7 Aksi Demo Paling Unik dan Nyeleneh yang Terjadi di Berbagai Belahan Dunia

via dangerousminds.net

Ketika sekolompok massa melakukan unjuk rasa atau demonstrasi, ketika itu pula kita bisa mencium adanya kebijakan pemerintah atau pemegang kekuasaan yang mengganggu kepentingan umum. Sejak zaman kuno sampai sekarang, kayaknya orang-orang masih percaya kalau demonstrasi adalah cara paling efektif untuk menuntut keadilan. Biasanya demo dilakukan dengan cara bergerombol, berkoar, sambil membawa spanduk yang bertuliskan kalimat-kalimat tuntutan.

Aaaah… tapi cara itu udah mainstream banget. Cara demonstrasi yang nggak biasa itu yang kayak gini nih.

1. Menggantungkan tubuh di kail ikan hiu

via zimbio.com

Di tahun 2011, seniman pertunjukan asal Inggris, Alice Newstead, memprotes metode penangkapan hiu berskala besar yang disebut shark finning. Itu adalah praktik di mana para nelayan menangkap hiu, memotong siripnya untuk dijadikan hidangan kuliner, lalu membuang kembali tubuh hiu yang sudah dimutilasi ke laut. Metode ini dinilai terlalu kejam dan merusak ekosistem laut.

Newstead mengekspresikan protesnya dengan berperan sebagai hiu yang jadi korban perburuan. Ia mencat tubuhnya dengan warna abu-abu, memakai kostum ikan, kamudian bergelantung pada kail yang dikaitkan pada kulit punggungnya. Aksi protes yang terkesan menyakitkan itu terjadi di pusat perbelanjaan di San Fransisco, Amerika Serikat.

Biar aksinya lebih afdol, Newstead menggunakan kail yang sebelumnya dipakai untuk shark finning.

2. Aksi demo Organisasi Plane Stupid

via allthatsinteresting.com

Apa kamu tahu di dunia ini ada sekelompok orang yang menganggap bahwa pesawat adalah alat transportasi terbodoh yang pernah diciptakan manusia? Yang saya maksud adalah organisasi Plane Stupid.

Plane Stupid dibentuk sekitar tahun 2005 di Inggris. Sejak pertama kali berdiri, organisasi ini tak hentinya memprotes perlusan lahan bandara yang dinilai banyak merugikan masyarakat. Hal yang unik dari Plane Stupid ialah kenekatan para demonstrannya. Misalnya di tahun 2009, ketika sembilan pengunjuk rasa dari Plane Stupid dilaporkan membarikade landasan pacu bandara Aberdeen. Akibatnya, sejumlah penerbangan terpaksa harus ditunda atau dibatalkan.

Plane Stupid juga nggak segan melakukan aksi vandalisme sebagai bentuk protes. Intinya, organisasi ini menuntut pemerintah menggunakan metode transportasi yang lebih ramah dan berkelanjutan.

3. Peternak sapi mengambil alih Kota Brussels, Belgia

via ibtimes.co.uk

Di tahun 2009, sekitar 2500 orang peternak sapi berkumpul di Brussels, Belgia, untuk memprotes turunnya harga daging dan susu. Para peternak berunjuk rasa dengan mengendarai truk dan traktor menuju kota, lalu memblokir jalan menuju kantor Uni Eropa. Nggak cukup sampai di situ, mereka juga membawa sapi-sapi ternak untuk ikut berdemo menuntut keadilan. Saking banyaknya massa, bentrok antara polisi dan demonstran pun nggak bisa dihindarkan.

Massa yang mengamuk membakar jerami dan ban, juga melempar telur ayam dan barang-barang lainnya ke arah polisi, pejabat, dan sesekali ke pejalan kaki yang kebetulan melewat. Para demonstran yang tergabung dalam European Milk Board itu pun menyemprotkan ribuan liter susu sapi ke arah polisi. Caranya dengan menggunakan mesin semprot air atau diperas langsung dari sapinya. Kayak bapak demonstran yang satu ini nih…

via allthatsinteresting.com

Dari ekspresi wajahnya, bapak peternak sapi yang satu ini seolah berkata, “Rasain lu! Siapa suruh jadi polisi! Huahahaha.”

