Pernah Dengar Mitos-Mitos Aneh Tentang Jodoh? Ini Dia penjelasannya


Orang-orang tua zaman dahulu memang memiliki banyak mitos yang akhirnya terbawa hingga era modern. Meskipun terdengar aneh, tapi mungkin ada saja anak muda yang percaya dengan mitos-mitos tersebut.

Salah satu jenis mitos yang populer dikalangan anak muda adalah mitos tentang jodoh. Bukan hanya aneh, tapi memang tidak jarang juga mitos-mitos tersebut terdengar tidak masuk akal. Apa saja sih kiranya mitos-mitos itu?

1. Duduk di Depan Pintu

499400338
via istockphoto.com

Entah apa hubungannya duduk di depan atau di ambang pintu dengan seret jodoh. Memang tidak ada penjelasan ilmiahnya. Tapi, konon ini dilakukan oleh orang-orang zaman dahulu agar anak mereka tidak keenakan duduk didepan pintu. Pintu adalah jalan utama masuknya udara dan angin. Lama-lama duduk didepan pintu memang nyaman, tapi di saat cuaca buruk dan daya tahan tubuh sedang lemah, duduk terus menerus di depan pintu bisa membuat kita masuk angin.  Selain itu, sudah jelas dengan duduk di depan pintu kamu akan menghalangi jalan keluar-masuknya orang lain.

2. Makan Brutu Ayam

whole-roasted-chicken
via foodrepublic.com

Kenyataannya banyak orang yang senang makan brutu atau bokong ayam karena rasanya yang gurih. Tapi, orang tua zaman dahulu melarang anak-anaknya untuk memakan brutu. Konon ini adalah cara bagi para orang tua agar anak mereka tidak ketagihan makan ayam dan memilih untuk lebih banyak makan sayur. Boleh juga triknya.

3. Mengizinkan Orang Mengambil Makanan

couple-chocolate-day1
via mynahcare.com

Kamu membeli makanan, sebut saja cokelat. Kemudian kamu mengizinkan temanmu untuk membuka, mengambil, dan memakannya lebih dahulu daripada kamu. Jangan biarkan hal tersebut terjadi karena kamu akan sulit mendapat jodoh. Aneh ya? Kenyataannya, mitos ini mengajarkan kita sopan santun dalam hal berbagi. Tentu saja akan menjadi lebih baik jika kita menawarkan makanan milik kita, tapi tidak meminta orang lain untuk membuka dan mengambilnya sendiri.

4. Kerja Setengah-Setengah = Jodoh Berewokan

c3893dfb98dc4cefe7f920441f73c862
via pinterest.com

Jika perempuan mengerjakan sesuatu harus sampai selesai, jangan setengah-setengah, nanti jodohnya berewokan. Kalau dipikir-pikir, mitos yang satu ini memang kocak. Sah-sah saja jika perempuan mendapat jodoh yang berewokan, tidak ada yang salah dengan itu. Kurang lebih maksud dari orang tua zaman dahulu adalah jika seorang perempuan mengerjakan sesuatu dengan asal-asalan, bisa-bisa mereka juga akan mendapat pasangan yang asal-asalan dalam merawat diri.

- Advertisement -

5. Anak Gadis Bangun Siang

7f19f6b9838eaab43d8347387b2bf254
via pinterest.com

Anak gadis jangan bangun siang, nanti enggak dapat jodoh. Tapi bisa saja dapat jodohnya malah malam hari, ya kan? Mitos ini sebenarnya merupakan sebuah peringatan agar kita tidak bermalas-malasan dengan bangun siang, karena bangun pagi tentu saja lebih menyehatkan. Dengan ritme kehidupan zaman sekarang, sepertinya mitos ini tidak akan berlaku lagi.

Itulah penjelasan soal berbagai mitos yang berkaitan dengan jodoh. Setelah ini, apa kamu masih percaya sama mitos-mitos itu?

- Advertisement -
Shares 30

Komentar:

Komentar