11 Situs Ini Dijamin Bisa Jadi ‘Dewa Penolong’ Saat Mengerjakan Skripsi

Situs bermanfaat yang bikin skripsi kamu lancar jaya

:

Ngomongin skripsi emang nggak ada matinya ya, gaes. Bisa bikin happy bagi mahasiswa yang skripsinya lancar, tapi bikin bete bagi mahasiswa akhir yang skripsinya nggak kelar-kelar padahal udah tujuh purnama. Ya, begitulah jadi mahasiswa akhir, nasib ditentukan oleh berlembar-lembar kertas yang nggak tahu kenapa susah banget disetujui sama dosen pembimbing. Tapi mau nggak mau masa-masa ini mesti dilewati juga, kan?

Nah, buat kamu para mahasiswa pejuang skripsi, cobain yuk buka situs-situs yang bisa ngebantu kamu nulis skripsi. Dilansir dari idntimes.com, inilah 11 situs yang bisa bikin skripsi kamu cepet kelar. Yah, paling nggak referensi-referensinya lengkap dan ngebantu banget dalam pengerjaan tugas akhir. Yuk, buruan!

1. Library Genesis

via ibgen.co.id

Situs ini berisi buku-buku digital yang layak download dengan format bermacam-macam, mulai dari pdf sampai mobi. Kelebihan dari situs ini adalah pilihan jurusan yang lengkap banget sehingga bisa mengakomodasi jurusan-jurusan ‘langka’ sekalipun. Sayangnya, kamu mesti hati-hati dalam memasukkan keyword karena filternya agak lemah sehingga hasilnya kurang akurat.

2. Google Scholar

via scholar.google.co.id

Buat kamu yang akrab sama google, mereka juga menyediakan situs keren buat para mahasiswa tingkat akhir lho. Kamu bisa mengambil kutipan-kutipan dari situs ini dari jurnal online yang bisa didownload secara gratis. Lumayan kan?

3. Microsoft Academic

via academic.microsoft.com

Microsoft academic menyasar ke jurusan-jurusan dan ilmu yang lebih spesifik karena filternya yang menjurus. Referensinya lengkap dan jurnal penelitiannya cukup bisa diandalkan buat nambah-nambah isi skripsi.

4. Academia

via academia.edu

Bisa dibilang situs ini sangat mudah digunakan sehingga banyak mahasiswa yang menjadikannya sebagai referensi terpercaya dalam penulisan ilmiah. Di dalam situs ini berisi banyak sekali penelitian ilmiah yang dilakukan orang lain. Kerennya lagi, Academia punya fitur untuk berinteraksi layaknya media sosial sehingga kita bisa saling berkomentar dan saling berdiskusi di dalamnya.

5. Eureka Pendidikan

via eurekapendidikan.com

Situs ini nggak memuat jurnal ilmiah sebagai referensi studi kamu, tapi kamu bakal dapet artikel yang berisi opini para ahli tentang sesuatu hal. Jadi kayak dapet kuliah umum langsung dari pakarnya yang membahas isu terkait. Tapi kamu harus meminta ijin dulu untuk bisa mendapatkan artikel di situs Eureka Pendidikan ini.


6. Indonesian Publication Index

via d.portalgaruda.org

Sebenarnya situs yang satu ini konsepnya mirip sama Google Shcolar ataupun Microsoft Academic yang menyediakan publikasi ilmiah terpercaya, cuma Indonesian Publication Index berbahasa Indonesia yang cocok banget buat kamu yang sedikit mengalami kesulitan dengan jurnal berbahasa Inggris.

7. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

via e-resources.perpusnas.go.id

Situs yang satu ini resmi milik perpustakaan yang dikelola oleh pemerintah Indonesia. Ada banyak jurnal ilmiah yang bisa kamu unduh secara gratis. Kamu bisa mendaftar menjadi anggota terlebih dahulu untuk bisa menikmati beragam fasilitas di dalam situs Perpustakaan Nasional Republik Indoensia ini seperti mengunduh beragam file jurnal ilmiah.

8. Science Direct

via sciencedirect.com

Science Direct dilengkapi dengan kolom pencarian yang memudahkan kamu untuk mencari jurnal sesuai dengan kebutuhan. Di dalamnya terdapat jurnal ilmiah dari seluruh dunia yang bisa kamu baca dan unduh. Diperkirakan saat ini ada 34.000 buku dan 3.500 jurnal yang bisa diakses melalui situs ini.

9. Project Gutenberg

via gutenberg.org

Konsep situs penyedia buku ini adalah yang paling tua. Project Gutenberg sudah ada sejak tahun 1971 dan berisi lebih dari 49.000 buku dari berbagai jurusan ilmu seperti sastra, fabel, sejarah, hingga sains.

10. Open Library

via openlibrary.org

Open Library memiliki banyak banget koleksi buku yang bisa dibaca-baca. Apalagi situs ini mengajak penggunanya untuk berinteraksi dan terlibat langsung. Hal keren dari Open Library adalah kamu tetap bisa membaca koleksi tulisannya meski sedang tidak mendapatkan koneksiĀ  internet.

11. Wiley Online Library

via onlinelibrary.wiley.com

Situs ini bisa dibilang sangat lengkap menyediakan jurnal terpecaya untuk mendukung penulisan ilmiah kamu. Ada sekitar 6 juta artikel, 1.500 jurnal, 18.000 buku online, serta ratusan referensi lainnya yang bisa diunduh secara gratis.

 

11 situs diatas udah pasti bakal memuluskan penulisan kamu dengan referensi-referensi kerennya. Jadi sekarang udah nggak ada lagi keluhan tentang beratnya ngerjain skripsi. Semua udah tersedia tinggal kamu mau nyelesain skripsi atau nggak. Ya kan?!

 

Komentar:

Komentar