5 Tokoh yang Meninggal dengan Membawa Rahasia Besar, Siapa Saja Mereka?

via kdfc.com

:

Seandainya kita mati, apa kita akan membeberkan semua rahasia yang kita miliki sebelum menuju liang lahat?

Hmm.. mungkin jawabannya tergantung. Tergantung seberapa penting rahasianya dan konsekuensi yang mesti ditanggung andai rahasia tersebut terbongkar. Misalnya, sudah jadi hal yang wajar ketika seorang prajurit bungkam saat ia hendak dieksekusi mati. Sejarah pun pernah mencatat beberapa penemu yang merahasiakan teknik temuannya hingga akhir hayat karena dianggap terlalu spesial untuk ditiru oleh orang lain.

Anyway, rahasia-rahasia penting dalam sejarah yang tak sempat terungkap sepertinya bisa jadi topik yang menarik untuk kita bahas nih. Tanpa berlama-lama lagi, ini dia 5 tokoh yang meninggal bersama rahasia besar yang masih jadi misteri. Yuk langsung aja kita simak daftarnya!

1. James Black

via encyclopediaofarkansas.net

James Black adalah seorang pandai besi asal Arkansas, Amerika Serikat, yang hidup di awal abad 19. Dia terkenal sebagai pembuat pisau Bowie; pisau yang dirancang untuk Jim Bowie. Bowie sendiri merupakan tokoh yang disebut-sebut sebagai pahlawan Texas pada masa perang revolusi. Ia sudah tenar sejak tahun 1827 berkat kemahirannya sebagai petarung sandbar duel (pertarungan pisau satu lawan satu). Namanya kian termasyhur setelah Bowie berhasil menghabisi nyawa tiga pembunuh bayaran di Texas seorang diri.

Yang menarik dari sejarah ini, Bowie mungkin tak akan menjadi petarung legendaris jika pisaunya bukan hasil tempaan James Black. Jadi, apa yang membuat pisau buatan Black begitu istimewa?

Well, mata pisau buatan Black itu sangat kuat dan fleksibel. Para peneliti mengklaim bahwa Black telah menemukan kembali rahasia untuk membuat baja Damaskus; jenis baja dari Timur Tengah yang digunakan untuk menempa pedang di era 1100-1700. Pedang yang menggunakan baja Damaskus dipercaya bisa dengan mudah memotong pedang biasa.

Sayangnya, Black tak pernah membeberkan tekniknya dalam menempa pisau kepada siapa pun. Ia selalu melakukan pekerjaannya di balik tirai. Teknik asli James Black dalam membuat pisau tidak dapat diduplikasi hingga hari ini. Black akhirnya meninggal pada 22 Juni 1872 bersama rahasia pandai besinya.


2. Tom Ogle

via fuel-efficient-vehicles.org

Satu teori konspirasi mengatakan bahwa pemerintah dan perusahaan otomotif Amerika sebenarnya tahu bagaimana cara membuat mobil yang irit bahan bakar. Tapi mereka merahasiakannya supaya negara memperoleh keuntungan lebih dari sektor BBM.

Nah, seorang mekanik bernama Tom Ogle mengklaim bahwa ada cara yang lebih efisien dalam meminimalisir penggunaan bensin di mesin kendaraan. Sekitar tahun 1970-an dia merancang dan membangun karburator jenis baru yang menekan bensin menjadi gas, lalu mendorongnya ke ruang pengapian. Dia menerapkan karburator tersebut ke dalam mesin Ford Galaxie miliknya dan berhasil menempuh jarak 182 kilometer hanya dengan 5 liter bensin.

Sayangnya, upaya Ogle untuk membuat industri otomotif memerhatikan penemuannya tak berjalan mulus. Setelah Ogle meninggal di tahun 1981, satu-satunya model karburator yang ada telah dimusnahkan.

Andai saja temuan Ogle lebih dihargai oleh otoritas Amerika, mungkin saat ini kita bisa lebih menghemat biaya BBM dan memperpajang umur persediaan minyak bumi yang suatu hari nanti akan habis. Hmm… sayang sekali ya.

