Keren Banget! 10 Foto Ini Menangkap Fenomena Alam Misterius yang Sangat Jarang Terlihat!

Ingin banget bisa lihat salah satu fenomena alam keren ini!

Kita sebagai manusia tentunya sudah merasa lama hidup dan tinggal di bumi ini. Banyak hal yang sudah kita lewati dan saksikan. Namun, apakah kalian yakin sudah melihat semua kejadian alam yang pernah terjadi di bumi kita tercinta ini? Kejadian alam seringkali terjadi di tempat, ataupun waktu yang tidak kita ketahui. Karena tak dapat diprediksi itu pula, kejadian-kejadian tersebut menjadi fenomena yang mengagumkan.

Dilansir dari Brightside.me, berikut ini adalah 10 foto fenomena alam yang berhasil diabadikan dalam jepretan kamera. Siap-siap untuk kagum dan terpesona dengan keindahan mother nature, guys.

1. St. Elmo’s Fire

via brightside.me

Fenomena ini biasanya terjadi ketika cuaca buruk atau badai terjadi. Cahaya ini biasanya tiba-tiba muncul di atas sebuah tiang.

Pada abad pertengahan, orang-orang di Eropa percaya bahwa cahaya tersebut merupakan hadiah yang dijanjikan oleh St.Elmo seorang pria suci pelindung para pelayar. Para pelayar percaya apabila mereka berdoa kepada St.Elmo ketika berlayar, maka cahaya tersebut akan datang melindungi mereka dari badai yang datang.

2. Aktivitas vulkanik dan snow pipes di Antartika

via brightside.me

Gunung Erebus adalah salah satu gunung terbesar dan teraktif di Antartika. Di badan gunung ini membentuk pipa-pipa salju yang terbuat dari uap yang membeku. Keren banget!

3. Light Pillars

via brightside.me

Ini adalah sebuah ilusi optik yang terjadi ketika cahaya dari matahari, bulan dan lampu kota memantul dari butiran es kecil di udara. Hmm, jadinya cantik sekali, ya!

4. Salju “spaghetti” di salah satu danau di Finlandia

via brightside.me

Salju berbentuk seperti mie ini terjadi di Hämeenlinna, Finlandia. Salju ini menjadi seperti benang karena terbentuk oleh gerakan angin dan air sebelum salju yang turun meleleh.

5. Dancing Forest

via brightside.me

Sebuah hutan di Rusia yang pohonnya secara misterius melengkung semua. Para peneliti belum sepakat akan penyebabnya. Ada yang bilang karena parasit, ada juga yang bilang karena angin laut. Tetapi para orang tua di sana percaya kalau hutan ini terkutuk. Hmm, menarik, ya.

6. Sprites

via brightside.me

Sempat disangka sebagai cahaya dari kapal alien, foto yang berhasil ditangkap pada tahun 1989 ini menunjukan bahwa sprites adalah cahaya kilat yang sangat jauh dan memantul di kegelapan malam.

7. Red tides

via brightside.me

Air pasang berwarna merah pekat ini terjadi di sungai Nil, Mesir dan membunuh ikan-ikan di sana. Red tides terjadi karena banyaknya alga merah kecil di bawah permukaan laut. Red Tides berbahaya bagi makhluk hidup termasuk manusia karena Oxygen yang terkandung di air menurun drastis sedangkan hydrogen sulfida dan ammonia meningkat tajam.

8. Broken Spectre

via brightside.me

Fenomena ini terjadi ketika kalian berada di atas gunung dan melihat ke arah yang berlawanan dari matahari. Terkadang kalian akan melihat bayangan raksasa yang dikelilingi oleh pelangi halo (bias cahaya yang dihasilkan matahari). Itu sebenarnya adalah bayangan diri kalian sendiri yang terpantul dari kabut. Partikel air kecil dalam kabut memcah cahaya, yang membuat halo di sekitar bayangan. Fenomena ini sering terjadi di pegunungan di daerah Jerman.

9. Naga Fireballs

via brightside.me

Fenomena yang terjadi di Mekong River, Thailand ini sempat mengejutkan warga sekitar. Karena tiba-tiba muncul bola cahaya yang naik hingga 30-50 kaki dari sungai dan tiba-tiba menghilang. Para peneliti menjelaskan fenomena ini terjadi karena inflamasi gas yang meningkat dari dalam sungai.

Namun warga lokal percaya bahwa itu adalah bola cahaya yang dikirim oleh Naga dari dalam sungai. Naga sendiri adalah makhluk mitologi di Thailand yang bentuknya berupa setengah ular setengah manusia, dan hidup di bawah sungai.

10. Brinicle

via brightside.me

Fenomena di bawah air yang juga disebut dengan “finger of death” ini juga merupakan salah satu fenomena yang sangat langka. Fenomena yang terjadi di samudra Artik ini disebabkan oleh perbedaan suhu beku dan tingkat kandungan garam di dalam perairan samudra Arktik.

Brinicle sendiri sudah diperdebatkan dari tahun 1974, namun baru terbukti pada tahun 2011 melalui video yang secara tidak sengaja terekam oleh BBC. Wuihh, keren sekali, ya!

Nah gimana, guys? Keren-keren banget kan fenomena alam yang terjadi di bumi kita ini? Nah, untuk kita, tugas kita sekarang adalah menjaga dan melestarikan lingkungan di sekitar kita agar anak cucu kita bisa menikmati keindahan fenomena di bumi ini, ya!

679 Shares

Komentar:

Komentar