Keren tapi Seram, Begini Penampakan 9 Makhluk Mitologi dari Berbagai Penjuru Dunia

Mana yang paling menyeramkan?

:

Setiap negara memiliki “monster” atau makhluk mitologinya masing-masing. Indonesia sendiri punya sebatalion makhluk mitologi yang bentuk dan sifatnya beraneka rupa. Sebut saja Ahol dari Jawa Barat, Leak dari Bali, Banaspati dari tanah Jawa, hingga Babi Ngepet yang hobi banget melakukan ritual pesugihan.

Ternyata negara-negara lain pun punya makhluk mitologi yang kisah dan wujudnya nggak kalah menyeramkan. Sayangnya, nggak ada dari mereka yang suka ngepet.

Pasti penasaran bagaimana penampakan mereka ‘kan? Dilansir dari Bored Panda, berikut 9 monster mitologi dari berbagai penjuru dunia yang digambarkan dalam ilustrasi karya Tsuyoshi Sano.

1. Goblin

via boredpanda.com

Bukan, ini bukan Goblin tampan di drama Korea yang diperankan Gong Yoo. Goblin yang satu ini adalah makhluk mitologi yang dianggap jahat. Tapi sebagian orang ada juga yang menganggapnya sebagai mahkluk yang bijaksana.

Goblin ini udah kayak raja di dongen-dongeng ya. Arif, adil, dan bijaksana. Sayang mereka nggak tampan.

2. Siren

via boredpanda.com

Siren merupakan mahkluk yang berasal dari mitologi Yunani. Siren dipercaya akan menyanyikan lagu memikat yang membuat para pelayar terbuai hingga kapal mereka menabrak karang, kemudian tenggelam. Serem juga ya…

Jadi penasaran, lagu apa yang suka dinyanyikan Siren? Apa lagu Ada Apa Denganmu-nya Peterpan? Kayaknya keren ya kalau mereka nyanyi lagu itu. Pelayar pun sampai terpukau karenanya.


3. Gorgon

via boredpanda.com

Nama Gorgon berasal dari bahasa Yunani “gorgos” yang artinya “mengerikan”. Makhluk mitologi ini memiliki rambut berupa ular berbisa dengan pandangan mata yang bisa mengubah siapa pun menjadi batu. Kamu juga mungkin mengenal salah satu Gorgon yang paling terkenal, yakni Medusa.

Ngomong-ngomong, Medusa tuh nggak pernah cukur rambut ya? Dia kalau keramas pakai sampo apa?

4. Banshee

via boredpanda.com

Banshee merupakan makhluk legenda yang dipercaya masyarakat Irlandia zaman dulu. Konon, mahkluk yang tampangnya nggak ada cantik-cantiknya ini suka menakut-nakuti dan mendatangi rumah korbannya sebanyak tiga kali sebelum mencabut nyawa mereka.

Kenapa mesti tiga kali? Mungkin Banshee termasuk orang yang menganut ideologi third time’s a charm.

5. Werewolf (atau Manusia Serigala ganteng-ganteng)

via boredpanda.com

Jika di Indonesia ada manusia harimau Cindaku, negara barat percaya pada keberadaan manusia serigala. Konon katanya, setiap kali bulan purnama menampakkan batang hidungnya, mahkluk yang sebelumnya seorang manusia ini akan berubah menjadi serigala. Serigala yang berdikari, berdiri di atas dua kakinya sendiri.

6. Black eyed children

via boredpanda.com

Black eyed children alias anak bermata hitam merupakan legenda urban yang cukup populer di luar negeri. Meskipun disebut sebagai kisah karangan semata, nggak sedikit yang mengaku bertemu dengan makhluk ini.

Kalau saya lebih suka mengaku-ngaku pernah ketemu sama Cristiano Ronaldo. Nggak ada untungnya juga ngaku-ngaku pernah ketemu sama orang yang matanya hitam.

7. Kitsune

via boredpanda.com

Kitsune dalam cerita rakyat Jepang merupakan sebutan untuk siluman rubah yang bisa menjelma menjadi manusia. Wujudnya sendiri bisa berupa laki-laki atau perempuan. Saya masih belum tahu apa mereka bisa berubah wujud jadi banci atau nggak.

8. Wendigo

via boredpanda.com

Wendigo (jangan tertukar sama indigo) merupakan makhluk mitologi yang berasal dari Algonquian, salah satu suku penduduk asli Amerika Utara. Makhluk ini asalnya manusia biasa. Tapi mereka berubah jadi Wendigo karena terlibat kanibalisme.

Wendigo pernah jadi bintang tamu di game Until Dawn. Penampilan mereka di game itu sangat karismatik.

9. Reaper

via boredpanda.com

Reaper atau disebut juga sebagai Grim Reaper merupakan mahkluk menyeramkan yang dipercaya sebagai pencabut nyawa dalam budaya Barat. Biasanya tubuh mereka digambarkan berbentuk kerangka yang dilapisi tudung hitam. Mereka juga suka membawa-bawa sabit atau arit raksasa. Saya nggak tahu untuk apa arit raksasa itu. Tapi yang jelas, barang itu nggak digunakan buat membacok orang.

Kesembilan makhluk di atas dipercaya sebagai kisah legenda semata. Meski begitu, kisah-kisah menyeramkan tentang mereka telah mendunia. Nggak sedikit karya fiksi seperti novel atau film yang menjadikan mereka sebagai karakternya.

Lantas, bagaimana dengan kamu? Percayakah dengan keberadaan mereka atau hanya mengangapnya sebagai kisah legenda semata?

Komentar:

Komentar