Nama Para Musisi Hip-hop Ini Diambil Dari Karakter Komik, Lho!


:

Kebanyakan para musisi hip-hop memang masuk ke dalam indsutri musik menggunakan nick name mereka. Saat melihat nama para musisi hip-hop atau rapper, terkadang kita penasaran, dari mana sih mereka mendapatkan inspirasi nama tersebut?

Konon, beberapa diantaranya ada yang menggunakan nama julukan mereka saat masih menjalani kerasnya hidup dijalanan. Ada juga yang mengambil nickname yang berhubungan dengan nama asli mereka. Selain itu, dari sekian banyak musisi hip-hop, ternyata ada beberapa diantaranya yang tampil dengan menggunakan nama karakter komik. Siapa saja mereka?

1. DJ Clark Kent

DJ CLark Kent
via tonic.org.uk

Dalam industri musik hip-hop, DJ yang satu ini merupakan seorang produser rekaman kenamaan. Dia menangani beberapa musisi-musisi hip-hop besar seperti Notorious B.I.G., Rakim hingga 50 Cent. Sudah tahu dong, dari mana asal nama panggung pria bernama asli Rodolfo Fanklin ini? Ya, dia mengadaptasi nama asli karakter komik yang mengenakan kostum Superman, Clark Kent.

2. DJ Green Lantern

DJ Green Lantern
via thissongissick.com

Rupanya James D’Agostino adalah penggemar berat karakter superhero Green Lantern dari DC Comics. Setelah namanya dikenal pada era tahun 90 dan awal 2000-an, DJ Green Lantern pun menjadi DJ resmi bagi Shady Records, perusahaan rekaman milik Eminem. Salah satu ciri khas James saat bermusik adalah dengan memasukan ucapan ‘Green Lantern!’, yang diambil dari film animasi klasik sang pahlawan super untuk lagu-lagu hasil karyanya.

3. Bruce Wayne

midi_mafia_the
Dirty Swift (kiri), Bruce Wayne (Kanan) via mtv.com

Musisi yang satu ini merupakan anggota dari duet tim produser Midi Mafia. Nama aslinya adalah Waynne Nugent, sementara tandemnya Dirty Swift, memiliki nama asli Kevin Risto. Mereka adalah salah satu tim produser dibalik kesuksesan 50 Cent dan Frank Ocean. Sepertinya sih, Nugent merupakan fans berat Batman dan kebetulan nama aslinya mirip dengan identitas asli sang Dark Knight.

4. J.U.S.T.I.C.E. League

justiceleague
via steponetwo.wordpress.com

Trio Erik “Rook” Ortiz, Kevin “Colione” Crowe dan Kenny “Barto” Bartolomei memiliki nama besar di industri hip-hop karena dikenal sebagai hits maker. Ketiganya mengambil nama dari tim superhero utama DC Comics yang terdiri dari Superman, Batman, Wonder Woman dan kawan-kawan, yaitu Justice League. Sama seperti DJ Green Lantern, para produser ini hampir selalu menyisipkan suara yang berucap ‘Justice League…’ dalam musik-musik yang mereka buat.

5. Big Pun

01
via cmgww.com

Di atas panggung, almarhum Christopher Lee Rios dikenal dengan nama Big Pun atau Big Punisher. Anggota grup hip-hop Terror Squad ini ternyata mengambil nama Punisher karena dia merupakan penggemar berat comic The Punisher, superhero dari Marvel Comics. Pada Bulan Februari tahun 2000, Big Pun meninggal dunia akibat serangan jantung.


6. Ghostface Killah

Ghostface-Killah-montreality-still
via okayplayer.com

Ghostface Killah merupakan salah satu pentolan grup hip-hop kenamaan asal New York, Amerika Serikat, Wu-Tang Clan. Meskipun telah memiliki nama panggung, dia menyebut dirinya dengan julukan Tony Starks dan memberi judul album pertamanya Ironman. Seperti yang kita tahu, Tony Stark adalah miliarder dibalik kostum Iron Man. Kegemaran pria bernama asli Denis Coles terhadap karakter komik tersebut ditunjukan ketika menjadi cameo dalam film pertama Iron Man yang tayang pada tahun 2008 silam.

7. Method Man

method-man
via hiphopgoldenage.com

Satu lagi anggota grup Wu-Tang Clan yang memakai nickname dari karakter komik Marvel. Terkenal dengan nama Method Man, Clifford Smith masih menamai dirinya dengan nickname Johnny Blaze. Nama ini merupakan alter ego dari karakter Marvel Comics yaitu Ghost Rider. Sama seperti rekannya, Smith rupanya penggemar berat komik. Sampai-sampai dia pernah merilis sebuah lagu yang berjudul The Riddler, nama salah satu musuh Batman. Para anggota Wu-Tang Clan memang tidak segan-segan menunjukan bahwa mereka sangat menggemari komik dan film-film kung-fu.

8. David Banner

screen-shot-2014-10-24-at-10-22-53-am
via allhiphop.com

Pada tahun 1978, komik Hulk diadaptasi menjadi sebuah serial TV. Diserial tersebut, karakter Hulk tidak bernama asli Bruce Banner, namun diganti dengan David Banner. Nama ini lah yang kemudian digunakan oleh rapper asal Mississipi, Amerika Serikat, Lavell William Crump sebagai nama panggungnya. Tidak jelas mengapa Crump memilih nama ini sebagai ‘nama rap-nya’. Tapi kemungkinan, dia sepertinya nge-fans dengan karakter hasil rekaan Marvel Comics tersebut.

9. Jean Grae

Jean+Grae-Duces
via blackinkflow.blogspot.com

Salah satu rapper wanita dalam industri musik hip-hop ini memiliki nama asli Tsidi Ibrahim. Sebelumnya, Tsidi tergabung dalam grup rap Natural Resource hingga akhirnya ia memilih untuk bersolo karir. Sebagai seorang solois, ia memilih nama Jean Grae, sebuah nama yang diambil dari salah satu anggota X-Men yaitu Jean Grey. X-Men sendiri merupakan tim superhero mutan milik Marvel Comics yang telah beberapa kali diadaptasi ke layar lebar dan menghadirkan karakter Jean Grey didalamnya.

10. MF Doom

mf-doom-king-geedorah-jj-doom-dj-khaled-remix-solid-steel-nts-radio-2016
via hypebeast.com

Ketika masih bergabung dalam grup KMD, Daniel Dumile mengambil nama Zev Love X. Setelah sekian lama, Daniel pun kemudian mengganti penampilannya dengan mengenakan topeng Dr.Doom, musuh utama tim superhero Fantastic Four asal Marvel Comics. Bukan hanya itu, ia juga mengganti nama profesionalnya menjadi MF Doom. Dan sejak menggunakan identitas tersebut, namanya pun semakin meroket di indsutri musik hip-hop.

Nama panggung memang menjadi salah satu penentu kesuksesan seorang artis. Buktinya para musisi ini meraih kesuksesan dengan menggunakan nama karakter-karakter komik.

Kalo kamu jadi musisi hip-hop, kira-kira kamu mau menggunakan nama apa?

Komentar:

Komentar