7 Peristiwa Kebetulan Paling Gila Sepanjang Sejarah, Mungkin Kamu Bakal Sulit Percaya

Ketika kenyataan lebih aneh daripada cerita fiksi

:

Di kehidupan sehari-hari, kita sering memakai kata “kebetulan” dalam obrolan. Contoh paling gampang ya kayak, kebetulan menemukan uang di jalan. Kebetulan ketemu teman lama waktu lagi BAB di toilet umum. Kebetulan ketemu calon jodoh selang beberapa menit setelah diputusin mantan. Kebetulan baca artikel yang membahas tentang kebetulan.

Tapi ada beberapa kebetulan yang terbilang cukup aneh di sepanjang sejarah umat manusia. Mungkin saat kamu membacanya, kamu bakalan dibuat pesimis duluan. “Masa sih bisa kayak gini banget? Too weird to be true dech kayaknya,” mungkin begitu respons kamu.

Hohoho, jangan salah, peristiwa-peristiwa yang bakal saya ceritakan memang benar adanya. Percaya nggak percaya, ini dia 7 ceritanya.

1. Prediksi The Simpsons tentang Donald Trump

via mentalfloss.com

Tahun 2000, episode The Simpsons yang berjudul “Bart to the Future” tayang untuk pertama kalinya di Fox. Episode tersebut menceritakan tentang Lisa – adik Bart Simpson – yang telah resmi dilantik jadi presiden Amerika Serikat untuk menggantikan presiden sebelumnya, Donald Trump.

Mungkin di waktu ketika episode ini tayang, orang-orang menganggap Trump jadi presiden AS sebagai lelucon belaka. Tapi lihatlah sekarang, siapa yang menjadi presiden Amerika Serikat?

Encep Hidayat!

Fun fact tambahan: di episode itu, Lisa mewarisi beban untuk menyelesaikan krisis setelah Donald Trump memorak porandakan perekonomian AS. Kedua,


2. Jim Lewis dan Jim Springer

via unbelievablefacts.com

Pada tahun 1940, dua anak laki-laki kembar di Ohio, Amerika Serikat, diadopsi secara terpisah oleh dua keluarga yang berbeda. 39 tahun kemudian, mereka akhirnya dipertemukan kembali. Patut dicatat, reuni mereka akhirnya menguak beberapa hal unik seputar kehidupan mereka selama terpisah satu sama lain.

Secara kebetulan, keduanya diberi nama Jim oleh orang tua angkat mereka; yang satu Jim Lewis dan yang satu lagi dinamai Jim Springer. Dua-duanya menempuh karier sebagai polisi dan mereka pernah menikah dengan perempuan yang sama-sama bernama Linda. Tapi itu masih belum seberapa.

Jim Lewis dan Jim Springer memiliki anak laki-laki yang namanya hampir mirip: James Allan dan James Alan. Setelah bercerai dengan Linda, mereka pun menikah lagi dengan wanita yang namanya sama, Betty.

Ini unik atau aneh sih? Mana kata yang tepat?

3. Waktu kematian Mark Twain

via cmgww.com

Kematian bisa datang kapan saja tanpa diduga-duga. Tapi, bagaimana jadinya kalau prediksi mengenai waktu kematian secara kebetulan bisa terjadi dengan akurat? Hal yang sama persis dialami oleh sastrawan kenamaan, Mark Twain.

Twain lahir di tahun 1835, tahun yang sama ketika komet Halley melewati orbit bumi. Di tahun 1909, ia sempat berujar kalau dirinya tahu kalau ia terlahir di saat komet Halley terbang melewati bumi. Lalu, entah apa yang merasukinya, ia pun berencana untuk meninggal tahun depannya. Alasannya, tahun tersebut adalah waktu ketika komet Halley akan kembali melintasi bumi untuk kedua kalinya.

Tak disangka-sangka, prediksinya jadi kenyataan. Mark Twain meninggal di tahun 1910. Apa ia udah janjian sama komet buat barengan meninggalkan bumi? Hmmm.