4. Demonstrasi aktivis People for the Ethical Treatment of Animals (PETA)

via alexholford.com

PETA punya banyak cara buat berunjuk rasa memerangi perlakuan semena-mena manusia pada hewan. Misalnya kayak yang terjadi di acara pameran fashion bulu hewan di Hong Kong Convention Centre tahun 2010. Saat itu, sejumlah aktivis mengurung diri sendiri di dalam kandang kecil seraya memakai pakaian bulu hewan (tentu bukan bulu asli). Aksi mereka menyimbolkan protes terhadap kebijakan perlindungan hewan yang dinilai masih kurang tegas.

Sebagai informasi tambahan, PETA merupakan organisasi perlindungan satwa berskala global yang hingga kini masih aktif berkampanye. Para simpatisan PETA di seluruh dunia punya satu tujuan: menghentikan kekerasan, perburuan liar, dan eksploitasi terhadap satwa.

5. Mendesain kalender dengan pose telanjang

via csmonitor.com

Pernah melihat genangan air di jalan yang rusak? Apa kamu merasa terganggu dengan hal itu? Pasti terganggu lah ya. Tapi kebanyakan dari kita mungkin menganggap kalau masalah jalan berlubang terlampau sepele buat dijadikan alasan berunjuk rasa. Apalagi kalau lubangnya nggak besar-besar amat.

Tapi sekelompok warga Leaders, Saskatchewan, di Kanada punya pendapat yang berbeda.

Di tahun 2006, penduduk Leaders gerah dengan lubang-lubang mengerikan yang menghiasi jalan raya di sekitar kawasan tempat tinggal mereka. Lubang itu membuat pengemudi kendaraan seringkali harus sigap mengelak agar bisa melaju dengan aman. Belum lagi kalau hujan datang, lubang-lubang itu pasti tertutup genangan air. Dan tentunya kondisi memprihatinkan itu bisa mengancam keselamatan jiwa pengemudi.

Dari masalah tersebut, masyarakat setempat berinisiatif mendesain kalender tahun 2007 yang nunjukkin beberapa pose orang telanjang di lubang jalan. Kalender itu terjual 3000 kopi dengan harga masing-masing $20 atau setara Rp270 ribu. Beredarnya kalender jalan berlubang itu akhirnya membuat pemerintah Saskatchewan bergerak memperbaiki jalan raya.

6. Pasukan badut Clandestine Insurgent Rebel Clown Army (CIRCA)

via dangerousminds.net

Yang satu ini bikin saya teringat adegan kerusuhan badut di film Joker.

CIRCA adalah organisasi asal Inggris yang terdiri sekelompok “badut” aktivis. Sejak pertama kali berdiri, CIRCA telah menggencarkan sejumlah aksi protes terkait masalah globalisasi, peperangan, dan kesejahteraan sosial. Nama CIRCA mulai meroket usai demonstrasi di tahun 2003, di mana segerombolan badut menuntut Amerika menghentikan invasi ke Irak.

Sebagian orang mungkin menganggap “badut pembangkang” kayak CIRCA sebagai hal mengerikan yang hanya mungkin terjadi di dalam film. Tapi jangan salah sangka dulu, sebab faktanya, para aktivis CIRCA punya aturan main sendiri yang tentunya jauh dari kata anarkis. Tatkala berdemonstrasi, mereka bertingkah layaknya badut sungguhan; menyuguhkan aksi teatrikal berbumbu humor pada khalayak dan juga polisi yang mengawal.

7. Merpati raksasa di Trafalgar Square, London

“Udah kayak pose The Beatles belum?”/via washingtonpost.com

Di tahun 2001, sejumlah aktivis memakai kostum merpati raksasa setinggi 2,1 meter dan memblokir lalu lintas di persimpangan jalan Trafalgar Square, London. Aksi tersebut diprakarsai perusahaan periklanan lokal yang  memprotes kebijakan otoritas London Raya. Kebijakan itu terkait dengan larangan berjualan pakan merpati di Trafalgar Square, meski kenyataannya, banyak penjual pakan merpati yang telah bertahun-tahun mencari nafkah di Trafalgar Square.

Di antara 7 demonstrasi di atas, mana menurutmu yang paling unik dan nyeleneh? Hmm… saya jadi kepikiran buat bikin unjuk rasa yang nggak kalah kreatifnya. Misalnya kayak menyamar jadi tanaman tembakau buat menentang harga rokok yang naik di tahun 2020. Keren nggak ide saya?

Nggak ya? Ya sudahlah. Saya udah biasa mendapat penolakan.

bayubaharul:
Related Post
Leave a Comment