10 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Biar Gak Tidur Lagi Setelah Sholat Subuh


Tidur lagi habis solat subuh katanya bisa menghambat rejeki lho. Justru sebaliknya, rejekimu bakalan mengalir lancar kalau beraktivitas setelah solat subuh dan menghindari tidur lagi. Logikanya, manusia udah diberi nikmat buat bangun subuh dan melakukan hal bermanfaat, eh tapi malah banyak yang menyia-nyiakannya dengan molor lagi sampai siang. Gimana rejekinya gak dipatok ayam kalau kayak gini terus?

Tapi jujur aja ya, emang susah banget buat gak tidur lagi usai subuh. Tau sendiri, udara masih dingin dan langit masih gelap, enak banget tuh buat ambil selimut dan bobok cantik lagi. Hmm tapi sebenernya ada banyak aktivitas lho yang bisa kamu lakukan usai subuh ketimbang harus tidur lagi. Ini 10 hal yang bisa kamu lakukan usai solat subuh supaya gak tidur lagi.

1. Mandi sebelum solat subuh

mandi di pagi hari memberikan kesegaran bagi tubuh

 via www.thelawofattraction.org

Kalau kamu udah bangun sebelum azan subuh, kamu bisa mandi sembari menikmati kesegaran air di pagi hari. Emang sih kebanyakan pada takut mandi sebelum subuh lantaran airnya yang dingin banget. Tapi percaya deh, justru kesegaran mandi sebelum subuh bisa bikin badan kamu segar bugar lho. Udah gitu, kamu gak bakalan ngantuk setelah solat subuh dan dijamin gak ada keinginan buat bobok lagi setelah subuhan. Jadi, daripada cuma wudhu doang mending sekalian mandi aja, biar kesegarannya kerasa dobel.

2. Baca quran atau dzikir setelah shubuh

kamu bisa mengisi waktu luang setelah shalat Subuh dengan ibadah lainnya

via www.fadhilza.com

Mumpung subuh udah bangun, gimana kalau kamu melakukan ibadah lainnya setelah solat subuh? Ini kesempatan emas buat mendekatkan diri pada Yang Diatas lho. Kamu bisa baca al-quran atau berdzikir setelah solat subuh. Mungkin kalau setelah solat fardhu lainnya kamu gak sempet buat baca quran, setelah solat subuh ini waktu yang tepat. Dijamin kantukmu ilang deh. Dapet pahala lagi! Siapa yang gak mau coba?

3. Bikin perencanaan dan prioritas

kamu harus tahu apa yang mau kamu lakukan

via www.carlawainwright.com

Ketimbang nganggur dan tidur lagi, kamu bisa melakukan berbagai perencanaan yang akan kamu lakukan di hari ini. Buka notes lagi, kira-kira ada janji ketemuan sama orang atau enggak hari ini. Jangan sampai jadwal kebentrok karena kamu lupa bikin janji. Untuk yang berhubungan dengan pribadi, kamu juga bisa merencanakan kegiatan apa yang akan kamu lakukan mulai dari pagi sampai sore nanti. Misalnya mau ngerjain tugas sampai siang dulu, baru beres-beres buat ke kampus. Atau justru sebaliknya, ada kuliah pagi dan tugas numpuk yang harus dikerjakan sore hari nanti. Dengan melakukan perencanaan harian, kamu berlatih untuk tanggung jawab terhadap diri sendiri. Dan pastinya, jadwal harianmu gak bakalan keteteran.

4. Mengerjakan tugas

tetap semangat ngerjain tugas yang seabrek mumpung masih pagi

via www.tumblr.com

Inget masih punya deadline dari kampus atau kantor? Kenapa gak dicicil habis solat subuh aja? Lumayan panjang lho waktunya buat nyicil ngerjain tugas. Biarpun deadlinenya masih lama, ketika kamu bisa nyicil sedikit demi sedikit, kamu bisa punya waktu banyak untuk menyelesaikannya. Jadi gak ada acara sistem kebut semalam atau kerja keburu-buru lantaran deadline yang mepet. Hal ini bisa juga berlaku buat kamu yang mau menghadapi ujian. Belajar yang dicicil habis solat subuh itu lebih bisa nyantol di otak ketimbang belajar ngebut. Apalagi udara pagi yang masih segar membuat pikiran kamu lebih fresh untuk menerima materi apapun.

5. Nonton atau browsing berita terbaru

nonton tv

via uk.fashionmag.com

Gak mau kan ketinggalan update-an berita pas lagi kumpul sama temen-temen? Nah pagi hari adalah saat yang tepat untuk menonton berita terkini. Kalau televisi biasa menyiarkan sinetron-sinetron yang ajaib di siang dan malam hari, justru di pagi hari banyak acara tv berita yang jauh lebih bermutu. Atau kamu bisa browsing internet tentang berita terbaru hari ini. Lumayan kan buat bahan obrolan bareng temen atau bahkan gebetan. Jangan sampai roaming pas temen-temen lagi seru ngebahas sesuatu.

 

Komentar:

Komentar