Sempat Viral, 14 Foto yang Dipercaya Banyak Orang Ini Ternyata Cuma Editan

Kapan ya ada sapi yang mau naik motor saya?

:

Di era serba digital ini, di saat banyak unicorn yang online-online itu berkeliaran, berbagai macam informasi bisa menyebar dengan cepat banget. Hanya butuh beberapa detik, satu informasi bisa jadi viral, lalu memuncaki daftar trending topic. Yaah, walaupun beberapa hari kemudian, itu informasi langsung terlupakan begitu aja sama kita. Cepat viralnya, cepat dilupakan.

Hal yang sama juga berlaku buat 14 foto yang akan kita bahas di artikel ini. 14 foto berikut sempat viral di dunia maya. Banyak orang yang dibikin percaya pula, biarpun apa yang mereka lihat dalam foto-foto ini anehnya nggak terkira.

Mungkin dulu kamu juga pernah lihat foto-foto viral yang ternyata cuma hasil editan photoshop ini. Monggo kamu cek sendiri.

1. Kucing dengan raut muka marah

via boredpanda.com

Foto kucing yang satu ini viral karena raut muka marahnya. Lihat tuh, alisnya sampai melinting begitu. Atau jangan-jangan dia lagi nahan berak? Entahlah.

Padahal nih, aslinya kucing ini cuma punya pola dan warna bulu yang unik di bawah hidungnya, seakan berbentuk kumis. Alisnya yang seperti uban itu cuma hasil editan.

2. Atraksi memasak nasi goreng

via boredpanda.com

Sekilas, foto ini menunjukkan seorang laki-laki yang skill memasaknya bisa dibilang udah mencapai tingkat dewa. Tapi tahukah kamu, apa yang ada di gambar itu hanya ilusi semata? Lihat aja gambar di sebelahnya. Nasi goreng yang ada di foto sebelah kiri itu sebenarnya diambil dari foto pajangan.

Foto viral ini berasal dari dua Youtuber asal Jepang, MTV Tokyo Fried Rice Guys, yang membikin prank tentang memasak nasi goreng.

3. Awan lentikular di atas Gunung Fuji

via boredpanda.com

Awan berbentuk piring raksasa yang mengitari gunung memang terlihat indah. Tapi ada saja yang iseng mengeditnya lagi. Alhasil, dengan sentuhan photoshop, awan letikular yang ada dalam foto dibuat jadi berlipat ganda dan menumpuk ke atas.

Sebagus apa pun fotonya, itu cuma editan belaka. Itu terlalu indah untuk menjadi kenyataan.

4. Perempuan yang berpose seperti kodok

via boredpanda.com

Saat pertama kali melihat foto sebelah kiri, muncul pertanyaan dalam benak saya, “Ini orang ngapain sih jongkok-jongkok gitu!?” Saya sampai terinspirasi buat mengikuti posenya kalau nanti nyetor uang di bank. Tapi akhirnya nggak jadi, karena saya masih punya rasa malu.

Iya lah, apalagi pas saya tahu foto itu cuma editan.

5. Singa putih mungkin kamu pernah lihat, kalau hitam?

via boredpanda.com

Selama ini, yang kita tahu singa itu kebanyakan berwarna coklat, seperti warna cokelat Susu Bendera. Beberapanya ada juga yang berwarna putih, seperti warna putih Susu Bendera.

Nah, kalau singa warna hitam, apa kamu pernah lihat? Kalau jawabannya nggak, nggak masalah kok. Singa hitam memang nggak pernah ada. Singa hitam yang ada di foto sebelah kiri itu aslinya singa putih yang “dicat” jadi hitam dengan photoshop.

Mau warna singanya diubah jadi merah, kuning, atau hijau juga bisa. Zaman sekarang mah tinggal edit.

6. Bulan yang bertengger di puncak gedung

via boredpanda.com

Hayo ngaku, kamu pasti pernah berfoto dengan pose tangan menengadah ke atas sambil pura-pura megang bulan atau matahari? Mungkin gedung yang ada di Dubai ini juga pengin fotonya Instagrammable. Sampai-sampai dia minta fotonya diedit supaya kelihatan lagi menopang bulan.

