6 Foto Misterius yang Katanya Sulit Dijelaskan, tapi Faktanya…

via anomalyinfo.com

:

Kita semua tahu, banyak banget hal-hal misterius di dunia yang belum terungkap hingga sekarang. Bahkan identitas ayam yang jadi model di mangkuk bakmi saja masih belum diketahui.

Tapi karena saya orangnya mengidolai Detektif Conan, saya selalu berusaha menemukan jawaban dari setiap misteri. Seperti 6 foto misterius ini misalnya. Awalnya foto-foto ini diselimuti dengan misteri yang mengundang desas-desus, terutama dari penggiat teori konspirasi. Namun seiring berjalannya waktu, kita pun bisa mendapat fakta yang sesungguhnya di balik misteri 6 foto ini.

Jadi, yuk kita cari tahu fakta-faktanya.

1. The Cooper Family Falling Body

via anomalyinfo.com

Pada 15 Oktober 2013, foto di atas menimbulkan sensasi di seluruh dunia setelah dirilis di situs AcidCow dan Playground. Orang-orang yang melihat foto ini pasti penasaran, kenapa dan siapa sosok misterius yang terlihat jatuh dari langit-langit rumah itu?

Satu teori bilang kalau sosok misterius di foto keluarga Cooper itu adalah mayat seorang pria. Entahlah, mungkin roh? Meski begitu, berbagai teori dan kisah tentang foto ini tak pernah dikonfirmasi kebenarannya. Keberadaan keluarga Cooper yang dicatut dalam cerita juga tak pernah terekspos.

Kebenaran mulai terkuak saat satu thread di Metabunk dibentuk untuk menginvestigasi foto keluarga Cooper. Setelah empat bulan terbentuk, di tanggal 20 Mei 2015 muncul anggota baru bernama Robert C yang menjadi kunci terkuaknya misteri. Ternyata ia adalah salah satu anak dalam foto. Robert membantah kisah dan teori yang beredar sebelumnya, sekaligus memberi foto yang asli tanpa sosok misterius.

via anomalyinfo.com

Para anggota forum juga berhasil menguak foto palsu yang dibuat dengan menggabungkan gambar dari beberapa foto asli. Begitu juga dengan sosok misterius yang merupakan gambar seorang balerina yang telah dimanipulasi.


via x-files.org.ua

2. Struktur Piramida di bulan

via nasa.gov

Foto ini adalah salah satu dari beberapa foto yang dirilis NASA pada misi Apollo 17. Awalnya tak ada yang aneh dengan foto dengan kode AS17-135-20680HR ini. Tapi keadaan mulai gaduh saat beberapa orang merasa ada objek misterius dalam foto. Mereka mengklaim melihat struktur berbentuk seperti piramida.

Para penganut teori konspirasi berpendapat itu adalah bukti adanya kehidupan di luar bumi. Mereka juga turut menuduh NASA dan pemerintah Amerika Serikat menutup-nutupi hal tersebut.

NASA nggak tinggal diam. Mereka membantah tuduhan tersebut. Kata NASA, itu hanyalah gambar lantai LRV, kendaraan bulan yang mirip dengan buggy di game PUBG.

Lantas siapa yang benar? NASA atau para penggiat konspirasi?

Memang jika kita lihat secara seksama, di foto itu samar-samar terlihat objek yang mirip piramida. Tapi tentu saja itu bukan piramida. Kita merasa itu adalah piramida karena pengaruh fenomena psikologis yang dinamakan pareidolia. Kamu pernah melihat awan yang berbentuk seperti hewan? Nah, itulah yang disebut pareidolia.

Begitu juga dengan foto tersebut, yang karena diambil saat kondisi kurang baik, citra gambarnya jadi kurang jelas. Kualitas gambar yang buruk menimbulkan persepsi sebuah objek baru. Dan karena otak kita mengenal bentuk piramida, jadilah objek di dalam foto itu kita anggap sebagai piramida. Tapi, kenyataannya itu memang lantai LRV.

3. Hipster penjelajah waktu

via virtualmuseum.ca

Foto dari tahun 1940-an ini bikin heboh di tahun 2011 lalu. Coba kamu perhatikan, di foto itu ada pria yang pakai kaos, blazer, dan kacamata yang stylish. Banyak orang merasa gaya pria itu jauh lebih modern dari masanya. Ia juga membawa-bawa kamera yang terlihat cukup canggih.

Karena itu pula, orang-orang menyebut pria itu dengan julukan penjelajah waktu. Apalagi setelah NTV Rusia menyatakan foto pembukaan jembatan South Fork di British Columbia ini asli, makin bikin heboh tuh.

