Beda dari yang Lain, 7 Makhluk Mitologi Jepang Ini Punya Bentuk dan Perilaku Super Aneh!

Nyoijizai... malang nian nasibmu

Kamu pasti sering melihat berbagai makhluk mitologi yang memiliki bentuk aneh dan menyeramkan di filmfilm. Misalnya Medusa dan Chimera berasal dari mitologi Yunani. Ada juga Unicorn, kuda bertanduk yang berasal dari cerita rakyat Skotlandia.

Lain di Eropa lain pula di Asia. Di benua kuning yang kita tempati ini ada beberapa makhluk mitologi yang nggak kalah unik dari yang ada di Eropa. Misalnya naga (Tiongkok) dan Gumiho (Korea) yang berbentuk manusia rubah berekor sembilan. Tapi jika dilihat dari keanehan bentuk dan perilaku, Jepang kayaknya punya deretan makhluk mitologi yang bisa bikin kamu terkejut saking anehnya. Penasaran sama keanehan monster dari cerita rakyat Jepang? Coba kamu simak dulu daftar di bawah ini.

1. Shirime

via hyakumonogatari.com

Shirime merupakan hantu laki-laki yang memiliki bola mata besar di bagian anusnya (jujur, saya sedikit tergelitik saat membayangkannya).

Mungkin kamu juga dibuat geli dengan lihat penampakan dari makhluk ini. Dan kamu pun mungkin penasaran bagaimana ceritanya ada makhluk yang punya mata di bokong? Tapi sayangnya, sumber teks kuno Jepang yang menceritakan tentang Shirime sedikit banget.

Penyair dan pelukis bernama Yosa Buson pernah menceritakan kalau ada samurai yang bertemu dengan laki-laki telanjang di malam hari. Laki-laki itu langsung menungging memperlihatkan bola mata raksasa yang menyala di bagian anusnya, membuat Samurai itu segera melarikan diri. Sejak itu Shirime tak pernah terlihat lagi.

2. Nyoijizai

via amorq.com

Nyoijizai adalah arwah penggaruk punggung. Satu-satunya kekuatan yang dimiliki Nyoijizai yaitu menggaruk bagian punggung yang tidak terjangkau oleh tangan. Kamu bisa saja menyamakan Nyoijizai dengan tongkat penggaruk punggung, karena keduanya memang punya fungsi yang sama.

- Advertisement -

Hmm… tapi kalau punggung Nyoijizai gatal, kira-kira siapa dong yang menggaruknya? Dan gimana jadinya ya kalau Nyoijizai dijadikan film? Sepanjang 90 menit kita bakal nontonin monster garuk-garuk punggung orang lain?

3. Futakuchi Onna

via curiator.com

Disebut juga wanita bermulut dua; memiliki satu mulut normal di bagian wajah dan satu lagi di bagian belakang kepalanya. Di beberapa cerita disebutkan kalau mulut kedua memaksa si wanita untuk makan lebih banyak dan menjadi lebih rakus. Di cerita lainnya, Futakuchi Onna dijelaskan sebagai seorang wanita yang dikutuk sehingga memiliki dua mulut. Mulut keduanya memiliki pemikiran sendiri dan sering berkata kasar kepada inangnya. Konon, mulut kedua itu lahir dari arwah anak-anak yang dibiarkan mati kelaparan oleh ibu mereka.

4. Nuppeppo

via flickr.com

Nuppeppo adalah monster berbentuk gumpalan daging dan lemak, Nuppeppo terkadang memiliki lipatan lemak yang membentuk kaki, tangan, dan wajah. Tak diketahui bagaimana Nuppeppo tercipta, tapi legenda mengatakan kalau ia terbuat dari daging manusia yang telah meninggal. Nuppeppo merupakan makhluk yang tak berbahaya bagi manusia, tapi baunya busuk menyengat. Konon, manusia yang berani memakan daging Nuppeppo bisa hidup abadi. Hmm… apa kamu berani makan daging Nuppeppo?

5. Kasa-obake

via japanesestation.com

Kamu yang sering nonton anime pasti sudah nggak asing lagi sama makhluk yang satu ini ‘kan? Kasa-obake merupakan salah satu jenis Tsukumogami; benda mati yang menjadi hidup setelah berumur lebih dari 100 tahun. Setelah 100 tahun, benda mati akan diisi oleh arwah gentayangan sehingga menjadi monster. Dan anehnya, dalam sejarah Jepang payung adalah benda yang paling awet dan sering dirasuki oleh setan. Oleh karena itu nama payung yang menjadi monster dinamakan Kasa-obake. Nama tersebut juga digunakan untuk membedakan payung dengan benda Tsukumogami lainnya.

6. Makura-Gaeshi

via listverse.com

Makura-gaeshi adalah setan jahil yang suka memindahkan bantal di saat seseorang sedang tidur. Beberapa cerita mengatakan kalau Makura-gaeshi juga gemar menaburkan pasir ke mata korban dan mencuri arwah manusia. Meskipun begitu, mereka lebih dikenal sebagai setan pemindah bantal. Ketika korban tidur, Makura-gaeshi akan memindahkan bantal hingga ke bawah kasur.

Tiga kata buat Makura-gaeshi: kurang kerjaan lu.

7. Mokumokuren

via rearfront.com

Mokumokuren adalah hantu yang terlahir dari kecerobohan pemilik rumah ketika menggunakan pintu geser. Saat kertas pada pintu di dalam rumah berlubang, Mokumokuren akan mengisi lubang tersebut dengan bola matanya yang menyeramkan. Mata itu akan menyaksikan apa pun yang terjadi di dalam rumah.

Meskipun Mokumokuren tak berbahaya, tapi tetap saja penampakannya bisa membuat bulu kuduk penghuni rumah berdiri tegak. Lagian gimana rasanya jika ada bola mata yang mengintip saat kita lagi melakukan hal-hal pribadi? You know what I mean… pasti rasanya risih dan nggak nyaman banget.

Itu dia 7 makhluk mitologi super aneh dari cerita rakyat Jepang. Kira-kira makhluk mana yang paling kelihatan aneh? Kalau pilihan saya sih itu tuh, hantu yang kerjaannya garukin punggung orang.

- Advertisement -
Shares 13

Komentar:

Komentar