5 Teori Konspirasi Terkonyol yang Pernah Ada dalam Sejarah Manusia (Part II)

via theunredacted.com

:

Selamat datang di bagian kedua dari daftar teori konspirasi terkonyol dalam sejarah manusia. Di artikel ini kamu bakal menemukan lebih banyak lagi teori konspirasi yang lahir dari pemikiran-pemikiran kritis, meski terkesan agak sedikit melenceng dari akal sehat.

Tapi mau sekonyol apa pun teorinya, selalu ada perdebatan di kalangan netizen yang bikin teori konspirasi makin mencuat ke permukaan. Toh sebagian teori konspirasi yang dibahas di artikel ini sempat menuai perdebatan panjang dan mendapat sorotan media. Dan itulah yang bikin teori konspirasi berikut menarik untuk disimak.

Oh iya, buat kamu yang belum menyimak bagian pertama silakan klik link ini. Kalau udah, yuk langsung aja kita simak daftar berikut.

1. Teori Hollow Earth

via medium.com

Dari kecil kita dijejali fakta sains yang menyebut bahwa bumi itu bulat. Nah, seiring berjalannya waktu, sebagian dari kita ada yang berubah pendirian. Mereka yang berubah itu menganggap bumi yang kita huni sebenarnya berbentuk datar. Sementara sebagian lagi tetap percaya bumi berbentuk bulat.

Tapi bagaimana tanggapanmu kalau saya bilang, “Wahai kalian kaum yang tersesatkan, tahukah jika sebenarnya Bumi itu berongga?” Mungkin kamu bakal meninju wajah saya sebelum saya sempat kasih tahu alasannya.

Yup, yang saya maksud dengan bumi berongga tuh berasal dari teori (konspirasi) Hollow Earth.

Teori Hollow Earth sebenarnya sudah dikenal dari abad 17. Pada masa itu, astronom Inggris bernama Edmund Halley menyatakan bahwa bumi terdiri dari empat bola konsentris dan di bagian dalamnya terdapat kehidupan (baca: peradaban manusia yang disebut Agartha, tempat persembunyian NAZI, dinosaurus, dan alien).


Untuk mencapai ke rongga bumi, kita mesti masuk lewat lubang besar yang terletak di Kutub Selatan dan Kutub Utara. Tapi sampai sekarang, “gerbang” menuju Hollow Earth belum ditemukan. Atau mungkin lebih tepatnya, nggak akan pernah ditemukan sampai kapan pun.

Hollow Earth memang termasuk teori konspirasi yang konyol. Tapi saya nggak akan menghujatnya. Sebab pembahasan teori ini begitu luas, imajinatif, dan sangat menarik untuk ditelusuri.

Buktinya, teori Hollow Earth sempat jadi inspirasi karya penulis dunia sekelas Edgar Allen Poe, Jules Verne, dan Edgar Rice Burroughs.

2. Adolf Hitler masih hidup

via theunredacted.com

Kematian Adolf Hitler adalah salah satu peristiwa bersejarah yang diselimuti misteri. Sebagian disebabkan oleh minimnya bukti kematian Hitler dan istrinya, dan hal itu memicu munculnya teori konspirasi: Hitler masih hidup.

Pertanyaanya, jika Hitler (pada saat teori ini muncul) masih hidup, ke mana ia melarikan diri? Terkait hal ini banyak ahli teori konspirasi yang menyatakan pendapat berbeda. Ada yang menyebut Hitler lari ke negara kecil, ada yang meyakini Hitler sembunyi di bunker rahasia, bahkan ada satu teori konyol yang menyebut Hitler tinggal di bulan dan hidup berdampingan dengan alien.

Hmm… kalau teori itu benar, mungkin di masa depan nanti akan ada plot twist yang paling menghebohkan dalam sejarah manusia: Hitler dan pasukan alien menyerang bumi. Wow!

Anyway, ada satu teori lagi yang mengatakan Hitler hidup berpindah-pindah tempat dan mengganti identitasnya. Teori ini menyebut Argentina, Paraguay, Spanyol, dan Antartika sebagai tempat pelarian Hitler, sebelum akhirnya ia meninggal di usia 70-90 tahun.

3. Saddam Hussein memiliki Stargate a.k.a gerbang antar dimensi

via ufoinsight.com

Teori konspirasi ini menuduh invasi besar-besaran yang dilakukan Amerika Serikat ke Irak  memiliki misi tersembunyi ala film science fiction. Apakah misi rahasia itu? Yup, merampas stargate yang dikuasai Saddam Hussein.

Stargate yang dimaksud ialah sebuah mesin canggih buatan alien di zaman kuno. Mesin ini bekerja seperti alat teleportasi (lintas ruang dan waktu) yang bisa membangkitkan Dewa. Terdengar konyol ‘kan? Tapi saking rincinya bukti-bukti yang tersedia, Stargate Saddam Hussein pernah dibahas di salah satu program History Channel.