7. Kampanye lingkungan hidup #10yearschallenge

via boredpanda.com

Mungkin saat pertama melihat foto 10 years challenge ini kamu terenyuh. Pasalnya, foto itu memperlihatkan kondisi hutan 10 tahun lalu yang masih rimbun dengan pepohonan. Sedangkan sekarang, hutan itu nampak gundul seperti Saitama di One Punch Man.

Tapi sayang, foto yang ada di bagian atas itu sebenarnya diambil di tahun yang sama, hanya dibagi menjadi dua.

8. Atlet sepeda dikejar beruang

via boredpanda.com

Apa yang akan kamu lakukan kalau kamu ada di posisi atlet sepeda di atas? Di kejar beruang buas, tanpa mikir panjang kamu pasti akan berusaha menjauh.

Tenang aja, beruang itu nggak beneran memburu si atlet kok. Perhatikan baik-baik, kelihatan banget kalau gambar si pesepeda cuma ditempel. Lagian masa sih ada orang yang bersepeda di kondisi bersalju gitu, di tempat yang sunyi pula.

9. Jerapah kerdil

via boredpanda.com

Jerapah itu identik dengan kaki dan leher yang tinggi menjulang. Nah, kalau kamu menemukan gambar jerapah bertubuh pendek, apa kamu percaya?

Bisa saja kamu mengira jerapah kerdil itu benar-benar ada. Teori evolusi Darwin pun pernah menyebutkan adanya jerapah berbadan pendek. Tapi foto yang ini udah dipastikan hasil rombakan photoshop.

10. Penemuan tengkorak raksasa

via boredpanda.com

Di internet, bukan cuma satu atau dua foto yang menunjukkan penemuan tengkorak raksasa. Jumlahnya lumayan banyak, dan lumayan banyak juga orang yang percaya. Padahal belum tentu penemuan itu benar adanya ‘kan? Contohnya kayak foto di atas.

Berkat tangan dengin dan skill photoshop yang tinggi, voila! Terciptalah foto yang seakan berisi gambar tengkoraknya Goliath.

11. Pulau berbentuk bulan dan bintang

via boredpanda.com

Pulau berbentuk bulan memang ada, tepatnya Pulau Molokini yang terletak di antara Pulau Maui dan Kahoolawein, Hawaii. Nah, kalau yang bentuknya bintang? Nggak ada! Itu hanya akal-akalan netizen warganet yang iseng menyandingkan pulau bintang di samping pulau berbentuk bulan.

Biar apa ya? Biar pulaunya terlihat punya pasangan gitu? Hadeh.

12. Mobil yang ditumpaki seekor sapi

via boredpanda.com

Saya nggak punya komentar untuk foto yang satu ini. Saya cuma punya satu pertanyaan: Gimana ceritanya ada sapi yang dengan santainya duduk manis di atas mobil?

Humor bisa datang dari mana aja ya.

13. Einstein bersepeda menjauhi ledakan bom

via boredpanda.com

Entah apa niat orang yang mengedit foto ini. Albert Einstein diposisikan sedang menjauhi sebuah ledakan, mirip adegan di film action gitu. Padahal aslinya, foto Einstein bersepeda dan kejadian ledakan itu terjadi di waktu dan tempat berbeda. Usut punya usut, ledakan itu terjadi tujuh tahun setelah Einstein wafat.

Jadi, mana mungkin beliau bisa ada di lokasi ledakan sambil bersepeda dengan ceria?

14. Gunung berbentuk muka kura-kura

via boredpanda.com

Bukan, apa yang kamu lihat di foto pertama bukan gunung yang diukir jadi berbentuk muka kura-kura. Itu juga bukan markas penjahat yang tergabung di organisasi misterius. Seperti semua foto yang ada di daftar ini, foto gunung kura-kura juga merupakan hasil editan.

Bisa kamu lihat dari foto di bawahnya ‘kan?

Sebagai warganet yang budiman, jangan sampai kita gampang tertipu sama foto-foto yang nampak unik, menarik, aneh, dan sebangsanya. Ada baiknya semua informasiĀ  kita verifikasi dulu, baru deh bisa dipercaya.

14 Shares

Komentar:

Komentar