Ternyata Bahan Kimia yang Satu Ini yang Bikin Kulitmu Bermasalah

Wah, nggak nyangka ya...

:

Embel-embel “kimia” pada suatu barang, khususnya perawatan kulit dan kosmetik seolah-olah sangat ditakuti. Kenyataanya semua hal mengandung unsur kimiawi. Hal-hal yang berbau natural juga sifatnya kimia, lho. Ya, semua hal adalah kimia, hanya saja ada bahan kimia yang baik dan ada yang tidak baik.

Kali ini saya mau membahas tentang perawatan kulit alias skin care. Saya akan membahas salah satu bahan kimia dalam perawatan kulit yang bisa jadi faktor kenapa kulit kamu bermasalah. Apa sih bahan kimia yang satu ini? Parfum.

Parfum via pexels.com

Kandungan parfum atau fragrance dalam perawatan kulit kamu bisa jadi alasan kenapa kulitmu bermasalah. Memang pelembab, toner, atau sabun muka yang wangi itu atraktif untuk digunakan, tapi ternyata parfum punya efek samping yang buruk untuk kulit kamu. Selain dapat menyebabkan iritasi pada kulit, menurut artikel Huffpost News yang membahas tentang efek parfum parfum pada kulit parfum bisa menimbulkan reaksi alergi, dermatitis kontak, dan kondisi kulit kronis lainnya.

Kalau kamu punya kulit yang bermasalah, khususnya yang sensitif dan/atau alergi pada parfum, disarankan menjauhi produk kulit yang mengandung parfum.

Lotion via pexels.com

Jadi, saat kamu belanja produk perawatan diri seperti face wash, lotion, sabun, bahkan sampo, coba hindarilah produk yang mengandung parfum. Jadi, daripada sudah terlanjur iritasi, lebih baik diatasi sejak dini, kan?

Selain ata tulisan “parfum” atau “fragrance” dalam list bahan-bahan yang tertera di bungkus produk, parfum juga bisa terlihat jika tertera kandungan minyak atsiri atau essential oil.

Apa saja essential oils yang bisa membuat kulit irritasi? Menurut Fimela beberapa di antaranya adalah bergamot oil, orange oil, dan lime oil.


Ya, ternyata segala hal yang dianggap “natural” itu bukan berarti semuanya baik untuk kita.

Essential Oil via pexels.com

Selain yang telah disebutkan, masih banyak lagi essential oils lain yang bisa bikin kulit iritasi dan sentitif, belum lagi efek buruk lainnya jika digabung dengan sengatan sinar matahari.

Selain parfum, akan lebih baik juga jika kamu menghindari zat pewarna juga. Yuk, mulai sekarang lebih hati-hati lagi ketika membeli dan memakai produk perawatan kulit supaya kesehatan kulit kamu tetap terjaga!

Komentar:

Komentar