Ya, foto ini memang autentik, tapi si penjelajah waktu itu hanya pria biasa pada umumnya. Gaya berpakaiannya juga sebenarnya lazim pada masa tersebut. Mulai dari kaos, blazer, kacamata, hingga kamera portabel, semuanya sudah ada pada masa itu.

via snopes.com

4. Solway Firth Spaceman

via bbc.com

Di musim panas yang cerah tahun 1964, Jim Templeton memotret putrinya saat mereka piknik di Burgh Marsh, Inggris. Tapi setelah fotonya dicetak, seketika seluruh dunia menjadi gempar.

Dalam foto tersebut terlihat sosok misterius mirip astronot berada di belakang putrinya. Templeton mengaku mengambil tiga foto saat piknik. Tapi hanya satu foto yang menunjukkan kejanggalan. Padahal di tahun 1964, pakaian astronot belum berbentuk seperti itu. Dan bahkan misi ke bulan baru terjadi lima tahun setelahnya.

Sampai pada tahun 2014 yang lalu, misteri astronot ini terjawab oleh David Clarke, penulis dari The Ufo Files. Menurutnya sosok yang terlihat di belakang gadis itu adalah istrinya Templeton yang tak sengaja masuk ke dalam bidikan kamera.

via ameblo.jp

Karena foto dengan cahaya cukup terang dan kemampuan kamera yang kurang dalam mereduksi cahaya, membuat istrinya Templeton terlihat seperti astronot. Apalagi saat itu ia mengenakan baju biru muda, yang dapat dengan mudah terlihat menjadi lebih terang saat terkena cahaya.

5. The Black Knight Satellite

via wikipedia.com

The Black Knight Satellite, begitu julukan yang diberikan penggiat teori konspirasi untuk foto ini. Obejak yang ada di foto sebenarnya sudah dikonfirmasi oleh NASA sebagai selimut termal yang berasal dari bekas misi luar angkasa.

Tapi para “aktivis” teori konspirasi tak mau percaya begitu saja dengan klaim NASA. Bahkan mereka menyebut objek tersebut merupakan satelit dari luar bumi yang telah mengorbit selama 13.000 tahun lamanya. Kalau dilihat-lihat, objek tersebut memang seperti benda luar angkasa yang biasa ada dalam film fiksi fantasi. Tapi, benarkah begitu?

Yang harus kita fokuskan adalah klaim NASA mengenai selimut termal. Selimut termal berbentuk lebih fleksibel saat terpisah dari objek yang melekat padanya. Itu membuatnya bisa berubah bentuk menjadi seperti apa saja, mengikuti gaya yang memengaruhinya.

via earthmysterynews.com

Kemudian, jika kita melihat seluruh foto yang diklaim merupakan satelit Black Knight, sebenarnya dengan sadar kita tahu bahwa bentuk objek tersebut berubah-ubah di setiap foto. Wartawan James Oberg bahkan berpendapat bahwa “Satelit Black Knight” sebenarnya adalah selimut termal yang hilang dari misi Jerry L. Ross dan James H. Newman.

6. Flying Humanoid Dementor-ish

via mysteriousuniverse.com

Kamu pasti tahu dong dengan sosok Dementor yang ada di Harry Potter. Tepatnya 2017 lalu, sosok yang mirip Dementor membuat gempar internet saat penampakannya muncul di atas langit Zambia.

Dalam foto tersebut terlihat sosok humanoid terbang berukuran raksasa muncul di dekat pusat perbelanjaan di Zambia. Layaknya kebanyakan foto yang mendapat cap misterius, foto ini juga diikuti dengan kisah latar belakang yang cukup dramatis.

Katanya, waktu itu tiba-tiba saja muncul sosok dementor di langit Zambia. Orang-orang yang melihatnya langsung gempar. Ada yang menyembahnya, sedangkan sebagian lainnya lari ketakutan.

Apakah benar sosok itu adalah Dementor? Tentu saja bukan. Karena meskipun objek dalam foto itu asli, ada campur tangan Photoshop di dalamnya. Objek yang disebut-sebut sebagai Dementor itu sebenarnya adalah layang-layang berbentuk manusia yang dinamakan Spirit Man Kite.

via martinlester.co.uk

Layang-layang tersebut kemudian digabung dengan foto latar pusat perbelanjaan yang menunjukkan awan yang cukup pekat. Dengan sedikit editing, foto itu pun berubah menjadi pemandangan yang terasa nyata dan menakutkan.

Foto adalah media yang memang kerap kali lebih banyak berbicara dibanding kejadian asli yang ada di baliknya. Begitulah kekuatan foto, sisi “magisnya” bahkan bisa dibikin menjadi artikel dengan judul yang bombastis.

Reza Alif :Writer, Cat Lover, Photography Enthusiast, Gamer, and J-music Lover "When people called me freak, I close my eyes and laughed, because they are blinded to happiness." -Hideto Matsumoto-