Meskipun Kita Gak Mengalami Musim Dingin, Kita Gak Boleh Ngelewatin 6 Fakta Mengejutkan Tentang Musim yang Satu Ini

Salju kayak apa ya yang paling bagus buat bikin boneka salju?

:

Sebagai orang yang tinggal di negara tropis yang hanya mengalami dua musim, yakni musim panas dan musim hujan, kita pasti penasaran rasanya musim dingin itu kayak apa? Apalagi kalau kita lihat berbagaiĀ sceneĀ romantis di film kesayangan kita yang berlatar belakangkan salju, pasti rasa penasaran kita jadi semakin besar. Mulai dari pengen ngerasain butiran salju jatuh ke tubuh kita, sampai bikin boneka salju pastinya keliatan menyenangkan bagi kita yang tinggal di daerah yang dekat dengan katulistiwa.

Daripada kamu tambah penasaran, mendingan kamu cari tahu dulu hal-hal unik yang berhubungan sama musim ini, karena ternyata dibalik suhunya yang dingin, musim yang identik dengan salju ini juga menyimpan banyak fakta mengejutkan didalamnya. Yuk, kita simak satu-satu:

1. Salju Ternyata Jatuh Dalam Berbagai Bentuk dan Ukuran

Via: thinkstockphotos.com

Umumnya butiran salju yang turun dari langit berukuran antara sebesar uang koin dengan tebal setipis rambut manusia. Tapi, beberapa penelitian menyebutkan bahwa di beberapa daerah sepertinegara bagian Montana, Amerika Serikat, pernah turun butiran salju yang berukuran sekitar 15 cm. Wow, lumayan besar, ya?

2. Salju Ternyata Gak Cuma Muncul Di Daerah Dingin, Lho

Via: edition.cnn.com

Menemukan salju di daerah yang bersuhu dingin seperti Siberia atau Alaska itu bukan hal yang aneh. Tapi, kalau salju turun di daerah yang dikenal memiliki hawa panas itu suatu hal yang luar biasa. Hal ini pernah terjadi pada tahun 2011, saat beberapa ahli menemukan butiran-butiran salju memenuhi permukaan tanah Gurun Sahara dengan tebal hampir 32 inci. Contoh lain adalah salju abadi di puncak Jayawijaya di Papua, Indonesia.

3. Salju yang Masih Basah Adalah Salju Terbaik Untuk Membuat Boneka Salju

Via: theodysseyonline.com

Ngebet pingin bikin boneka salju saat kamu berlibur di negara yang memiliki musim dingin? Kamu bisa lebih mudah membuatnya dengan butiran salju yang masih basah. Soalnya, para ahli mengatakan kalau perbandingan antara es dan air yang terdapat pada salju yang masih basah adalah 5:1, rasio ini akan membuat boneka saljumu lebih mudah terbentuk.

4. Bola Salju Bisa Terbentuk Dengan Sendirinya

Via: imoney.my

Sering melihat adegan bola salju yang menggelinding dari puncak gunung es? Kadang kita berpikir, siapa ya yang iseng membuat bola salju tersebut? Ternyata bola salju tersebut bisa terbentuk dengan sendirinya, guys. Hal ini pernah terjadi di Siberia, ketika sebuah bola salju raksasa tiba-tiba muncul dan menggelinding ke bawah. Saat itu para ahli memperkirakan penyebab kejadian ini adalah angin yang cukup kencang.

5. Lebih Dari 22 Juta Ton Garam Habis Terpakai Untuk Mencairkan Salju di Jalanan Amerika Serikat

Via: blog.zricks.com

Setiap tahunnya, Negeri Paman Sam ini mengalami musim dingin bersalju yang cukup lebat. Hal ini membuat jalanan di seluruh Amerika gak bisa diakses karena tertutup lapisan salju dan es yang tebal yang berbahaya jika dibiarkan. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah setempat menghabiskan garam berjuta-juta ton untuk mencairkan salju di jalan tersebut.


6. Ternyata Saat Musim Dingin Tiba, Posisi Bumi Malah Berada Plaing Dekat dengan Matahari

Via: worldatlas.com

Terdengar sedikit ironis, ya? Hihihi… musim dingin yang mulai pada Bulan Januari adalah saat dimana bumi sedang berada paling dekat dengan matahari. Keren, ya?

 

Begitulah enam fakta mengejutkan yang ada dibalik terjadinya musim dingin, apa kamu masih penasaran ingin merasakan sensasi salju yang turun saat musim dingin berlangsung? Semoga keinginanmu bisa tercapai, ya!

 

Komentar:

Komentar