Asal-Usul Meme: Makna dan Sejarah di Balik Gambar yang Bisa Bikin Kamu Ngakak

Suka liat-liat meme wajib tahu sejarahnya dong

Belum lama ini calon wakil presiden Sandiaga Uno mengutarakan keresahannya perihal tempe. Kata beliau, zaman sekarang “Tempe udah setipis kartu ATM.” Kenapa beliau berkata demikian itu lain lagi ceritanya. Tapi kata-kata Pak Sandiaga Uno itu sanggup menginspirasi lahirnya meme lucu yang berseliweran di internet. Salah satunya…

via liputan6.com

Di era digital ini, meme udah jadi bagian dari cara berkomunikasi generasi millennial. Terbukti pas ngelihat meme lucu, pasti kamu nggak ragu buat share meme itu ke teman-temanmu. Iya nggak?

Sebagai kaum yang nggak bisa bernapas tanpa internet dan meme, alangkah baiknya kalau kita tahu sejarah meme. Apa sih makna meme sebenarnya? Siapa yang menemukan istilah ‘meme’? Lalu seperti apa meme pertama yang muncul di internet?

via techly.com.au

Meme itu apa sih?

Seriusan kamu masih nggak tahu apa itu meme? Baiklah, kita telusuri penjelasannya.

Kata ‘meme’ pertama kali digunakan dalam buku The Selfish Gene yang ditulis evolusionis Richard Dawkins. Dawkins mengartikan meme sebagai “gagasan, perilaku, dan gaya yang menyebar (dari satu orang ke orang lain) di dalam suatu kebudayaan“. Dari pernyataan Dawkins itu kita bisa ambil kesimpulan kalau meme punya karakteristik utama: viral (menyebar dalam suatu budaya). Tapi sepertinya definisi Dawkins terlalu luas buat menjelaskan meme yang lebih spesifik kayak meme internet.

Melansir dari laman Lifewire, meme internet bisa diartikan sebagai konsep atau ide yang diekspresikan melalui konten di web. Bentuknya bisa berupa foto, video, GIF, frasa/kalimat, tokoh fiksi, binatang, lagu, dan masih banyak lagi.

“Lho, kalau gini foto yang saya upload juga tergolong meme internet dong?”

Nggak begitu juga. Suatu konten bisa masuk kategori internet meme jika netizen membagikannya secara massal di media sosial. Meme internet wajib punya efek humor (kayak sarkasme dan hiperbola) dan berkaitan dengan kehidupan masyarakat luas atau isu-isu terkini.

Setiap meme internet pasti punya asal-usul tersendiri. Tapi umumnya, suatu meme muncul di internet tanpa kita tahu siapa yang bikin dan ngunggah. Meme itu ibarat kentut di kegelapan; nggak tahu datangnya dari mana tapi efeknya luar biasa.

Meme itu ternyata punya sisi misterius ya? Ya sudahlah, mending sekarang kita bahas asal-usul 5 meme bersejarah. Check this out!

1. Baby Cha-Cha-Cha (1996)

via imgur.com

Banyak sumber yang mengatakan kalau Baby Cha-Cha-Cha (disebut juga Dancing Baby) adalah meme pertama yang viral di internet. Meme ini berisi animasi bayi yang lagi menari dengan lincahnya kayak orang dewasa.

Jadi ceritanya, di tahun 1996 desainer grafis Michael Girrard merancang Baby Cha-Cha-Cha untuk perusahaannya. Girrard ingin membuktikan kalau gerakan tubuh bisa diprogram dan diproyeksikan melalui komputer. Bangga dengan karya anak buahnya, atasan Girrard mengirim video bayi menari ke beberapa pengembang lewat e-mail (buat dipamerin).

Nggak disangka, salah satu penerima e-mail itu mengubah format video Baby Cha-Cha-Cha ke dalam bentuk GIF. Semenjak itu orang-orang mulai rajin share animasi bayi menari tersebut. Dan akhirnya Baby Cha-Cha-Cha pun jadi viral di internet.

2. All Your Base Are Belong to Us (1998)

via ronnestam.com

Mungkin meme di atas terasa asing buat kamu. Tapi nyatanya All Your Base Are Belong to Us pernah jadi hits di forum-forum internet sejak tahun 1998 sampai 2000. Sementara itu judul meme diambil dari slogan di Zero Wing, video game asal Jepang tahun 1989.

Terus apa yang bikin slogan itu jadi meme internet?

Semua itu bermula dari kesalahan grammar di terjemahan bahasa Inggris game Zero Wings. Slogan itu seharusnya berbunyi “All your bases are belong to us.” Yaa, walaupun terkesan garing, sampai sekarang kamu masih bisa nemu slogan ini di Twitter, Facebook, atau Tumblr.

3. Rage Comics (2008)

via blogs.harvard.edu

Ini dia karakter-karakter komik yang menghiasi laman 9Gag di awal masa kejayaannya. Ekspresi karakter kayak Troll Face, Forever Alone Face, dan Bitch Please ala pemain basket Yao Ming, sering dijadikan meme yang berkaitan dengan masalah manusia sehari-hari. Biasanya selalu dibumbui oleh punchline yang bikin ngakak di ujung cerita.

Komik Rage pertama kali muncul tahun 2008 di bagian b/board forum 4Chan.

4. Grumpy Cat (2012)

“Aku suka suaramu sewaktu kamu diam”/via knowyourmeme.com

Nah, ini dia kucing yang suka ngomel, judes, dan kayaknya benci sama manusia. Tapi nggak apa-apa, toh foto-fotonya selalu bisa bikin netizen ketawa. Apalagi kalau udah ditambahin caption bernada sinis kayak di atas.

Foto Grumpy Cat pertama kali diunggah di forum Reddit tahun 2012. Pemilik kucing itu sendiri adalah wanita asal Amerika Serikat, Tabatha Bundesen. Saat fotonya pertama kali diunggah adik Bundesen, ekspresi kesal Grumpy Cat langsung menyedot perhatian pengguna forum Reddit dan jadi viral.

5. Bad Luck Brian (2012)

“Pakai nama sendiri sebagai pasword, tapi lupa”/via imgflip.com

Kalau foto kamu dijadikan meme, artinya kamu apes. Tapi di dunia meme, foto Bad Luck Brian mewakili kata ‘apes’ itu sendiri. Kayaknya dia lebih apes dari orang-orang apes deh. Di setiap meme-nya Brian selalu punya cerita-cerita sial yang di luar nalar.

Anyway, cowok pirang ‘macho’ di meme Badluck Brian itu sebenarnya mahasiswa asal Ohio, Amerika Serikat bernama Kyle Craven. Pada Januari 2012, teman Craven usil mengunggah foto dia (dari buku taunan sekolah) ke forum Reddit. Bahkan dengan sadisnya teman Craven nambahin caption di foto Craven yang lagi tersenyum sumringah itu:

“Nyoba kentut diem-diem di kelas, eh malah berak.”

Nah, itu dia sejarah singkat meme dan beberapa populer yang sempat memeriahkan jagat hiburan dunia maya. Kira-kira mana nih meme favorit kamu?

 

- Advertisement -
Shares 14

Komentar:

Komentar