9 Sisi Lain dari Viking, Bangsa yang Terkenal sebagai Penakluk Haus Darah

Mungkin orang-orang Viking juga pengen badannya wangi saat berperang

:

Kalau ditanya soal bangsa Viking, apa yang ada di bayangan kamu? Bangsa yang ganas? Bangsa yang kerjaannya cuma bisa berperang? Atau malah bangsa yang saking sibuknya berperang jadi jarang mandi?

Hmm… sebenarnya orang-orang Viking nggak seliar itu lho. Ada beberapa fakta menarik yang bakal membuat perspektif kamu soal bangsa yang berasal dari dataran Eropa ini sedikit berubah. Cek langsung yuk faktanya yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Viking nggak suka pakai helm bertanduk

pcwallart
via pcwallart.com

Yap, bangsa Viking nggak selalu pakai helm bertanduk seperti yang sering kita lihat di film-film. Imej soal Viking berhelm kemungkinan besar terbentuk berkat penggambaran lukisan dari abad 19, biar bangsa Viking terlihat menyeramkan gitu.

2. Viking nggak pakai tengkorak musuhnya untuk minum

shopify
via shopify

Dalam film, Viking seringkali digambarkan minum-minum menggunakan tengkorak musuhnya yang dibentuk menjadi gelas (sekaligus mereka anggap sebagai trofi). Tapi sebenarnya hal itu salah besar. Mereka nggak suka memakai tengkorak musuhnya buat minum-minum kok.

3. Bangsa Viking lebih sering mandi dibanding bangsa Eropa lainnya pada masa itu

medievalist net
via mediaevalist.net

Buat kamu yang menyangka bangsa Viking jarang mandi karena terlalu sibuk perang, faktanya bangsa yang satu ini lebih sering mandi dibanding bangsa Eropa lainnya pada masa itu.

4. Bangsa Viking menganggap anak kucing sebagai hadiah terbaik untuk pasangan yang baru menikah

pinimg
via pinimg.com

Yap, bangsa Viking yang terlihat ganas dan berapi-api itu sebenarnya sangat menyukai binatang yang lucu ini. Mereka menganggap anak kucing sebagai peliharaan yang cocok untuk pasangan yang baru menikah karena melambangkan Dewi Freya atau Dewi Cinta.

5. Wanita Viking punya lebih banyak hak dibanding wanita bangsa lain di Eropa pada saat itu

deviantart net
via deviantart.net

Baik dalam kehidupan rumah tangga maupun sosial, kaum wanita Viking lebih dihargai dibandingkan kaum wanita dari mayoritas bangsa Eropa saat itu. Mereka berhak untuk menuntut cerai, menikah lagi, memiliki properti, dan menjadi kepala klan.


6. Ksatria paling ditakuti dalam bangsa Viking disebut “berserkers”

pinterest
via pinterest.com

Kamu yang suka main game RPG pernah dengar istilah berserker ‘kan? Mereka itu hero yang biasanya punya kekuatan paling dahsyat dan membawa kapak besar. Faktanya, istilah tersebut terinspirasi dari sebutan untuk ksatria paling kuat dalam bangsa Viking.

Kata “berserker” sendiri kemudian dipakai dalam bahasa Inggris, “berserk“, yang artinya mengamuk. Wuihh, kebayang seremnya ya gerombolan berserker ini.

7. Bangsa Viking sudah menemukan Amerika Utara 500 tahun sebelum Christoper Columbus

trbimg
via trbimg.com

Penjelajah asal Norwegia, Leif Erikson, sudah menemukan Amerika Utara jauh lebih dulu dariĀ  Christoper Columbus. Lebih tepatnya, Erikson menemukan Benua Amerika 500 tahun lebih awal dari Columbus.

Vinland, itulah nama yang biasa dipakai bangsa Viking untuk menyebut Amerika Utara.

8. Bangsa Viking mengambil nama Dewa Petir Thor sebagai penamaan hari, dan jadilah “Thursday”

fanpop
via fanpop.com

Yap, hari Kamis dalam bahasa Inggris, Thursday, berasal dari nama Dewa Petir dalam mitologi Skandinavia, Thor.

9. Kebanyakan bangsa Viking adalah petani yang hidup dalam kedamaian, bukan perompak atau ksatria

vikings-farmers
via allthatinteresting.com

Hanya sebagian saja dari orang-orang Viking yang memilih menjadi perompak atau ksatria. Sedangkan sisa populasinya berasal dari kalangan petani yang cinta damai.

Nah, itu tadi beberapa fakta unik dan menarik dari bangsa Viking, guys. Jadi gimana, persepsi kamu soal bangsa yang satu ini, sudah berubah atau masih tetap sama?

Yaah, kita memang nggak bisa begitu saja melupakan kebrutalan dan kebengisan mereka sih.

Komentar:

Komentar