Saking Misteriusnya, 3 Misteri di Indonesia yang Belum Terpecahkan Ini Pasti Bikin Kamu Penasaran

Bisa gak memecahkan misteri ini?

Seolah ditakdirkan untuk berjalan beriringan, setiap misteri yang muncul ke permukaan pasti menimbulkan tanya, tak terkecuali di bumi Indonesia ini. Contohnya aja band Mocca, yang saking penasarannya dengan misteri sosok secret admirer, sampai-sampai dibuatkan lagunya. Hehehe

Tapi, biarkan saja sosok pengagum rahasia itu tetap tersimpan rapat, karena di sini kita nggak akan mengulas lagu itu. Yang akan dibahas di sini adalah misteri-misteri yang ada di beberapa tempat di Indonesia. Langsung aja deh, kita lihat satu per satu.

 1. Misteri Dusun Karang Kenek, Dusun yang Terbatas Pada 26 Kepala Keluarga, Tidak Kurang Tidak Lebih

desa-terkutuk-32bz6uzcjgb1qelhhhwmq2
via cirebontrust.com

Nggak… kita nggak sedang membicarakan tentang film Population 436. Kita juga nggak lagi membicarakan tentang dusun yang berisikan para kenek angkot/bis. Kita sedang membicarakan tentang dusun yang benar-benar ada di daerah Situbondo, Jawa Timur.

Sebenarnya, desa ini nggak ubahnya dusun biasa, dengan penduduknya yang bekerja dengan riang gembira dan lain-lain. Intinya dusun ini normal. Mungkin letaknya yang terpencil membuat dusun ini terlihat sepi.

Tapi, kamu bakal tercengang jika melihat jumlah keluarga yang ada di dalamnya. Yup, cuma 26 aja jumlahnya, dan angka ini nggak berubah selama berpuluh-puluh tahun.

Ada saja kejadian ganjil jika penduduk di sana mencoba menambah/mengurangi jumlah KK. Biasanya, “keluarga baru” di dusun itu bakal merasa nggak betah. Ujung-ujungnya mereka pindah atau keluar dari dusun itu. Dampak lainnya yang lebih mengerikan adalah: kematian.

2. Misteri Suku Lingon, Masih Ada atau Sudah Lenyap Tertelan Zaman?

mata-biru
via konstelasi.com

Dengan postur tubuh tinggi, mata biru, rambut pirang, dan kulit yang putih, konon suku ini tinggal dalam belantara hutan Halmahera Timur, Maluku Utara. Ciri fisik mereka terbilang berbeda bila dibandingkan orang Indonesia pada umumnya (bahkan Asia Tenggara), dan lebih dekat dengan fisik orang Eropa.

Nggak ada yang tahu kenapa mereka bisa sampai ada di sana. Satu-satunya sumber yang bisa didapat adalah cerita rakyat yang menyebut suku Lingon merupakan imigran yang terdampar di Halmahera. Katanya pula orang-orang suku Lingon memiliki kepercayaan animisme & dinamisme, punya kemampuan sihir, dan kanibal.

Tapi itu cuma “katanya”, yah. Jangan langsung percaya dengan omongan yang dimulai dengan kata “katanya”. Eksistensi suku Lingon dewasa ini malah masih menjadi bahan perdebatan.

3. Misteri Orang Boentoet, Manusia dengan Ekor Pendek

man-with-tail
via boombastis.com

Membicarakan misteri manusia berekor ini mau nggak mau kita juga harus menyebut dua nama: Carl Bock dan Tjiropon. Nama pertama adalah penjelajah asal Norwegia yang mendapat titah memeriksa kehidupan suku Dayak dari Gubernur Jenderal Johan van Lansberge. Tahun 1879, pada saat melakukan ekspedisi itulah ia bertemu dengan Tjiropon, seorang abdi Kesultanan Pasir di Kalimantan. Tjiropon memberi tahu Carl bahwa ia pernah melihat (sekaligus mengobrol dengan) manusia berekor dengan panjang 5-10 cm yang disebutnya Orang Boentoet.

Apa Carl percaya dengan pengakuan Tjiropon? Nggak terlalu sih, tapi ia juga dibuat penasaran dan akhirnya minta pertolongan abdi Sultan itu buat “nangkep” Orang Boentoet.

Hasilnya? Nihil. Tjiropon nggak berhasil menuntaskan misinya meskipun ia tetap bersumpah kalau kesaksian yang ia buat sebelumnya soal manusia buntut bukan bohong belaka. Di sisi lain, Carl sendiri menyebut rumor Orang Boentoet ini cuma “kekeliruan yang menggelikan”, dan nggak nerusin pencariannya.

Kamu penasaran sama misteri-misteri ini? Siapa tahu aja, kamu bisa jadi orang yang memecahkannya, lho.

Komentar:

Komentar