5 Olahraga Aneh yang Ada di Dunia, Mau Coba Memainkannya?


Umumnya, kita pasti tahu olahraga-olahraga populer yang ada di setiap negara meskipun olahraga tersebut kurang peminatnya di Indonesia. Sebutlah baseball di Jepang dan Amerika Serikat, atau kriket di Inggris Raya dan negara Persemakmuran. Tapi, apakah kamu tahu tentang eksistensi olahraga-olahraga ini; olahraga yang bisa disebut aneh karena aturan mainnya yang nggak biasa, dan bahkan mungkin kamu sulit membayangkannya jika nggak ikutan berpartisipasi atau nonton langsung. Daripada penasaran, kamu simak aja 5 olahraga “aneh” yang dihimpun dari berbagai sumber ini.

 1. Bo-taoshi

bo-taoshi-feat.jpg.653x0_q80_crop-smart
via mnn.com

Dua tim, yang terdiri dari 75 orang di tiap timnya, harus saling menjatuhkan tiang atau pancang milik kubu lawan dalam olahraga yang seringkali diselenggarakan di Jepang ini. Ngebayanginnya aja pusing, total 150 orang berpartisipasi dalam suatu game. Mungkin dalam satu kali permainan, semua orang di satu kampung harus ikutan main nih.

Tapi di sisi lain, olahraga ini kedengarannya seru, yah? Kalau di Indonesia ada yang menyediakan sewa lapangan Bo-taoshi layaknya lapangan futsal, mungkin para pemainnya bakal disangka geng yang bakal tawuran tuh, hahaha.

2. Catur Tinju (Chess Boxing)

09_72
via itsnicethat.com

Sesuai namanya, olahraga satu ini emang menggabungkan tinju dan catur. Dan bukan sekadar menggabungkan beberapa elemennya, Chess Boxing bener-bener menggabungkan catur dan tinju! Caranya, kedua olahraga ini dimainkan secara bergantian selama 11 ronde. Sekakmat, pukulan K.O, atau keputusan juri menjadi aturan yang menentukan pemenang dalam catur tinju.

3. Menggendong Istri

ay106653622220313-metro-f
via metro.co.uk

Ini bukan bercanda, olahraga menggendong istri memang beneran ada, hahaha. Finlandia adalah negara yang rutin menyelenggarakan olahraga “aneh” ini setiap tahunnya. Di sini, sang suami mesti mengangkut istrinya sejauh sekitar 253 meter.

Kamu belum nikah, atau bahkan jomblo, tapi pengen ikutan? Nggak usah khawatir, karena menurut aturan, ‘istri’ yang dimaksud di sini adalah “bisa istri Anda sendiri, istri tetangga, atau siapa saja yang Anda temukan ‘di jalan’; tapi, perempuan yang akan Anda gendong mesti berumur lebih dari 17 tahun.”

4. Gulat Jari Kaki (Toe Wrestling)

Toe-Wrestling
via ripleys.com

Waktu kamu kecil, apa kamu suka memainkan permainan dimana kamu dan teman kamu beradu jempol? Olahraga ini hampir sama dengan permainan masa kecil kamu itu. Hanya saja, dalam gulat jari kaki kamu harus melakukannya memakai… ya tentu aja jari kaki.

Mungkin siapa yang kakinya beraroma tak sedap, orang itu bisa punya keuntungan, ya?

5. Manusia Versus Kuda

man-and-horse_3226725b
via aroundcampus.com

Nggak tahu beneran atau bohong, tapi sejarah dari olahraga ini kedengaran konyol. Jadi ceritanya, ada seorang pemilik bar kecil di Wales yang mendengar perdebatan antara dua pelanggannya pada tahun 1980. Perdebatannya sendiri nggak penting: apa manusia bisa ngalahin kuda adu lari?

Dan muncullah olahraga ini sebagai hasilnya.

Menurut kamu gimana tentang olahraga-olahraga ini? Penasaran pengen ikutan?

Komentar:

Komentar