Wow! 5 Tren Fashion Ini Punya Kisah Unik Dibalik Kepopulerannya

Kamu udah tahu belum, nih?

Fashion merupakan salah satu hal yang tak pernah lepas dari kehidupan manusia. Mulai dari pakaian, gaya rambut, hingga penampilan seseorang sedikit banyak selalu dipengaruhi oleh yang namanya fashion atau gaya berpakaian.

Kamu mungkin tak menyadarinya, tapi coba lihat kembali penampilanmu di depan cermin. Bagaimana gaya rambutmu sekarang? Baju apa yang sedang kamu pakai? Atau seperti apa gaya penampilanmu?

Apapun jawabannya, tentu sangat dipengaruhi oleh tren gaya yang sedang atau pernah populer, bukan?

Namun, dibalik itu semua ternyata ada kisah menakjubkan yang sama sekali tak terduga. Sejarah kecil ini memang sering terlupa. Tapi nggak ada salahnya, kan, kamu tahu sedikit soal sejarah fashion. Seperti 5 kisah dibalik kepopuleran tren berpakaian ini.

1. Warna pembeda gender

via gogirlies.com

Cewek identik dengan warna pink, sementara cowok identik dengan warna biru. Padahal, pada tahun 1918 berlaku kebalikannya. Pink dinilai lebih cocok untuk cowok karena dianggap sebagai warna yang kuat, sementara biru merupakan warna cantik untuk cewek.

Namun, pada 1985, ketika para orang tua bisa mengetahui jenis kelamin calon anak mereka, tren ini mulai berubah dan berlaku kebalikannya.

2. Letak kancing pada kemeja

via trendingposts.net

Pernahkan kamu menyadari bahwa letak kancing pada kemeja cowok dan cewek berbeda? Pada kemeja cowok kancing terletak di sebelah kanan, sementara pada kemeja cewek di sebelah kiri.

Sejarah dibaliknya ternyata cukup unik. Dulunya, kancing adalah barang yang mahal, hanya wanita kaya yang mengenakannya. Dan biasanya, mereka dibantu oleh para pelayan saat mengenakannya. Untuk itu, agar para pelayan lebih mudah memasangkan, kancing pada pakaian wanita terletak di sebelah kiri.

Sedangkan pada kemeja cowok, kancing dikaitkan dengan bidang militer. Menurut sejarawan mode Chloe Chapin, senjata api yang diselipkan di dalam kemeja akan lebih mudah dijangkau dari sisi yang dominan.

3. Cat kuku

via pinimg.com

Pemakaian cat kuku di kalangan cewek bukanlah hal baru. Bahkan, sebuah alat manikur tertua di dunia yang terbuat dari emas, berasal dari tahun 3200 SM.

Tak seperti sekarang, dulunya cat kuku hanya berwarna merah dan hitam. Sebab, untuk mewarnai kukunya cewek zaman dulu harus menggunakan campuran putih telur, gelatin, dan karet.

4. Rambut panjang

via pexetothemes.com

Tren berpakaian atau kecantikan mungkin berubah, tapi rambut panjang untuk para cewek selalu disukai.

Di luar anggapan bahwa rambut panjang lebih cantik dan anggun, ternyata ada nilai lain soal rambut. Menurut Kurt Stenn, mantan profesor patologi dan dermatologi di Yale, rambut panjang mengirim pesan penting soal kesehatan dan kekayaan.

Sebab, untuk memiliki rambut panjang, seorang wanita haruslah sehat, makan dengan baik, dan tak memiliki penyakit. Selain itu, dibutuhkan perawatan yang lebih mahal untuk rambut panjang.

5. Cincin kawin

via cloudinary.com

Cincin kawin biasanya dipasang di jari manis. Namun, tahukah kamu sejarah unik dibaliknya?

Tradisi manis ini berasal dari zaman Romawi. Kala itu, orang-orang percaya bahwa pembuluh darah mengalir langsung dari jantung ke jari manis. Pembuluh darah ini diberi nama vena amoris atau vein of love. Romantis, bukan?

Nah, terkait kepercayaan ini, sains modern membuktikan bahwa semua jari memiliki koneksi vena ke jantung kita.

Siapa sangka, ternyata hal-hal kecil yang jarang kita perhatikan punya sejarah dan kisah unik yang terlupa. Selain 5 tren fashion ini, apa lagi ya? Yuk, bagikan di kolom komentar!

Komentar:

Komentar