5 Aplikasi Ini Bahaya Untuk Anak Kecil, 3 Diantaranya Populer Banget di Indonesia

Kamu punya nggak?

Ponsel dan sejumlah gadget lainnya sebenarnya memang diciptakan untuk orang dewasa. Tapi, belakangan banyak anak kecil alias orang-orang di bawah umur yang sudah mahir mengutak-atik gadget.

Nggak cuma sebagai pemakai biasa, mereka juga men-download beragam aplikasi yang ada di Play Store. Nah, kalau sudah begini kamu sebagai orang dewasa wajib waspada.

Jangan sampai gadget dan aplikasinya meracuni pikiran dan mental anak, adik, ataupun keponakanmu. Soalnya, 5 aplikasi populer ini ternyata bahaya buat anak kecil lho. Ayo segera cek list-nya di bawah ini!

1. Roblox

via thesun.co.uk

Roblox ini nggak jauh beda dengan Minecraft. Sayangnya, Roblox bukan tempat yang aman untuk anak kecil. Meski nggak semua pemain adalah orang jahat, ada beberapa kelompok pedofil yang tergabung dalam game ini.

Meski sejak 2017 Roblox sudah punya fitur keamanan untuk menonaktifkan obrolan dan pengaturan sesuai usia, menghindarinya jauh lebih baik, kan?

2. Snapchat

via tqn.com

Yup, aplikasi yang satu ini emang cukup populer di Indonesia. Nggak sedikit generasi milenial yang pakai aplikasi ini untuk memamerkan kehidupan “wah” mereka.

Tapi, bahayanya bukan cuma soal budaya pamer doang. Ada lho beberapa pengguna yang dengan sengaja mengunggah gambar yang nggak seharusnya dilihat anak di bawah umur. Banyaknya konten dewasa jadi masalah paling besar di Snapchat.

3. Tumblr

via beautifulpixels.com

Tumblr juga lumayan populer di Indonesia. Buktinya, banyak banget lampu ala-ala Tumblr yang dijual di online shop. Sebenernya sih aplikasi populer ini bagus untuk berbagi kreativitas.

Sayangnya, nggak ada batasan usia dan materi khusus dewasa juga nggak dibatasin. Belum lagi, soal pencurian identitas dan kebiasaan-kebiasaan buruk yang juga di-posting di Tumblr.

4. Ask.fm

via digitalparenting.ie

Ada yang pernah pakai Ask.fm? Atau jangan-jangan udah jadi seleb di Ask.fm?

Sebenernya aplikasi ini tuh dibuat untuk anak usia 11-14 tahun. Tujuannya, untuk memudahkan mereka mengetahui lebih banyak soal dunia. Tapi tahu sendiri kan selama ini Ask.fm dibuat apa aja oleh penggunanya.

5. Aplikasi kencan

via digitalbrandsinc.net

Aplikasi kencan seperti Tinder juga sempat populer di Indonesia. Tinder dan aplikasi semacamnya dibuat sama sekali bukan untuk anak-anak.

Jadi, kalau adik, anak, atau sepupumu yang masih di bawah umur nggak sengaja download aplikasi ini, kamu harus ngejelasin kalau itu bukan untuk mereka. Mungkin agak sulit sih ngasih pengertian ke mereka, tapi coba deh jelasin dengan sabar dan pakai bahasa yang mereka ngerti.

Sudah tahu kan kalau lima aplikasi populer ini ternyata bahaya buat anak kecil? Yuk, awasi anak kecil di sekitar kamu, biar mereka nggak jadi korban kecangihan teknologi!

- Advertisement -
7 Shares

Komentar:

Komentar