Siapa Sangka, Ternyata 7 Peristiwa Besar ini Berasal dari Kesalahan Kecil

7 peristiwa ini bisa jadi pelajaran, nih.

Jangan anggap remeh kesalahan sekecil apa pun, karena sejarah telah membuktikan bahwa kesalahan kecil sekalipun dapat berdampak besar, sampai peristiwa tersebut tercatat di buku sejarah. Nggak ada yang mengira salah translate dapat menyebabkan jatuhnya bom atom di Hiroshima, nggak ada yang mengira lupa mengunci gerbang dapat menyebabkan kejatuhan Konstantinopel.

Mulai percaya? Kalau ingin tahu lebih lanjut, kamu dapat membaca 7 peristiwa yang dilansir dari Izismile di bawah ini.

1. Konstantinopel hancur karena lupa mengunci gerbang

via realmofhistory.com

Siapa menyangka kalau Konstantinopel yang terkenal kokoh bagai benteng besi yang sulit ditembus ternyata dapat dihancurkan oleh Kerajaan Ottoman dari Turki pada tahun 1453. Masalahnya ternyata sepele, pihak Ottoman menyerang melalui salah satu gerbang yang lupa dikunci oleh penjaga. Entah lupa beneran atau ada konspirasi, who knows.

2. Runtuhnya Tembok Berlin karena salah persepsi

via usnews.com

FYI, sama seperti Korea Utara dan Korea Selatan saat ini, hubungan Jerman Timur dan Jerman Barat tidak begitu baik, dulu orang dari Jerman Timur tidak bisa seenaknya bertemu keluarga mereka yang ada di Jerman Barat. Nah, ketika ada salah seorang politisi asal Jerman Timur yang menjelaskan mengenai perubahan minor mengenai peraturan tersebut pada sebuah konferensi pers pada tahun 1989, banyak yang salah mengira apa yang diucapkan oleh politisi adalah penghapusan pelarangan perjalanan ke Jerman Barat. Ketika ditanya kapan, dia menjawab, “sesegera mungkin”. Dan tidak lama kemudian, penduduk Jerman Timur berbondong-bondong menyeberangi dan merusak tembok tersebut.

3. Awal mula kekuatan super Popeye karena salah koma

via weatherandeconomics.com

Masih ingat film Popeye yang menjadi kuat setelah makan bayam? Nah, ternyata hal tersebut disebabkan oleh kesalahan dari ahli kimia asal Jerman pada tahun 1870 yang lupa mencantumkan tanda koma pada saat menuliskan kandungan zat besi pada bayam. Bayam yang seharusnya mengandung zat besi sebesar 3,5 mg/100g malah ditulis 35 mg/100g. Lalu apa hubungannya dengan Popeye? Didukung dengan fakta tingginya kandungan zat besi tersebut pada saat itu dan boomingnya film Popeye yang menggunakan bayam sebagai sumber kekuatannya menyebabkan penjualan bayam meningkat pesat.

4. Salah translate jadi penyebab jatuhnya bom Hiroshima

via apocalypsejohn.com

Deklarasi Postdam yang ditulis pada tahun 1945 meminta Jepang untuk menyerah kepada sekutu. Akan tetapi, Perdana Menteri Jepang pada saat itu membalasnya dengan kata “mokusatsu” yang artinya “no comment” sebelum membuat keputusan formal. Akan tetapi, dalam Bahasa Inggris ternyata kata tersebut memiliki dua arti, yaitu “cuekin aja”. Nah, ketika Presiden Truman menerima surat tersebut, ternyata terjemahan yang ditulis pada surat adalah terjemahan kedua, cuekin aja. Alhasil 10 hari kemudian Amerika Serikat menjatuhkan bom ke kota Hiroshima. Hmm, siapa yang menyangka kalau peristiwa tersebut ternyata memudahkan para pejuang terdahulu untuk memerdekakan negara kita.

5. Kesombongan Napoleon membuat Rusia gagal dikuasai

via izismile.com

Mungkin ini termasuk kesalahan sepele yang nggak sepele-sepele amat. Ceritanya gini, pihak Perancis berencana untuk menguasai Rusia pada bulan Juni 1812. Nah, si Napoleon ini dengan pedenya yakin kalau dia dapat menguasai Rusia hanya dalam waktu 20 hari saja. Oleh karena itu, dia membawa 600 ribu bala tentara dan persedian makanan hanya untuk 30 hari. Ketika berada di medan perang, pihak Perancis berhasil memukul mundur Rusia, namun Rusia sempat melakukan perlawanan dengan membakar lahan panen mereka sampai musim dingin tiba. Karena kedinginan, kelaparan, dan kelelahan, sekitar 100 ribu tentara yang tersisa terpaksa mundur kembali ke negaranya.

6. Salah satuan pengukuran bikin NASA rugi Rp 1,6 T

via izismile.com

Percaya nggak percaya, pada tanggal 23 September 1999, salah satu teknisi di Lockheed Martin memprogram satelit Mars Climate Orbiter menggunakan satuan pengukuran imperial (foot, inch, pounds). Padahal seharusnya satelit tersebut diprogram menggunakan satuan pengukuran metrik (kilo, mili, centi). Karena kesalahan tersebut, satelit yang tujuan awalnya untuk mengumpulkan data di Mars malah hilang kontak dan akhirnya rusak.

7. Gara-gara ketiduran, terjadilah Perang Dunia I

via izismile.com

Kok bisa? Jadi ceritanya si Heinrich Albert, seorang diplomat Jerman yang saat itu juga dicurigai sebagai mata-mata sedang naik kereta bawah tanah pada bulan July 1915. Si Albert yang tengah ketiduran ketika naik kereta ini tiba-tiba terbangun karena kereta tersebut berhenti mendadak dan segera ngacir keluar kereta. Sayangnya dia ternyata lupa membawa berkas rahasia dan meninggalkan berkas tersebut di kereta. Berkas tersebut akhirnya diambil oleh seorang agen dinas rahasia yang telah membuntuti Albert sejak lama. Pihak Amerika Serikat pun membocorkan isi berkas tersebut ke media dan mendorong opini publik untuk melakukan perang terhadap Jerman.

Ternyata dari hal yang sederhana aja bisa bikin sesuatu yang mengerikan terjadi ya. Apa kamu pernah mengalami hal yang sama? Sama disini maksutnya melakukan kesalahan kecil yang ternyata berdampak besar buat kehidupan kamu. Kalau pernah, tulis ceritamu di kolom komentar, ya.

- Advertisement -
605 Shares

Komentar:

Komentar