4 Alasan Berpindah ke Lampu LED


via oneextrapixel.com

Kemunculan lampu LED menjadi fenomena yang cukup berdampak bagi masyarakat. Apalagi, lampu LED hadir dengan berbagai kelebihan yang membuat para pencinta lingkungan berpikir ulang dan merasa telah menemukan hal yang mereka-mereka cari-cari selama ini.

Meskipun begitu, sebagian orang masih bertahan dengan menggunakan lampu bohlam dan neon biasa. Padahal, sudah dipaparkan banyak keuntungan yang didapatkan saat menggunakan lampu LED. Anda termasuk orang yang belum menggunakan lampu LED? Sebaiknya Anda menyimak ulasan yang berikut ini:

Lebih hemat energi

Dari total energi yang dimiliki oleh lampu LED, sebanyak 95% dikonversi ke cahaya dan sisanya ke panas. Hal ini kebalikan dari lampu bohlam biasa yang 5% energinya berubah menjadi cahaya dan 95% jadi panas.

Tak mengherankan jika lampu LED dengan daya rendah, mampu menghasilkan jumlah cahaya yang sama dengan lampu bohlam dengan daya lebih tinggi. Contohnya, lampu LED dengan daya 36 watt, cahayanya sama terangnya dengan lampu bohlam atau lampu pijar biasa yang dayanya mencapai 84%.

Lebih tahan lama

Ketahanan lebih lama inilah satu kelebihan lampu LED yang disukai oleh pencinta lingkungan. Konon, lampu LED mampu bertahan enam kali lebih lama dibandingkan lampu bohlam biasa. Karena tahan lama, sampah karbon yang dihasilkan pun lebih sedikit, sehingga relatif aman bagi lingkungan sekitar.

Selain sampah karbon, penggunaan yang tahan lama juga bisa mengurangi sampah lain yang dihasilkan dari proses produksi. Bayangkan, berapa banyak energi dan uang yang bisa dihemat dari sini. Secara pribadi, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk lampu. Untuk alam, proses produksi dan distribusi bisa lebih ditekan.

Tidak mengandung bahan berbahaya

Dibandingkan dengan lampu neon yang banyak digunakan di perkantoran dan perumahan, lampu LED tidak mengandung bahan berbahaya. Lampu neon tersebut dinilai mengandung mercury yang sampahnya bisa merusak keseimbangan alam.

Lampu neon yang mengandung mercury, tidak bisa dihancurkan begitu saja. Sampah dari lampu ini harus melalui sebuah penyaringan khusus untuk menghilangkan kandungan berbahaya sebelum akhirnya dihancurkan dan dibuang kembali ke alam.

Tersedia dalam banyak spektrum warna

Bagi Anda yang sedang mencari lampu untuk dekorasi rumah dan tempat lainnya, lampu LED punya banyak spektrum warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan fungsi ruangan tersebut. Tersedia warna dengan jumlah cahaya berbeda, misalnya lampu dengan warna hangat kekuningan yang cocok diletakkan di ruang keluarga atau kamar tidur.

Agar lebih praktis, Anda bisa menambahkan dimmer atau pengontrol cahaya pada ruangan. Artinya, Anda bisa membuat cahaya lebih redup dan lebih terang sesuai kebutuhan. Sebelumnya, pastikan Anda memilih lampu LED dengan merek yang tepat sehingga bisa dikontrol dengan dimmer.

Masih ragu menggunakan lampu LED? Jika masih kesulitan menemukan lampu LED yang sesuai, Anda bisa mencari tahu lebih banyak di Dekoruma. Di sini, Anda bisa menemukan banyak sekali lampu LED dengan beragam merek dan daya. Buktikan, bahwa Anda juga menyayangi lingkungan sekitar dengan mengganti sistem pencahayaan di rumah dengan lampu LED.

Komentar:

Komentar