Ini Dia Kisah Cinta Tan Malaka Yang Tidak Kalah Dengan Drama Korea


:

Siapa yang tidak kenal Tan Malaka? Mungkin sebagian dari kita banyak yang tidak mengetahui sosok beliau, padahal dialah salah satu sosok penting dalam kemerdekaan di Indonesia. Tan Malaka merupakan sosok pertama yang melawan kolonialisme di Hindia-Belanda. Hebatnya lagi, Tan Malaka merupakan orang pertama yang memiliki ide soal “Indonesia” sebelum Soekarno dan Hatta mendeklarasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Tapi dibalik sosoknya yang selalu kuat dalam menghadapi para penjajah, Tan Malaka juga memiliki kisah cinta yang tidak kalah hebat dengan drama Korea. Berikut ini lika-liku Tan Malaka dalam dunia percintaan yang jarang diketahui banyak orang.

Ternyata Tan Malaka punya secret admirer juga, lho.

tan malaka
via tanmalaka.id

Saat masih muda Tan Malaka bersekolah di Kweekschool, yaitu salah satu sekolah raja di Bukit Tinggi. Ketika itu, Tan Malaka harus menentukan pilihan yang sangat sulit: memilih untuk mendapatkan gelar datuk atau menikah dengan wanita pilihan ibunya. Dengan berat hati, akhirnya Tan Malaka memilih untuk menerima gelar datuk.

Tan Malaka memilih gelar datuk bukan tanpa sebab, dia menerima gelar ini karena jatuh cinta pada seorang gadis. Gadis itu bernama Syarifah yang dia temui ketika bersekolah di Kweekschool pada tahun 1907. Karena berbagai alasan, akhirnya Tan Malaka lebih memendam perasaannya daripada harus mengutarakan isi hatinya.

Nembak Syarifah si secret admirer

tan malaka
via berdikarionline.com

Kisah cinta Tan Malaka tidak semudah apa yang kita kira. Tan harus pergi menuju Belanda untuk melanjutkan studi. Saat itu, terpaksa dia harus berpisah dengan Syarifah, wanita yang bisa membuat luluh hatinya. Tidak mudah bagi Tan untuk pergi menuju Belanda, tapi demi pendidikan dia rela mengorbankan cinta yang selama ini belum dia ungkapkan.

Karena dulu tidak ada media sosial seperti jaman sekarang, Tan harus mengirim surat yang ditulis tangan untuk bisa mengetahui kabar Syarifah. Akhirnya Tan memberanikan diri untuk mengungkapkan perasaannya melalui surat kepada Syarifah. Tapi ternyata Syarifah dengan tegas menolak cinta Tan Malaka. Tapi bagi Tan ditolak cinta itu bukan perkara besar, karena baginya menjadikan Indonesia merdeka jauh lebih penting.

Akhir kisah cinta Tan Malaka dan Syarifah

tan malaka
via boombastis.com

Tan Malaka yang saat itu sedang kuliah di Belanda, memilih untuk move on dari Syarifah dan tidak terlalu pusing dengan urusan cinta. Semenjak itu, banyak wanita yang berhasil singgah di hati Tan Malaka, salah satunya adalah Fenny Struyvenberg yang merupakan mahasiswa kedokteran Belanda. Dikabarkan Tan sangat serius dengan Fenny Struyvenberg, tapi lagi-lagi harus kandas karena berbagai alasan.


Jika kamu penasaran dengan nasib Syarifah yang meninggalkan Tan Malaka, ternyata dia lebih memilih seorang bupati asal Cianjur yang bernama  R.A.A. Wiranatakoesoema. Sedihnya, Wiranatakoesoema sudah mempunyai lima isteri dan Syarifah hanya menjadi selir. Pada tahun 1924 Syarifah resmi menjadi janda akibat diceraikan oleh Wiranatakoesoema. Melihat hal ini Tan Malaka tidak tinggal diam, dia kembali menyatakan perasaannya untuk memiliki Syarifah. Tapi Syarifah memilih untuk menolak Tan Malaka yang sudah bergelar datuk pada saat itu.

Itulah kisah cinta dari Tan Malaka. Semoga bisa menginspirasi kalian dalam menjalin hubungan. Menurut kalian kisah cinta apa lagi yang bisa jadi inspirasi banyak orang? Comment dibawah yah.

Komentar:

Komentar