3. Ludwig van Beethoven

via kdfc.com

Sekarang kita lupakan dulu tentang penemuan-penemuan rahasia. Kita alihkan dulu perhatian ke satu kisah romansa misterius yang telah hilang selama berabad-abad. Setelah komposer Ludwig von Beethoven meninggal pada tahun 1827, kerabatnya menemukan sepucuk surat di antara dokumen-dukumen pribadi Beethoven. Itu adalah surat cinta yang ditulis dalam 10 halaman.

Tapi Beethoven tidak menyertakan nama penerimanya secara detail. Ia hanya menuliskan “Immortal Beloved” (untuk kekasih abadi). Surat itu ditulisnya dalam kurun waktu dua hari saat berada di Teplice, Republik Ceko di tahun 1812.

Di dalam surat itu, Beethoven mengungkapkan rasa cinta, kerinduan, harapan, dan curahan hatinya kepada kekasihnya. Siapa pun yang membaca surat tersebut akan mengerti kalau Beethoven punya rasa kasih sayang yang besar terhadap wanita tersebut. Tapi sampai sekarang, tak ada orang yang tahu pasti identitas wanita yang Beethoven sebut sebagai kekasih abadinya itu. Berbagai spekulasi tentang kekasih Beethoven bermunculan, tapi sang komposer dan kisah romansanya sudah terlanjur hilang dan menjadi misteri.

4. Kapten William Thompson

via keiththompsonbooks.com

Meskipun sekarang kamu bisa melihat hampir semua tempat di bumi melalui Google, nyatanya masih banyak dataran yang belum dijelajahi manusia di luar sana. Salah satu tempat menarik yang masih dicari keberadaannya adalah sebuah pulau di mana terdapat harta karun Lima yang melegenda. Harta karun itu disembunyikan di pulau terpencil oleh seorang nahkoda kapal bernama William Thompson.

Pada tahun 1820, pemerintah Peru memercayakan William Thompson dengan satu ton emas dan perhiasan untuk diangkut ke Meksiko. Namun di perjalanan, Thompson dan krunya memutuskan untuk mencuri harta itu dengan cara menguburnya di suatu tempat di luar Kosta Rika. Mereka akhirnya ditangkap atas tuduhan pembajakan dan dijatuhi hukuman penjara. Thompson meninggal sebelum dia membeberkan lokasi harta karun yang dia sembunyikan itu. Sampai hari ini harta karun Lima masih belum ditemukan.

Sekadar informasi, jika dibandingkan dengan mata uang sekarang, kisaran nilai harta karun Lima mencapai angka sekitar Rp2,3 sampai 3 triliun. Apa kamu berminat mencarinya, guys?

5. Axel Erlandson

via treehugger.com

Di awal kariernya, Erlandson adalah seorang petani alfalfa yang hobi mencangkok dan membentuk batang pohon. Selama beberapa dekade selanjutnya, ia terus mengasah kemampuannya membentuk pohon sesuai dengan desain yang ia inginkan. Erlandson acapkali bereksperimen dengan pohon birch, elm, dan weeping willow yang dibentuk menjadi hati, cincin, kursi, tangga spiral, sangkar burung, menara, hingga bingkai foto. Tak pelak pohon-pohon Erlandson menjadi hiburan populer masyarakat setempat. Ia kemudian memutuskan untuk membuat taman galeri yang diberi nama “Sirkus Pohon”.

Yup, sama seperti poin-poin sebelumnya, Erlandson merahasiakan teknik pembentukkan pohonnya itu. Untuk merahasiakannya, ia selalu melakukan pekerjaannya secara tersembunyi supaya terlindung dari mata-mata. Ia meninggal pada tahun 1964 bersama dengan prosedur pencangkokan miliknya yang luar biasa itu.

Itu dia lima tokoh yang meninggal bersama rahasia besar yang belum terpecahkan. Hmm… sepertinya akan jadi menarik jika kita mampu mengungkap rahasia mereka. Yaa, tapi yang namanya rahasia ‘kan nggak selalu ditakdirkan untuk terungkap. Iya nggak?

bayubaharul :