Pertama-tama mari kita bahas mengapa Stargate diyakini ada di Negara Irak. Stargate adalah warisan teknologi dari alien yang tak lain adalah Dewa Annunaki yang disembah oleh bangsa Sumeria. Mereka tinggal di Mesopotamia kuno yang kini menjadi negara Irak.

Nah, konon katanya, Stargate terletak di sebuah tempat tersembunyi di Kota Baghdad. Dan orang yang mengendalikannya, siapa lagi kalau bukan Saddam Husein, pemimpin Irak pada masa itu. Pemerintah Bush menyadari bahwa Saddam Husein memiliki berbagai informasi rahasia tentang kehidupan berkat teknologi alien tersebut.

Teori ini memang terdengar ngawur, tapi juga cukup populer karena banyak sejarawan yang meyakini eksistensi alien sejak zaman kuno (ancient aliens).

4. Pembangunan piramida dibantu dinosaurus

via imgur.com

Piramida merupakan bangunan peninggalan sejarah yang dulunya digunakan oleh bangsa Mesir kuno dan suku Maya di benua Amerika. Beberapa piramida terkenal diperkirakan dibangun sejak ratusan hingga ribuan tahun yang lalu.

Tapi bagaimana mungkin masyarakat kuno bisa menciptakan bangunan super megah tanpa bantuan alat-alat canggih seperti yang kita punya sekarang? Butuh berapa banyak tenaga manusia untuk menyelesaikannya? Tunggu, tunggu… secara logika, apakah manusia kuno benar-benar sanggup menyelesaikan Piramida Agung Giza tanpa bantuan makhluk lain? Entahlah, hal itu masih jadi misteri yang belum terungkap.

Tapi bagi para ahli teori konspirasi yang logikanya nggak logis, pertanyaan itu bisa dijawab dengan mudah. Menurut mereka, pembangunan piramida adalah hasil kerjasama antara manusia dengan dinosaurus.

Hey, ternyata selama ini dinosaurus nggak seganas yang digambarkan film Jurassic Park!

Andai saja dinosaurus masih ada sampai sekarang, mungkin berbagai proyek perumahan dan gedung-gedung yang lagi gencar dibangun di Indonesia bisa selesai lebih cepat. Tapi siapa juga yang mau jadi pawang dinosaurus?

5. Ice Bucket Challenge praktik pemujaan setan

via nymag.com

Dari semua challenge viral yang pernah muncul di internet, mungkin nggak ada yang sepopuler dan semasif Ice Bucket Challenge. Saking viralnya, tantangan yang awalnya bertujuan untuk menggalang dana tersebut sampai menggelitik netizen untuk berpikir liar mengenai latar belakangnya. Pada akhirnya, muncullah satu teori konspirasi yang cukup menghebohkan.

Ice Bucket Challenge awalnya dilakukan untuk menggalang dana bantuan bagi orang-orang yang mengidap penyakit ALS (Amyotropis Lateral Sclerosis). Itu adalah penyakit penurunan saraf motorik yang berpotensi mengancam jiwa.

Nah, menurut teori konspirasi, “ALS” yang diusung Ice Bucket Challenge menyimpan makna lain: Antichrist Lucifer Satan atau anti Kristus pemuja setan. Ya, penganut teori konspirasi ini percaya bahwa Ice Bucket Challenge adalah salah satu bentuk pemujaan setan.

Waktu Ice Bucket Challenge lagi booming, saya mikirnya itu cuma tantangan viral yang nggak menarik dan nggak ada faedahnya, kecuali kalau si “penantang” benar-benar menyumbangkan uangnya alias bukan sekadar pengikut tren.

Tapi Ice Bucket Challenge terlalu “receh” buat dicap sebagai praktik pemujaan setan. Kalau saya jadi setannya, saya bakal tersinggung disembah pakai tantangan simpel kayak gitu. Nggak ada untungnya buat saya. Kamu kedinginan, saya dapat apa? Mending dikasih kopi hitam aja deh kalau kayak gini.

Sekarang saya pengin nantang balik penganut teori konspirasi ini. Coba buktikan kalau air/es yang dipakai di Ice Bucket Challenge berasal dari 7 mata air keramat di dunia. Kalau bisa, saya juga bakal percaya deh!

Hmm… kira-kira teori konspirasi konyol apa lagi yang bakal muncul di masa depan ya? Entahlah, tapi seenggaknya sejauh ini kita sudah menemukan 10 dari segudang teori konspirasi terkonyol yang pernah ada. Jadi nggak menutup kemungkinan suatu saat nanti muncul teori konspirasi yang lebih ngawur lagi. Jangan lupa share pendapatmu di kolom komentar ya!

bayubaharul :