4. Tragedi anak kembar

via pexels.com

Peristiwa ini mengambil tempat di Bermuda pada tahun 1974. Saat itu seorang remaja yang lagi mengendarai motor tewas setelah ditabrak taksi. Anak itu bernama Neville Ebbin. Umurnya masih sangat muda, sekitar 17 tahun, saat meninggal di tanggal 30 Juli 1974.

Lalu satu tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 18 Juli 1975, saudara kembarnya yang bernama Erskine Ebbin tewas ditabrak oleh taksi yang sama dengan yang menabrak Neville. Dan taksi itu dikendarai oleh supir yang sama, dan tengah mengantar penumpang yang sama pula!

Jujur aja, ini kebetulan yang amat mencurigakan. Tapi cerita ini udah dikonfirmasi kebenarannya oleh media Bermuda, Royal Gazette.

5. Orang yang selamat dari dua serangan bom atom

via npr.org

Menyerahnya Jepang pada sekutu di Perang Dunia II ditandai dengan serangan bom atom ke dua kota di Jepang. Pada tanggal 6 Agustus 1945, Tsutomu Yamaguchi tengah mengerjakan urusan bisnisnya di Hiroshima. Ia sama sekali nggak menyangka hari itu Hiroshima akan digempur oleh Angkatan Udara AS. Puluhan ribu orang jadi korban serangan maha dahsyat tersebut. Tapi untungnya, Yamaguchi yang tengah dinaungi dewi fortuna jadi salah satu orang yang berhasil selamat.

Kata orang, keajaiban nggak akan datang dua kali. Tapi omong kosong itu nggak berlaku buat Yamaguchi. Dan itu terbukti tiga hari kemudian, tanggal 9 Agustus, ketika Yamaguchi pulang ke rumahnya yang berada di… Nagasaki. Yup, itu adalah daerah yang selanjutnya jadi sasaran pengeboman.

Terus gimana nasib Yamaguchi? Ia selamat dari serangan di Nagasaki dan kayaknya nggak begitu terkena dampak dari pengaruh radiasi. Yamaguchi meninggal di tahun 2010 saat usianya menginjak 93 tahun karena kanker perut.

6. Cerita novel Edgar Allan Poe

via biography.com

Selama berkarier sebagai seorang sastrawan, Edgar Allan Poe hanya menerbitkan satu karya novel yang berjudul The Narrative of Arthur Gordon Pym of Nantucket di tahun 1838. Ada satu bagian  pada novelnya yang menceritakan tentang sekumpulan awak kapal laut yang kelaparan karena terjebak di tengah lautan luas. Untuk bertahan hidup, mereka memutuskan untuk memakan salah satu awak kapal. Setelah ditentukan lewat undian, awak yang bernama Richard Parker-lah yang harus rela mengorbakan diri.

46 tahun setelah novel tersebut terbit, satu tragedi yang serupa dengan plot cerita novel karangan Poe menjadi kenyataan. Beberapa orang yang bekerja di kapal Mignonette terjebak di laut setelah diterjang badai dahsyat. Sama halnya dengan yang terjadi di novel, para awak kapal pun bertahan hidup dengan memakan rekan mereka.

Tebak siapa nama awak kapal yang dikorbankan? Richard Parker.

7. Pria dan balita

blitzlift.com

Anggap saja nama kamu adalah Joseph Figlock. Saat ini adalah tahun 1930, dan kamu sedang berjalan-jalan santai di Detroit, Amerika Serikat. Tapi tiba-tiba saja, sesosok balita berumur satu tahun terjatuh dari lantai empat, sebelum kemudian menimpa kepala kamu.

Beruntung, balita itu selamat. Sementara kepala kamu mungkin agak pusing setelah ditimpa bayi.

Satu tahun kemudian, kamu yang lagi asyik berjalan santai mendadak dikejutkan karena seorang balita lagi-lagi terjatuh dari lantai empat dan menimpa kepala kamu. Setelah dicek, ternyata itu balita yang sama dengan yang menimpa kepala kamu satu tahun lalu.

Sekali lagi, beruntung kamu dan si balita selamat. Hanya saja, mungkin kamu jadi kepikiran, “Apa kepala saya ini magnet buat bayi?”

Percaya nggak percaya, hidup memang penuh misteri. Ada beberapa hal di dalamnya yang nggak bisa dijelaskan dengan logika.

Komentar:

Komentar