsi sebagai sekat ruangan

via pinterest.com

Tak semua orang memiliki tempat tinggal yang luas dan bisa memasang sekat permanen alias tembok di rumahnya. Bagi Anda yang tinggal di ruangan dengan luas yang terbatas, rak buku di rumah bisa memiliki fungsi ganda sebagai sekat ruangan.

Trik ini banyak dipakai di kamar kos atau apartemen model studio. Rak buku yang digunakan sebagai sekat bisa menambah kesan luas pada ruangan tempat Anda tinggal. Secara prinsip, saat Anda tinggal di ruangan yang sempit, kesan lebih luas bisa muncul jika Anda bisa melihat tiap sudut ruangan tanpa ada furnitur yang memblokir pandangan. Oleh karena itu, rak buku menjadi satu benda yang tepat dijadikan sekat.

Rak yang dijadikan sekat sebaiknya yang tidak berbentuk kabinet. Bentuk kabinet sedikit-banyak akan memblokir pandangan Anda. Gunakan rak buku dengan bentuk semi terbuka dan memiliki papan horisontal bersusun.

Untuk jenis rak seperti ini, Anda dapat menemukannya di toko mebel. Namun, sekarang ini sudah banyak toko online yang menjualnya dengan variasi yang menarik. Salah satunya, Dekoruma yang menjual berbagai macam rak buku. Anda dapat membeli rak buku dengan praktis disertai dengan jasa perakitan.

Berfungsi sebagai dekorasi dalam rumah

via pinterest.com

Tak melulu diisi dengan buku, rak bisa diisi dengan benda koleksi Anda mulai dari boneka, mobil-mobilan, susunan LEGO, dan lain-lain. Rak yang diisi dengan benda-benda ini bisa ditempatkan di ruang tamu atau ruang keluarga agar menjadi dekorasi ruangan yang segar dan beda.


Jika Anda suka dengan fotografi, cetak foto-foto terbaik hasil jepretan Anda lalu pasang di dalam bingkai dan susun di rak buku. Dengan begini, rumah Anda bisa menjadi galeri seni pribadi yang memikat hati.

Berfungsi sebagai menara main untuk kucing kesayangan

via pinterest.com

Punya kucing kesayangan di rumah? Binatang peliharaan yang satu ini terkenal dengan sifatnya yang mudah bosan. Tapi tenang, Anda bisa menciptakan permainan menarik dari rak buku untuk kucing tercinta.

Pertama, pilih rak buku dengan bentuk vertikal sehingga punya ketinggian yang cukup menantang bagi si kucing. Lalu, letakkan benda-benda kesayangannya di setiap lapisan sekat rak buku, mulai dari bola hingga boneka. Di puncak “menara”, letakkan makanan favorit si kucing sebagai hadiah atas upayanya yang berhasil mendaki “menara”.

Berfungsi sebagai tempat pot bunga dan sayuran

via pinterest.com

Rak buku dan sepatu yang sudah tidak digunakan jangan dibuang. Meskipun kondisinya sudah tak seperti semula, rak ini masih bisa diambil fungsi lainnya, sebagai tempat pot bunga dan sayuran di kebun belakang rumah.

Anda bisa mengecat ulang rak dengan warna sesuai selera. Selanjutnya, susun pot-pot berisi tanaman kesayangan Anda. Dengan begitu, kebun belakang rumah akan tampak lebih cantik dan rapi.

Jika Anda meletakkan rak ini di tempat terbuka, pastikan bahwa rak tersebut tahan terhadap kondisi luar. Rak yang terbuat dari kayu akan dengan mudah rusak karena pengaruh cuaca luar. Jangan sampai pot Anda jatuh berserakan karena rak Anda roboh. Sebagai alternatif, gunakan rak sepatu besi. Dekoruma menyediakan rak sepatu besi yang dapat pesan secara online tanpa perlu ke toko-toko. Jangan khawatir dengan harga, karena masih terjangkau di kantong Anda!

Nah, sekarang Anda bisa mulai mencari fungsi lain dari rak buku dan sepatu yang ada di rumah. Dengan memanfaatkan benda-benda di luar fungsi utamanya, kreativitas Anda akan diuji dan rumah pun tampak lebih cantik dengan dekorasi yang berbeda. Selamat mencoba!

Komentar:

Komentar